Berita Terbaru

Cara Membuat Seven Segment Besar

Seven segment, siapa sih yang ga kenal bagi kamu yang memang hobi atau kerjaannya dibidang elektronika. Untuk orang awam pun walau tidak mengetahui namanya yaitu seven segment pastilah pernah melihat benda yang kita maksud. Biasanya bisa dikatakan juga display angka, angka LED, angka digital dan sebagainya.

Bagi saya kalau uda melihat seven segment, alat yang akan saya bayangkan pasti deh langsung jam digital, karena dulu waktu saya smk pernah hampir 1 tahun ngurusin masalah jam digital. Jam digitalnya bukan pakai mikrokontroler malahan, tapi masih pakai IC logika yang sumber clock nya dari IC timer NE555 gimana ga meleset jauh tuh waktu nya :D

Selain untuk membuat jam digital, biasanya seven segment atau display angka ini sering kali kita lihat dipakai untuk display penunjuk waktu pada traffic light. Ukuran seven segment atau angka angkanya pun sangat besar besar dan terang sekali. Apakah ada yang jual seven segment dengan ukuran sebesar itu? tentunya ada, cuma itu ada custom yang berarti dibuat sendiri bukan dari pabrikan yang sudah dicor seperti seven segment yang ada kecil kecil itu.

Di pasaran yang saya tau ukuran seven segment terbesar yang ada pabrikan adalah 12″ itupun di indonesia saya sendiri belum pernah jumpai. Kalau di daerah saya denpasar bali seven segment paling besar adalah 6″ yang harganya lumayan juga nih sekitar 80ribu 1 digit angkanya. bayangin aja 6″ dibuat 6 digit angka untuk jam digital brapa duit tuh :D

Sebenarnya kamu bisa membuat seven segment ukuran besar dengan biaya yang sangat murah. Seven segmeny itu sendiri hanya terdiri dari rangkaian LED yang disusuk secara seri pararel dan kemudian di setiap segment di cor oleh lapisan epoxy agar nyala LED yang ada di dalam tersebut mau terlihat berupa blok blok tegas, bukan terlihat seperti satu led yang terpisah pisah.

Cara termurah untuk membuat seven segment ukuran besar adalah dengan menggunakan LED srtip. itu lho led yang biasa dipakai untuk hiasan mobil dan motor biar warna warni. Kelebihan LED strip ini adalah dapat dipotong potong sesuai dengan keinginan kita (ada ketentuannya, biasanya setiap 2 led atau 4 led tergantung jenis) agar panjang led strip yang akan digunakan pas dengan project yang akan dibuat. Umumnya led strip sekarang banyak digunakan untuk mengisi huruf timbul pada papan iklan atau box iklan untuk menggantikan lampu TL sebagai penerangan didalamnya. Namun kalau kamu menggunakan led strip sebagai seven segment ada kekurangannya nih. Kekuragannya adalah tampilan angka kamu jadi kurang keren dan kaku karena hanya berupa garis garis polos aja seperti gambar dibawah ini yang saya ambil dari google.

Untuk membuat tampilan seven segment mu lebih keren saya ada cara murah nya nih. ada beberapa bahan yang harus kamu siapkan untuk membuatnya. seperti :

Nah dari semua bahan bahan tersebut mana yang susah kamu dapat? Gabus tebal, saya sendiri hanya mendapatkan gabus yang tipis di toko buku trus saya akalin dengan cara menumpuknya trus dilem 2 gabus bersamaan. Kamu ga punya alat untuk memotong gabus? saya pun ga punya dan saya membuatnya sendiri, lagi lagi dengan biaya yang murah. silahkan klik disini untuk tau cara membuatnya. Transistor 3904, atau kamu bisa ganti dengan transistor NPN yang arus colektornya lumayan besar. Semakin besar seven segment yang kamu buat maka arus yang diperlukan akan semakin besar disamping jenis led yang dipakai juga menentukan arus disini. Nah lem gabus disini berfungsi untuk kita menggabungkan gabus atau styrofoam bersama sama atau bisa juga dipakai untuk menggabungkan gabus dengan kertas karton dan kertas lainnya. Kamu bisa pakai led kayu untuk menggantikan jenis lem ini dan saya sudah coba berhasil melekat dengan sempurna. Kertas karton tentunya bisa didapatkan di toko buku seperti gramedia, begitu juga kalkir dan kertas roti.

