Berita Terbaru

Membuat Api Dari Sinar Matahari

Saya jadi inget dulu pas masih SD, ada pelajaran IPA yang mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan alam. Walah, itu kan memang kepanjangan nya ^_^

Ada banyak hal yang saya pelajari di pelajaran IPA. kalau ga salah pelajaran IPA saya dapetin antara kelas 4 atau 5 SD. Alat yang dikenalkan guru ke murid murid nya waktu itu seperti thermometer batang, globe, kaca pembesar, lampu senter, dynamo, dan masih banyak lagi.

Nah dari semua yang saya sebutin itu tentunya kalian pasti pernah praktek kaca pembesar atau sering disebut sebagai lup di buku pelajaran IPA.

Kalau saya ingat ingat, praktek kaca pembesar itu mengajarkan tentang bagaimana bayangan benda yang dihasilkan oleh kaca pembesar itu, terbalik atau tidak, diperbesar berapa kali dan mempelajari titik fokus. Tapi semua itu saya udah lupa. Malahan yang paling saya inget pas praktek si kaca pembesar ini adalah bakar bakaran daun.

Pastinya kalian juga tau dong kalau kaca pembesar atau lup ini kalau kita arahkan ke sinar matahari dan mengatur titik fokus nya agar menjadi berupa satu titik kecil di daun, nanti daunnya akan terbakar (hangus atau berasap). seluruh jam pelajaran tuh saya pakai untuk mainan lup buat bakar bakaran 😀

Kalau waktu itu kita cuma bisa bikin daun kering berasap terkena sinar matahari yang di fokus kan, sebenarnya dengan sinar matahari kita bisa langsung membakar papak kayu, balok kayu bahkan melelehkan sebuah besi hanya dengan sinar matahari.

Apakah pakai kaca pembesar?

Kita akan gunakan sesuatu yang tipis dan berbahan plastik mika, tidak seperti kaca pembesar yang berbentuk bulat cembung dan cendrung tebal berbahan kaca.

Saya sudah mencobanya pada sebuah papan kayu, papan kayu tersebut tidak hanya berasap, tapi bisa langsung tercipta api dalam hitungan detik.

Kalau pada uji coba orang luar negeri, bahkan mereka bisa sampai melelehkan baut, uang logam dan memecahkan kaca dalam sekejap. Inilah kekuatan sinar matahari.

Apa benda yang dipakai itu?

Namanya adalah fresnel atau sering disebut fresnel lens.

Sebenarnya ini sama saja seperti lensa, tapi struktur lensa nya yang patah patah membuat ketebalan nya menjadi tidak setebal lensa dengan ukuran yang sama namun kemampuan yang berlipat.

Nah dimana sih kita bisa mendapatkan fresnel lens ini? kamu pernah ga lihat tv dulu, kalau orang tua yang nonton biasanya di depan layar nya dikasi benda plastik aga pudar. tujuan nya untuk memperbesar gambar? nah itu sebenarnya fresnel lens.

Sumber lain untuk mendapatkan fresnel lens adalah pada lapisan layar dari sebuah tv projection. (tv besar kotak teknologi gambar di proyeksikan)

Kalau kamu mau gampang nya sebenarnya kamu bisa membeli nya dengan harga yang sangat sangat murah, sekitar 20rb sampai 50rb yaitu pada produk pembesar layar HP. seperti pada gambar contoh disamping ini. kamu bisa gunakan itu, tapi ya ukuran nya segitu segitu aja.

Kalau saya sendiri pada video percobaan ini menggunakan fresnel lens dari sebuah tv projection bekas. Sangat tipis dan ringan sekali. namun saya rasa kualitas nya dibawah dari produk luar negeri yang cendrung lebih bening. Jadinya saya hanya bisa pakai untuk menciptakan api pada papan kayu. Saya udah coba di uang logam, tapi hanya mapu bikin uang logam nya SANGAT panas saja, tidak sampai lebur seperti video ini.

Berikan komentar kamu :

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Membuat Api Darurat Dengan Batu
views 2376
Pernah kamu nonton film tentang manusia purba yang menyalakan api menggunakan batu? Waktu saya kecil sering sekali nonton film yang namanya flintstone...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six − three =