Berita Terbaru

Cara Membaca Frekuensi

Frekuensi, apa sih itu frekuensi?

Frekuensi itu adalah jumlah atau banyaknya getaran yang dilakukan suatu benda dalam waktu satu detik.

Frekuensi biasanya udah diajarin pas kita SD, kalau dulu pas saya SD namanya IPA. disana kita mempelajari apa itu namanya frekwensi dan dimana penerapan frekwensi tersebut.

Di jaman yang serba digital saat ini pengunaan frekuensi sudah sangat lumrah sekali kita jumpai dalam sistem komunikasi. Hal ini ditandai adanya sebutan kata atau satuan HZ. Seperti halnya 2.4GHz frekuensi wifi, frekuensi tv digital yang beraneka ragam dan juga bahkan tv analog mulai very high sampai ultra high frekwensi.

Sejak jaman dulu frekuensi memang sudah di terapkan dalam hal komunikasi, yaitu pada radio yang terkenal oleh jasa pak marconi si penemu radio. Radio adalah alat yang memanfaatkan frekuensi untuk dapat menumpangkan sinyal suara agar bisa berpergian jauh dan didengan dari perangkat lain ditempat yang berbeda.

Sesuai dengan penjelasan nya, yaitu banyaknya getaran dalam satu detik. Bisakah kita membaca banyaknya getaran tersebut?

Kalau misalnya satu getaran dalam satu detik mungkin mata kita masih bisa menangkap atau melihat sampai menghitung getaran tersebut, tapi bagaimana jika getaran itu berupa getaran sinyal listrik yang tidak bisa kita lihat apalagi bila bergetar atau berosilasi cukup kencang? Tentunya kita memerlukan sebuah alat yang dapat membaca frekuensi atau getaran tersebut.

Alat tersebut adalah frekuensi meter, sebuah perangkat elektronika yang mampu membaca jumlag getaran listrik dalam satu detik sehingga ada angka yang ditampilkan untuk dapat dibaca oleh manusia. Frekuensi meter sendiri ada banyak jenis nya, yang saya pernah lihat hanya model jarum atau saya sebut analog dan juga model digital dengan angka angka pada layar LCD atau seven segment.

Di dalam frekuensi meter analog terdapat kumparan kumparan, kapasitor, resistor, yang akan berkerja seperti filter untuk dapat membaca frekuensi terterntu dari kombinasi rangkaian tersebut. Sedangkan frekuensi digital menggunakan mikrokontroller terdapat proses pembacaan puncak dan lembah gelombang untuk mengetahui sudah terjadi berapa siklus satu gelombang dalam satu detik sehingga didapat nilai frekwensi sebenarnya.

  Dimana frekuensi adalah n dibagi t atau waktu. misalkan dalam waktu 10 detik ternyata kita hitung terjadi 100 getaran maka 100 dibagi 10 akan menghasilkan nilai 10 dengan satuan HZ.

Di duwiarsana.com sendiri ada sebuah alat yang bisa kamu pakai juga untuk mengukur frekuensi yaitu getaran listrik dengan Vpeak sebesar 5v maksimum hanya dengan menghubungkan dua buah probe ke output yang akan diukur. Konsep pembacaan nya juga mengikuti rumus dasar dari yang sudah disebutkan. hany saja untuk frekuensi yang rendah atau terlalu tinggi dilakukan sampling beberapa data agar dapat menemukan nilai yang benar.

CARA MEMBUAT KOMPONEN TESTER

Alat tersebut adalah komponen tester. walaupun namanya adalah komponen tester tapi alat ini bisa digunakan untuk membaca frekuensi dan juga menghasilkan frekuensi. Karena banyak teman teman yang bingung dalam cara penggunaan nya maka saya membuat artikel dan video ini untuk dapat dipakai oleh teman teman sebagai tutorial menggunakan alat tersebut seperti yang sudah terekam pada video dibawah ini.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Kisah Lampu Projector
views 5860
Kisah ini saya ceritakan dengan aktor utama adalah si Lcd Projector. beberapa minggu lalu saya kembali mendapatkan sebuah sumbangan dari bapak Rudi (N...
Memperbaiki TV LCD Rusak Bergaris
views 152732
Lusa lalu teman saya si mely kerumah bawain tv LCD nya yang rusak, malem malem nih si mely bawainnya ke rumah. Pas tak idupin ternyata layarnya ga isi...
Saklar remote TV + Android
views 2733
Berawal dari malas bangun dari tidur untuk mematikan lampu kamar saya membuat alat ini. Alat yang dapat mematikan peralatan listrik, tidak hanya lampu...
Rangkaian Power Supply Tanpa Trafo
views 9376
Setiap project elektronika yang kita buat tentunya memerlukan sebuah power supply untuk dapat menyalakan rangkaian tersebut. Seperti misalnya yang pal...
Membuat Jam Sholat Abadi
views 6006
Yuk kita bikin jam sholat abadi sendiri. membuat jam sholat abadi yang saya maksud disini adalah jam sholat yang tidak perlu lagi kita menginputkan da...
Pembersih Udara? 5 Tanaman ini Jagonya
views 897
Pas masuk kamar atau ruangan pernah ga cium bau apek? padahal uda rajin kasi pewangi ruangan atau mungkin bersih bersih. Selain itu juga kadang yang s...
Membuat kulkas sederhana
views 25798
Kulkas atau nama lain nya adalah lemari pendingin (cool case) adalah sebuah benda yang sejuk di dalam dan keras diluar :D ga nyambung kale. mungkin un...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Memperbaiki Charger Laptop

Charger laptop yang rusak pasti aja aga bikin kita kesel, gimana ngga harga nya yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − five =