Baik mari kita mulai merakitnya…

Nah langkah yang harus kita mulai sekarang adalah menggambar seven segment yang akan dibuat. untuk apa menggambar? biar ada yang kita pakai referensi untuk memotong gabus atau styrofoamnya nanti nih. Teknik menggambar yang digunakan tergatuk kesukaannya kamu. bisa manual, bisa juga pakai komputer. Kalau saya lebih memilih menggunakan software di komputer.

Saya pakai aplikasi Corel Draw. Jangan panik dulu, caranya gampang. Download font seven segment di google trus pakai font itu ketik angka 8 di corel abis itu gede in deh ukurannya. Saya sendiri bikin ukuran nya sebesar kertas A3 abis itu garis nya tak tebelin dikit langsung print deh.

Kalau kamu mau cara yang lebih sederhana lagi, cari aja deh gambar seven segment bagus di internet trus perbesar langsung print seperti misalnya gambar yang saya ambil di google ini.

Nah seven segment digambar itu masih sederhana dan terlihat gendut, kamu bisa cari bentuk yang bagusan lagi. Kalau sudah diprint silahkan potong dulu setiap segment yang ada pada gambar tersebut biar lubang. trus leem kertas tadi di gabus yang sudah kamu siapkan.

Nah kalau uda buat deh garis garis di gabus itu pakai spidol biar bisa nanti kita gunakan sebagai garis bantuan untuk membuat lubang pada seven segment gabus ini nih. usahakan lubang nya itu rapi dan urus dan tidak bergelombang. maka dari itu kamu harus ujicoba dulu dan belajar potong gabus pakai bahan lain.

Maju Mundur
Seven Segment Belum Lubang | Seven segment Kertas
Sudah dilubangi | Seven segment setengah jadi
Semuanya lubang | Semua lubang seven segment
Maju Mundur

Setelah gabus nya lubang sesuai dengan template tadi trus saya tumpuk bagian depan nya dengan kertas karton hitam yang sudah saya lubangi. Kamu bisa melakukan ini bisa juga tidak. Tujuan saya melapisi bagian ini adalah membuat kesan garis tegas disetiap segment nya bila nanti diberi sinar led, karena pas itu hasil potongan gabus saya kurang rapi hehehe.

Kalau sudah sekarang siapin deh led yang akan kita pakai untuk seven segment dan juga karton yang akan digunakan sebagai alas. Lagi lagi disini kita memerlukan template yang sudah lubang tadi untuk membuat pola pada kertas karton sebagai referensi untuk meletakkan led tadi. Disini saya hanya menggunakan 3 buah led 1 W disetiap segment nya.

Maju Mundur
Posisi LED | Posisi LED
Tes Posisi LED | Tes Posisi LED
LED 1W | Ditutup KertasLED 1W
Maju Mundur

LED yang kita susun pada tiap segment itu saya susun secara seri masing masing segment nya dan dihubungkan ke satu buah transistor NPN yang uda disiapkan. Kalau pada project ini saya pakai 3904 saja udah cukup. Kaki kolektor transistor saya hubungkan ke katoda paling ujung susunan LED sedangkan kaki anodanya saya kasi tegangan 9 volt sehingga pada saay saya tes arus yang dihasilkan sekitar 200mA setiap segment nya.

Nah kalau kamu bingung bagaimana hubungan skematik dari LED dan transistor nya bisa kamu cek contoh pada gambar disini nih. Emitor dari transistor langsung aja kamu hubungin ke GND sedangkan kolektornya kamu hubungi ke Katoda atau negatif LED sedangkan positif nya langsung deh ke supply.

Kalau pada seven segment biasa ada kaki kaki seven segment yang kita kasi tegangan di common dan GND setiap segment dia nyala (CA) maka pada project seven segment kali ini yang menjadi common disini adalah kaki anoda masing masing LED tadi yang harus kamu jadikan satu. Sedangkan kaki setiap segment nya karena saya menggunakan transistor NPN dimana transistor ini akan aktif atau menyala jika diberikan tegangan positif pada kaki basis nya maka setiap segment akan aktif bila basis transistornya kamu beri signal positif, bukan GND seperti seven segment CA yang sudah jadi.

