Berita Terbaru

Download Project Jam Digital Led Matrix

Akhirnya project elektronika mikrokontroller buatan duwiarsana.com selesai juga. Dan sudah saya posting juga di http://duwiarsana.com/toko/ Silahkan dicek jika kamu tertarik membeli nya.

Nah karena banyak yang request minta coding nya dan juga sedikit yang beli :( (banyakan yang minta coding) pada artikel ini saya akan bagikan koding project ini gratis.

Coding jam digital dengan display led matrix ini dibuat menggunakan software arduino yang fungsi nya tidak hanya dapat menampilkan waktu dan kalender saja, tapi program atau coding arduino untuk project jam digital led matrix ini juga mampu menampilkan suhu ruangan atau bisa kita bilang jam ini sudah ada thermometernya.

Untuk coding yang saya share ini menggunakan display berukuran 1 panel atau 16×32 dot led (1 papan display led p10).

Untuk sensor yang saya pakai pada project ini adalah sensor suhu digital DS18B20. Dengan 3  tombol yang bisa kamu gunakan untuk pengaturan data waktu dan kalender.

Jika kamu menginginkan ukuran display yang lebih besar, kamu bisa mengubahnya pada koding bagian pengaturan display seperti pada contoh dibawah ini.

#define DISPLAYS_ACROSS 1
#define DISPLAYS_DOWN 1

Pada coding diatas itu kamu cek pada bagian atas keseluruhan coding. Bagian itu digunakan untuk mendefinisikan jumlah panel yang kamu gunakan. Karena disana saya atur across nya 1 dan juga down nya 1. yang artinya jumlah panel kesamping hanya 1 dan yang kebawah juga satu panel.

Untuk bagian font, kamu juga harus membuat 3 buah font khusus untuk dapat menjalankan kodingan ini. 3 font itu adalah font dengan ukuran tinggi 16 dot penuh, 9 dot untuk bagian atas dan bagian bawah memerlukan font dengan ukuran tinggi 7 dot atau pixel.

Untuk tau gimana cara nya bikin font kamu bisa cek artikel dibwah ini, saya juga mulai belajar dari sana untuk bisa bikin font sendiri.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan coding tulisan berjalan pada peroject ini. Saya sudah tes, bisa diisi dengan tulisan yang cukup panjang.

Oiya skematik project ini juga saya kasi gratis. Saya bikin nya pakai software eagle pcb. nanti kamu tinggal download dan buka di software eagle ya. Komponen nya dikit kali :D kamu bisa bikin layout nya sendiri nanti.

Kalau kamu yang mau beli pcb nya, atau beli ic mikrokontroller nya yang sudah isi program, atau kalau bisa sih beli project lengkap nya hehehe biar ada dana untuk bikin project baru lagi, dan bisa di share lagi disini :)

untuk video nya kamu bisa cek di sini, pemasangan nya sangat sederhana, kamu yang awam dengan elektronika pun pasti bisa merakitnya dengan sangat mudah.

Sekarang, adalah bagian yang ditunggu tunggu :D bagian download coding dan skematik nya :D kamu bisa download pada area download dibawah ini. Jangan lupa untuk menciptakan sendiri font untuk project ini. silahkan edit skematiknya sesuai dengan keperluan kamu ya.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Kendali sms 8 Channel
views 1015
Kendali sms atau sistem monitoring sms, dari kemarin artikel saya masih terlalu lama di seputaran itu saja. ya karena saat itu saya masih bermain di g...
Memperbaiki TV LED SONY Gambar Double
views 2000
Memperbaiki TV LED SONY gambar double, ya sekarang kita akan bahas tv led yang memiliki kerusakan gambar double pada merk SONY. Sebenarnya kerusakan ...
ESP-12F ESP8266
views 427
ESP8266-12F is an enhanced version ESP8266-12, improve peripheral circuits, four plate board technology, enhanced impedance matching, the signal outpu...
Acara Ulang Tahun Siapa Kaden
views 174
Siapa yang ulang tahun hari ini? Entah siapa yang ulang tahun, acara rame banget di kelas adegan uka baju dan masing masing pegang kertas pink ertu...
Cara mendapatkan file Hex dari Arduino
views 4118
Untuk kamu yang bermain dengan mikrokontroller arduino tapi tidak mempunyai arduino tentunya kamu sudah tau kamu dapat membuat rangkaian secara simula...
Download usb downloader v2
views 740
Terima kasih untuk pembaca setia di duwiarsana.com nih uda sempat mampir di blog mungil ini. pada artikel sebelumnya tentang downloader juga saya pern...
Membuat CountDown Timer
views 2209
Mungkin kamu pernah membuat sebuah countdown timer dengan menggunakan beberapa IC TTL dan dengan menggunakan display seven segment. ya pertama kali me...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Membuat Power Supply Variable

Membuat power supply variable saat ini bukan karena saya ingin membuat tutorial, tapi kebetulan karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − three =

info : sms sedang lelet :D