Berita Terbaru

Produk

Membuat Saklar SMS Arduino

Saklar, kita tau fungsinya paling umum adalah untuk menyalakan lampu di rumah :D Siapa yang belum tau hayoo.. anak kecil aja kalau kita suruh hidupin lampu dengan menekan saklar pun akan tau. Ada banyak jenis saklar yang ada, mulai dari fungsi nya sampai dari segi bentuk nya. Dilihat fungsinya saklar yang ada di rumah tangga biasanya menggunakan jenis saklar tunggal. Saklar tunggal itu yang satu saklar dapat menghidupkan satu atau beberapa bebean listrik secara bersamaan dalam satu jalur. Coba aja cek kamar kamu, lampu kamar kamu tentunya cuma bisa dinyalakan dari satu saklar aja kan? nah itu namanya saklar tunggal. …

Lanjut membaca »

Rangkaian Monitoring Suhu Lewat SMS

Membuat alat atau rangkaian monitoring suhu lewat sms ini sebenarnya sudah beberapa tahun lalu saya buat. Alat tersebut dapat menginformasikan suhu yang terbaca pada suatu ruangan dengan mengirimkan sms secara otomatis saat batas suhu yang telah ditentukan dicapai atau dilewati. Kalau pada project yang lalu saya menggunakan sebuah modem serial yaitu modem wavecom sebagai alat untuk komunikasi lewat sms nya. Modem tersebut ukuran nya sangat besar, ditambah perlunya sebuah adaptor atau catu daya untuk dapat menyalakan modem tersebut. Komunikasi data ke mikrokontroler pun masih dalam level RS232, yang artinya kita harus membuatkan rangkaian tambahan yaitu konverter RS232 ke TTL. Nah …

Lanjut membaca »

Membuat Jam Digital Alarm

Nah ngomongin soal jam digital nih, kalian uda liat belum artikel saya tentang jam digital yang sederhana pada postingan sebelum nya? Jam digital yang akan kita bahas kali ini kan sebuah jam digital yang ada alarm nya dengan menggunakan mikrokontroler, untuk kamu yang masih awam bisa main ke artikel sebelumnya dulu nih dengan judul “Rangkaian Jam Digital Sederhana“. Pada artikel tersebut saya membuat jam digital tanpa perlu melakukan programming, kenapa? karena ic yang saya gunakan untuk membuat jam tersebut tidak menggunakan IC mikrokontroler seperti artikel yang ini “Membuat Jam Digital Alarm” Untuk dapat membuat Jam Digital Alarm ini tentunya ada …

Lanjut membaca »

Alat Membuka Pintu Dengan SMS

Alat membuka pintu dengan sms, Sebenarnya kalau dipikir pikir lagi malah ribet kalau kita mau buka pintu aja harus ketik sms dulu Tapi karena banyak temen yang request untuk bagaimana bisa bikin alat yang dipakai¬†untuk buka pintu dengan hanya mengirimkan sms tanpa harus menean tombol apapun, akhirnya saya bikin deh tutorial ini. Alat yang saya atau mungkin yang akan kalian buat ini dengan menggunakan koding standar yang saya bagikan gratis ini akan mampu mengaktifkan sebuah doorlock atau anak kunci untuk membuka pintu dengan mengirimkan sms tertentu pada nomor telepon yang sudah dipasangkan pada modul GSM alat ini. Selain mampu untuk …

Lanjut membaca »

Assembled an ESR component tester by yourself

In this article we will learn the way on how we assemble a tester component or people call it an ESR meter. They name it an ESR meter because the tool that we are going to assemble is able to display the value of ESR (equivalent series resistance) on a capacitor which is very important for a technician. Component tester or ESR meter that we are going to assemble here are made based on PCB component tester sold by duwiarsana.com. With the very small size of course the result will come up with a component tester or an ESR meter …

Lanjut membaca »

Turn On Lamp by Arduino, Bluetooth and Android Phone

After long time of making its application for android mobile phone, finally the video on how to use it could be produce. This is a device that can be used or installed at your house to replace the function of an electric switch which enables you to turn on your electric devices from a long distance using an android mobile phone. Other than home installation, the device is usually ordered to be installed on a vehicle as I did on my motorbike and car. The installation on a motorbike is usually used for turning on the machine in a motorbike …

Lanjut membaca »

