Berita Terbaru

Membuat Jam Digital Alarm

Nah ngomongin soal jam digital nih, kalian uda liat belum artikel saya tentang jam digital yang sederhana pada postingan sebelum nya?

Jam digital yang akan kita bahas kali ini kan sebuah jam digital yang ada alarm nya dengan menggunakan mikrokontroler, untuk kamu yang masih awam bisa main ke artikel sebelumnya dulu nih dengan judul “Rangkaian Jam Digital Sederhana“.

Pada artikel tersebut saya membuat jam digital tanpa perlu melakukan programming, kenapa? karena ic yang saya gunakan untuk membuat jam tersebut tidak menggunakan IC mikrokontroler seperti artikel yang ini “Membuat Jam Digital Alarm”

Untuk dapat membuat Jam Digital Alarm ini tentunya ada beberapa komponen yang harus kamu siapkan yaitu :

  • Mikrokontroler ATmega328
  • RTC DS1307
  • Seven Segment Common Anoda
  • Beberapa tombol
  • Resistor 560 Ohm
  • Resistor 1k
  • Resistor 10k
  • Capacitor 22pF
  • Capacitor 100nF
  • Crystal 16MHz
  • Buzzer 5V
  • Transistor 3904
  • Elco 100uF

Saya rasa cuma itu aja yang kalian perlu siapkan untuk project jam digital alarm ini.

Jam Digital Alarm yang akan kita buat ini dapat diatur waktu jam dan menitnya langsung menggunakan tombol yang ada. Jadi nanti ada 3 buah tombol pengaturan, yang dimana pertama sebagai pengatur jam, kedua sebagai pengatur menit dan ketiga adalah tombol untuk masuk ke pengaturan alarm itu sendiri.

Untuk dapat menyalakan ke empat seven segment berukuran 0.56″ ini kalian tidak usah menggunakan driver lagi karena kita akan langsung hubungkan dari mikrokontroler ke seven segment, dan tentunya ada resistor yang digunakan sebagai pembatas arus aja untuk display nya.

Kalau mau dibuat angka yang lebih besar lagi gimana?

Bisa aja, kamu tinggal tambahin driver untuk display seven segment besar sesuai dengan tegangan dan arus yang diperlukan sama display seven segment besar yang kamu punya.

Apa contoh driver untuk seven segment itu? biasanya saya pakai transistor biasa, ada juga yang pakai IC ULN atau dibuat seven segment besar yang sudah include driver seperti yang sudah pernah saya buat disini :

Cara membuat seven segment besar

Nah untuk skematik dari project jam digital alarm ini kamu bisa cek gambar dibawah ini

 

Coba kalian perhatikan skematiknya, disana saya sertakan juga relay beserta driver nya menggunakan transistor. Untuk apa ada relay disana? Rencananya sih kedepan jam digital alarm ini akan saya program berisikan fungsi timer juga jadi misalkan timer nya kita set akan dapat mengaktifkan atau menghidupkan peralatan listrik. Misal kita timer nih sebuah pompa air untuk kita tugaskan mengaliri kebun pada jam tertentu, nah kalau jam digital nya uda menunjukkan waktu yang ditentukan maka relay akan menyala untuk menghidupkan pompa tersebut. Ya kecil kecil banyak fungsi lah.

Ukuran dari design PCB jam digital ini sangat mungil kok, melihat ukuran relay nya saja hampir seper lima panjang pcb nya :D

Nah kalau kamu mau nyolder sendiri kamu juga bisa beli PCB yang sudah saya cetak ini di toko duwiarsana.com atau kamu bisa sms langsung sales nya di jam jam kerja ya.

Untuk file skematik dan coding jam digital nya kamu bisa download gratis pada link yang sudah disiapkan. Download sendiri, rakit sendiri, program deh langsung. Saya memprogram jam ini dengan menggunakan software arduino. Kalian tidak usah punya arduino untuk dapat memprogram sebuah IC mikrokontroler. Cukup hanya menggunakan usbasp2840 aja dari duwiarsana.com kamu uda bisa memprogram ic atmega328 kosong dengan program yang kamu punya. Ga cuma itu, kamu juga bisa copy isi IC nya :D keren kan.

Download disini :

Kalau kalian ada kesulitan saat merakit rangkaian ini silahkan berikan komentar kamu pada kolom komentar. Jangan lupa untuk subscribe channel youtube saya untuk mendapatkan update project terbaru dari saya. :)

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Cara Memotong Plat Aluminium
views 12587
Sekarang saya akan berbagi tips dan trik bagaimana saya memotong plat aluminium. Plat aluminium yang akan saya potong adalah sebuah plat dengan keteba...
Saklar Infrared
views 3288
Ini adalah rangkaian yang saya buat pada saat saya ujian akhir untuk TA (tugas akhir) di sekolah saya. Rangkaian ini saya buat kurang dari sehari da...
Rangkaian Inverter 12VDC ke 220VAC
views 9985
Kebayang ga dulu kalau mati listrik pasti deh kita disuru belanja keluar beli lilin, atau yang keluarga nya aga modern mereka uda siap dengan lampu se...
Membuat Kabel USB TO TTL
views 5830
Kabel usb to ttl merupakan salah satu jenis kabel converter yang lumrah kita temui jika bermain di bidang microkontroller dan komunikasi micro ke komp...
Membuat Aplikasi Android Hello Wolrd
views 897
Membuat aplikasi android itu susah? tidak juga. Jangan terlalu memikir ini itu, lakukan saja dan internet akan membimbingmu :D. Saya sendiri mengenal ...
Pemenang undian Jam digital gratis
views 239
Hari baru aja pagi udah banyak yang sms saya. Banyak banget yang sms in nanya siapa pemenang undian jam digital gratis dari duwiarsana.com. Ya saya m...
Jam Digital Thermostat
views 577
Ini adalah salah satu produk design dari duwi arsana yaitu "Jam Digital + Thermostat". Judul nya yang sederhana bukan berarti alat yang dihadirkan dis...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Membuat Display Timer Mundur

Hari itu saya mendapat pesanan yang dibilang cukup mendadak karena harus dikirimkan dalam waktu sehari …

4 komentar

  1. Cara kodingnya gmna, klo saya pke usb asp??

  2. bisa minta file eagle SCH dan BRD rangkaian nya gak gan?tolong segera direspomn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 + 1 =