Setelah selesai kamu rakit semuanya, ingat basis nya kasi resistor ya sebelum keluar kabel. Kalau saya kasi resistor 1K.

Keluarin semua kabel basis masing masing segment ditambah dengan kabel common serta GND. trus lem deh karton yang uda isi LED itu ke gabus yang sudah lubang. Coba kamu tutup pakai kertas roti gimana hasilnya. Mantep seperti seven segment yang dari pabrikan. eit, coba kamu nyalain lebih mantep lagi.

Maju Mundur
Ditutup Kertas Roti | Ditutup Kertas Roti
Gelap Karena LED Terlalu Terang | Gelap Karena LED Terlalu Terang
Tes Dengan Kontroler Seven Segment | Tes Dengan Kontroler Seven Segment
Maju Mundur

Dari foto yang sudah saya tunjukkan diatas terbukti bahwa seven segment yang kita buat disini sangat lah terang sehingga sangat cocok kalau di pasang di luar ruangan yang tentunya kamu harus membuatkan rumah atau casing dari seven segment ini, mengingat bahwa gabus mungkin akan rusak terkena cuaca.

Kalau kamu mengalami display segment yang cahayanya tidak merata dengan baik atau terlihat poin point led yang digunakan, kamu bisa mengakalinya dengan menambahkan kertas kalkir di setiap segment untuk menutupi LED tersebut dengan bentuk kertas yang dibuat cembung. Hal ini bertujuan untuk menciptakan effect diffuse agar sinar yang dipancarkan tidak fokus pada satu titik saja seperti yang sudah saya foto dibawah ini.

Bisa sampai 64 digit besar besar..

Video kiriman Anak Agung Duwi Arsana (@duwiarsana) pada

Oke sekian dulu tutorial dari saya tentang bagaimana kita bisa membuat seven segment ukuran besar dengan sangat mudah dan murah tanpa harus memerlukan perkakas yang rumit. Untuk rangkaian mikrokontroler menyalakan seven segmen ini dapat kamu lihat pada artikel berikut nya yang mungkin akan membahas tentang bagaimana menyalaka seven segment ini sampai dengan membuat jam digital ukuran besar tentunya. Cek aja deh dulu video yang udah saya buat pada akun instagram saya.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Arduino Uno Clone Gratis
views 337
Halo teman teman, tahun baru 2015 sudah mulai deket nih, pada acara mau kemana nanti? :D wkwkwkwk kata kata pembuka yang ga sesuai dengan judul artike...
Modifikasi TV LCD Jadi TV LED
views 5478
Teknologi TV semakin tahun semakin cepat berkembang menjadi lebih heboh. Jadi inget dulu waktu kecil punya tv kecil 14" tabung yang kalau ganti chann...
Membuat effect senjata dengan after effect
views 1426
Industri film indonesia sekarang ini sudah mulai berkembang dan sudah mulai mengikuti kualitas film luar negeri yang menampilkan action action memukau...
Pseudocode Menghitung Umur
views 808
Pseudocode untuk menghitung umur? baik itu umur kamu ataupun umur dari tanggal tertentu hingga sekarang? Menghitung umur tentunya dapat kamu lakukan d...
Modul Jam digital Baru
views 1082
Beberapa hari lalu saya telah menggambar ulang skematik dan layout dari jam digital 6 digit menggunakan seven segment yang pernah populer beberapa bul...
Cara Menggunakan Memory Micro SD di Arduino
views 3520
Bagaimana sih menggunakan memory micro SD di arduino? Untuk kamu yang lagi belajar mikrokontroller berbasis arduino tentunya sedang asik asiknya ber e...
Update Tulisan Running Text Lewat HP Android
views 3718
Beberapa waktu lalu masalah update tulisan running text lewat hp android sudah pernah saya buat alat nya dan juga tutorial update nya. Waktu itu cara...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Memperbaiki Layar Laptop Yang Mati

Waktu itu saya mendapatkan sebuah service an sebuah laptop. Tumben nih dapet service an laptop, …

4 komentar

  1. mas duw mau tanya .apakah seven segmen ini bisa di gabung dengan mesin jam mini yang saya dapat dari mas duwi dan minta skema lengkap dong untuk tujuh segmen besar ini .karena saya kesulitan untuk gabungin ke controler jam digital dari mas duwi .

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − 12 =

info : sms sedang lelet :D