Berita Terbaru

Detektor Gas Bocor Dengan SMS

Halo teman teman, kembali lagi nih saya mau share sebuuah project sederhana menggunakan board arduino.

Alat yang akan kita buat kali ini adalah :

Detektor Gas Bocor Dengan SMS

Alat yang akan kita buat disini mampu mendeteksi adanya gas bocor disekitar sensor dan menampilkannya pada layar lcd serta mampu menginformasikannya kepada kita melalui media pesan singkat (SMS).

Peralatan atau komponen apa saja yang diperlukan dalam pembuatan project ini? Komponen tersebut adalah :

  • Board Arduino
  • LCD 16X2
  • Sensor Gas
  • Modul GSM (sim900 atau sim800)
  • Kabel Jumper

Dari semua komponen yang terbilang mudah didapat tersebut maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah merangkainya dengan menggunakan kabel jumper.

Komponen yang pertama harus kita sambung adalah LCD, dengan menghubungkan ke arduino pada pin 4,2,3,7,8,9. Kenapa kita pakai pin itu? karena coding yang akan saya share disini menggunakan konfigurasi seperti itu. Jika kamu ingin mengubahnya ke urutan pin yang berbeda kamu tinggal mengubah juga pengaturan pin pada coding yang akan dipakai nanti.

Setelah lcd terhubung selanjutnya pasangkan sensor gas pada pin analog 0. Sebelum kita membuat alat ini, ada baiknya kamu mencoba atau mengetes sensor yang akan digunakan dengan menggunakan coding standar pembacaan nilai ADC pada arduino.

Dan terakhir adalah pemasangan modul GSM. Walau tampaknya rumit, tapi modul gsm dadlam penyambungan kabelnya hanya memerlukan 4 buah kabel saja, yaitu vcc, gnd, tx dan rx saja. Tentunya dalam menghubungkan ke arduino kamu harus menghubungkan jalur komunikasinya (rx dan tx) dalam kondisi silang. Maksudnya adalah tx gsm bertemu dengan rx arduino, begitu juga dengan rx gsm bertemu dengan tx arduino sehingga komunikasi bisa dilakukan dengan lancar.

Karena sederhana nya rangkaian ini kamu bisa melihat komfigurasi pin yang digunakan pada coding yang bisa kamu download gratis dibawah ini. Alat ini dapat kamu modifikasi pada penerapan sensor apapun dan juga dengan pesan sms yang kamu bisa ubah sendiri tentunya.

Dalam coding yang dibagikan, alat ini akan mengsms saat dinyalakan pertama kali serta akan mengirimkan sms jika kadar gas yang terdeteksi mencapai 60 persen atau lebih. Batas ini kamu dapat ubah sendiri pada coding yang disediakan. Selain itu jika kamu kirimkan pesan “lapor” ke alat ini maka kamu akan mendapatkan balasan berupa sms nilai persentase kadar gas yang terbaca saat itu seperti pada video youtube yang sudah saya buat.

Jangan lupa setelah kamu download coding lengkapnya, kamu harus lengkapi library arduino kamu sesuai dengan file header yang dipakai.

ALARM KEBAKARAN SEDERHANA

Berikan komentar kamu :

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Download usb downloader v2
views 646
Terima kasih untuk pembaca setia di duwiarsana.com nih uda sempat mampir di blog mungil ini. pada artikel sebelumnya tentang downloader juga saya pern...
Power Meter Online Berbasis Twitter
views 200
Power meter ya bisa itu; volt meter, ampere meter, watt meter, memang ada yang menjual alat seperti itu dipasaran. namun pada umumnya alat seperti itu...
Sistem Keamanan Password dan Sidik Jari
views 2012
Security sistem password dan sidik jari kayaknya jadi sebuah project yang sangat menarik kalau diangkat jadi salah satu tugas akhir kamu nih. sebuah s...
Saklar remote TV + Android
views 1963
Berawal dari malas bangun dari tidur untuk mematikan lampu kamar saya membuat alat ini. Alat yang dapat mematikan peralatan listrik, tidak hanya lampu...
Rangkaian Inverter 12VDC ke 220VAC
views 5036
Kebayang ga dulu kalau mati listrik pasti deh kita disuru belanja keluar beli lilin, atau yang keluarga nya aga modern mereka uda siap dengan lampu se...
Simpan Password Keypad di EEPROM
views 1271
Password, keypad, securiy sistem, door lock, kunci pintu. Ya beberapa kata kunci itu beberapa waktu lalu memang sangat ngetrend masuk di hape saya, en...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

saklar bluetooth arduino

Rangkaian Saklar SMS dan Android Baru

Halo temen temen, dah lama sekali ga update berita tentang perkembangan project saklar sms nih. Sebelum …

4 komentar

  1. wah codingnya error, gk bisa di upload bli, PHP bli, hihihi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 4 =