Berita Terbaru

Cara Membaca Frekuensi

Frekuensi, apa sih itu frekuensi?

Frekuensi itu adalah jumlah atau banyaknya getaran yang dilakukan suatu benda dalam waktu satu detik.

Frekuensi biasanya udah diajarin pas kita SD, kalau dulu pas saya SD namanya IPA. disana kita mempelajari apa itu namanya frekwensi dan dimana penerapan frekwensi tersebut.

Di jaman yang serba digital saat ini pengunaan frekuensi sudah sangat lumrah sekali kita jumpai dalam sistem komunikasi. Hal ini ditandai adanya sebutan kata atau satuan HZ. Seperti halnya 2.4GHz frekuensi wifi, frekuensi tv digital yang beraneka ragam dan juga bahkan tv analog mulai very high sampai ultra high frekwensi.

Sejak jaman dulu frekuensi memang sudah di terapkan dalam hal komunikasi, yaitu pada radio yang terkenal oleh jasa pak marconi si penemu radio. Radio adalah alat yang memanfaatkan frekuensi untuk dapat menumpangkan sinyal suara agar bisa berpergian jauh dan didengan dari perangkat lain ditempat yang berbeda.

Sesuai dengan penjelasan nya, yaitu banyaknya getaran dalam satu detik. Bisakah kita membaca banyaknya getaran tersebut?

Kalau misalnya satu getaran dalam satu detik mungkin mata kita masih bisa menangkap atau melihat sampai menghitung getaran tersebut, tapi bagaimana jika getaran itu berupa getaran sinyal listrik yang tidak bisa kita lihat apalagi bila bergetar atau berosilasi cukup kencang? Tentunya kita memerlukan sebuah alat yang dapat membaca frekuensi atau getaran tersebut.

Alat tersebut adalah frekuensi meter, sebuah perangkat elektronika yang mampu membaca jumlag getaran listrik dalam satu detik sehingga ada angka yang ditampilkan untuk dapat dibaca oleh manusia. Frekuensi meter sendiri ada banyak jenis nya, yang saya pernah lihat hanya model jarum atau saya sebut analog dan juga model digital dengan angka angka pada layar LCD atau seven segment.

Di dalam frekuensi meter analog terdapat kumparan kumparan, kapasitor, resistor, yang akan berkerja seperti filter untuk dapat membaca frekuensi terterntu dari kombinasi rangkaian tersebut. Sedangkan frekuensi digital menggunakan mikrokontroller terdapat proses pembacaan puncak dan lembah gelombang untuk mengetahui sudah terjadi berapa siklus satu gelombang dalam satu detik sehingga didapat nilai frekwensi sebenarnya.

  Dimana frekuensi adalah n dibagi t atau waktu. misalkan dalam waktu 10 detik ternyata kita hitung terjadi 100 getaran maka 100 dibagi 10 akan menghasilkan nilai 10 dengan satuan HZ.

Di duwiarsana.com sendiri ada sebuah alat yang bisa kamu pakai juga untuk mengukur frekuensi yaitu getaran listrik dengan Vpeak sebesar 5v maksimum hanya dengan menghubungkan dua buah probe ke output yang akan diukur. Konsep pembacaan nya juga mengikuti rumus dasar dari yang sudah disebutkan. hany saja untuk frekuensi yang rendah atau terlalu tinggi dilakukan sampling beberapa data agar dapat menemukan nilai yang benar.

CARA MEMBUAT KOMPONEN TESTER

Alat tersebut adalah komponen tester. walaupun namanya adalah komponen tester tapi alat ini bisa digunakan untuk membaca frekuensi dan juga menghasilkan frekuensi. Karena banyak teman teman yang bingung dalam cara penggunaan nya maka saya membuat artikel dan video ini untuk dapat dipakai oleh teman teman sebagai tutorial menggunakan alat tersebut seperti yang sudah terekam pada video dibawah ini.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Membuat Joule Thief untuk Free energy?
views 6192
Sesuatu yang berkaitan tentang penciptaan free energy memang suatu topik yang sangat ngetrend sekali. Di dunia maya maya :D seperti facebook banyak se...
Cara Unlock iCloud iPhone
views 174894
iPhone, siapa sih sekarang yang ga tau. Hape dengan logo apel digigit yang mahal. Harga 1 iphone bisa sampe 1 harga motor bebek. Design nya menarik me...
Membuat USBASP
views 1575
Untuk kamu yang baru bermain di dunia mikrokontroller, tentunya hal pertama yang harus kamu miliki adalah sebuah download IC mikrokontroller yaitu seb...
Timer Trisandya Otomatis
views 1270
Setelah selesai membuat sebuah mp3 shield beberapa bulan lalu akhirnya saya membuat lagi sebuah alat baru yang merupakan perkembangan dari mp3 shield....
Membuat Microscope Dadakan
views 4274
Semua benda disekitar yang sudah tak terpakai sebenarnya masih bisa kita gunakan untuk berkreasi menjadi benda lain yang lebih berguna atau unik walau...
Memperbaiki TV LED Gambar Double
views 13101
Sebuah tv led atau lcd banyak sekali sekarang yang mendapatkan kasus rusak dengan tampilan layarnya double atau berbayang. kerusakan tv jenis ini ser...
Membuat kulkas sederhana
views 20864
Kulkas atau nama lain nya adalah lemari pendingin (cool case) adalah sebuah benda yang sejuk di dalam dan keras diluar :D ga nyambung kale. mungkin un...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Membuat Power Supply Variable

Membuat power supply variable saat ini bukan karena saya ingin membuat tutorial, tapi kebetulan karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − five =

info : sms sedang lelet :D