Berita Terbaru

Download Project Jam Digital Led Matrix

Akhirnya project elektronika mikrokontroller buatan duwiarsana.com selesai juga. Dan sudah saya posting juga di http://duwiarsana.com/toko/ Silahkan dicek jika kamu tertarik membeli nya.

Nah karena banyak yang request minta coding nya dan juga sedikit yang beli 🙁 (banyakan yang minta coding) pada artikel ini saya akan bagikan koding project ini gratis.

Coding jam digital dengan display led matrix ini dibuat menggunakan software arduino yang fungsi nya tidak hanya dapat menampilkan waktu dan kalender saja, tapi program atau coding arduino untuk project jam digital led matrix ini juga mampu menampilkan suhu ruangan atau bisa kita bilang jam ini sudah ada thermometernya.

Untuk coding yang saya share ini menggunakan display berukuran 1 panel atau 16×32 dot led (1 papan display led p10).

Untuk sensor yang saya pakai pada project ini adalah sensor suhu digital DS18B20. Dengan 3  tombol yang bisa kamu gunakan untuk pengaturan data waktu dan kalender.

Jika kamu menginginkan ukuran display yang lebih besar, kamu bisa mengubahnya pada koding bagian pengaturan display seperti pada contoh dibawah ini.

#define DISPLAYS_ACROSS 1
#define DISPLAYS_DOWN 1

Pada coding diatas itu kamu cek pada bagian atas keseluruhan coding. Bagian itu digunakan untuk mendefinisikan jumlah panel yang kamu gunakan. Karena disana saya atur across nya 1 dan juga down nya 1. yang artinya jumlah panel kesamping hanya 1 dan yang kebawah juga satu panel.

Untuk bagian font, kamu juga harus membuat 3 buah font khusus untuk dapat menjalankan kodingan ini. 3 font itu adalah font dengan ukuran tinggi 16 dot penuh, 9 dot untuk bagian atas dan bagian bawah memerlukan font dengan ukuran tinggi 7 dot atau pixel.

Untuk tau gimana cara nya bikin font kamu bisa cek artikel dibwah ini, saya juga mulai belajar dari sana untuk bisa bikin font sendiri.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan coding tulisan berjalan pada peroject ini. Saya sudah tes, bisa diisi dengan tulisan yang cukup panjang.

Oiya skematik project ini juga saya kasi gratis. Saya bikin nya pakai software eagle pcb. nanti kamu tinggal download dan buka di software eagle ya. Komponen nya dikit kali 😀 kamu bisa bikin layout nya sendiri nanti.

Kalau kamu yang mau beli pcb nya, atau beli ic mikrokontroller nya yang sudah isi program, atau kalau bisa sih beli project lengkap nya hehehe biar ada dana untuk bikin project baru lagi, dan bisa di share lagi disini 🙂

untuk video nya kamu bisa cek di sini, pemasangan nya sangat sederhana, kamu yang awam dengan elektronika pun pasti bisa merakitnya dengan sangat mudah.

Sekarang, adalah bagian yang ditunggu tunggu 😀 bagian download coding dan skematik nya 😀 kamu bisa download pada area download dibawah ini. Jangan lupa untuk menciptakan sendiri font untuk project ini. silahkan edit skematiknya sesuai dengan keperluan kamu ya.

Berikan komentar kamu :

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Membuat Data Logger Memory Card
views 855
Data Logger, wuih... dulu kalo denger kata kata kaya gini pas kakak kelas skripsian di kampus jeg serem sekali kedengeran nya. Data nya di logger. p...
Mesin TV LCD LED Universal
views 656
Paket yang ada dalam pembelian produk ini adalah : Remote Mainboard universal Untuk dapat membuat sebuah tv dengan mainboard tv universal ini k...
Simple Futsal Scoreboard, How to Make it?
views 550
What is a scoreboard? Have you ever noticed a board that has glowing numbers that usually displays score or point in a game? Commonly we see this as a...
Ikut Pameran di Politeknik Negeri Bali
views 147
Pagi sekali saya berangkat ke politeknik bersama pacar saya dengan membawa peralatan yang akan diperlukan untuk pameran hari ini. Hari ini adalah pe...
Switching PSU di Similikiti?
views 326
Akhirnya selesai juga design dari Similikiti project. Project yang sudah saya garap semenjak dua bulan lalu ini akhirnya finish pengerjaan nya dengan ...
Membuat Microscope Dadakan
views 3478
Semua benda disekitar yang sudah tak terpakai sebenarnya masih bisa kita gunakan untuk berkreasi menjadi benda lain yang lebih berguna atau unik walau...
Similikiti Project
views 987
Similikiti Project, apaan sih tu? kok aneh banget namanya. Ya itu adalah salah satu perangkat elektronika yang saya buat sendiri. Similikiti project m...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

toshiba

Memperbaiki TV LED SONY Gambar Double

Memperbaiki TV LED SONY gambar double, ya sekarang kita akan bahas tv led yang memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − two =