Cara Membaca Frekuensi

Frekuensi, apa sih itu frekuensi? Frekuensi itu adalah jumlah atau banyaknya getaran yang dilakukan suatu benda dalam waktu satu detik. Frekuensi biasanya udah diajarin pas kita SD, kalau dulu pas saya SD namanya IPA. disana kita mempelajari apa itu namanya frekwensi dan dimana penerapan frekwensi tersebut. Di jaman yang serba digital saat ini pengunaan frekuensi sudah sangat lumrah sekali kita jumpai dalam sistem komunikasi. Hal ini ditandai adanya sebutan kata atau satuan HZ. Seperti halnya 2.4GHz frekuensi wifi, frekuensi tv digital yang beraneka ragam dan juga bahkan tv analog mulai very high sampai ultra high frekwensi. Sejak jaman dulu frekuensi …

Lanjut membaca »

Merakit Komponen Tester ESR Sendiri

Di artikel ini kita akan belajar tentang bagaimana saya atau bisa juga kamu, merakit sebuah komponen tester atau yang biasa orang sebut ESR meter. Disebut dengan ESR meter karena alat yang akan kita rakit ini mampu menampilkan nilai ESR (equivalent series resistance) pada kapasitor yang biasanya sangat penting bagi tukang service. Komponen tester atau ESR meter yang akan kita rakit disini dibuat berdasarkan PCB komponen tester yang dijual di duwiarsana.com. Dengan ukuran yang sangat kecil tentunya nanti kita akan menghasilkan sebuah ESR meter atau komponen tester yang sangat ringkas juga. Apakah rumit untuk bisa membuat, merakit sebuah komponen tester ini? …

Lanjut membaca »

Saklar Lampu Dengan Android

Akhirnya setelah lama bikin aplikasinya untuk hp android, baru sekarang bisa bikinin video cara penggunaan nya nih. Ini adalah sebuah alat yang kamu bisa pakai atau pasang dirumah kamu untuk kamu gunakan sebagai pengganti saklar yang dapat membuat kamu menyalakan peralatan listrik dari jarak jauh dengan menggunakan handphone android. Selain pemasangannya di rumah, biasanya alat saya ini dipesan untuk dipasangkan ke kendaraan bermotor seperti sepeda motr dan juga mobil. Pemasangan di sepeda motor biasanya digunakan untuk menyalakan mesin motor pada kontes modifikasi motor menggunakan handphone, sedangkan pada pemasangannya di mobil lebih luas lagi seperti digunakan untuk membuka pintu mobil, menyalakan …

Lanjut membaca »

Membuat Drone Quadcopter Murah

Sekarang banyak sekali teman teman yang mainan kapal kapalan, atau pesawat pesawatan. Kapal atau yang biasa disebut dengan nama drone, quadcopter, heli copter, hexacopter, uav sekarang banyak yang jual jadi dengan harga yang dibilang start termurah hingga yang pabrikan dengan harga puluhan juta rupiah. Sebuah quadcopter atau yang sering disebut drone oleh teman teman saya dirumah bahkan ada yang harganya 1.2juta sudah memiliki fasilitas kamera yang dapat dilihat langsung gambarnya pada smartphone android kita. Murah ga tuh :D Sekitar 4 tahun lalu saya merakit sebuah kapal atau quadcopter saya sendiri dengan mengumpulkan bahan bahan nya satu persatu. Ga seperti sekarang, …

Lanjut membaca »

Proyektor Mini Layar Sentuh Premium ZTE SPRO 2

Halo teman teman, ngomongin masalah gadget terbaru, ZTE yang biasa saya kenal sebagai merek terkenal dibidang handphone sekarang sudah memiliki sebuah produk menarik yang saya rasa keren untuk kita beli dan coba dirumah. Proyektor, ya ZTE sekarang sudah punya produk proyektor sendiri dengan ukuran yang sangat mini. Kalau biasanya kita mengenal projector akan menyala menampilkan gambar dengan digubungkan ke laptop atau sumber media gambar video lainnya. Kali ini proyektor yang dibuat ZTE dapat menyala tanpa sumber dari perangkat lain. Kok bisa gitu? Karena proyektor tersebut sudah berisikan sistem operasi android didalam nya. Yang lebih keren lagi disana ada layar sentuh …

Lanjut membaca »