Berita Terbaru

Membuat Jam Digital Led Matrix P10

Membuat jam digital dengan menggunakan display seven segment tentu saja menjadi hal yang sudah biasa bagi penggiat elektronika.

Namun jika kita membuat sebuah jam digital dengan menggunakan display led matrix seperti modul P10 dengan ukuran 16x32cm atau 16×32 pixel led tentu saja akan membuat nilai lebih saat sudah selesai merakitnya.

Display jam digital dengan menggunakan led matrix dapat membuat kita leluasa menampilkan karakter apa saja pada display ukuran 16×32 itu. Kalau pakai seven segment kan display nya cuma angka saja. Tapi kalau kita pakai display led matrix, selain bentuk tulisan kita bisa atur, kita juga bisa menambahkan tulisan berjalan pada program jam digital tersebut.

Jam digital yang saya buat ini dibuat dengan menggunakan software arduino.

Dengan bantuan library dari panel led P10 DMD kita sudah mampu menampilkan angka dan tulisan pada display led tanpa mengalami kesulitan.

Tapi bentuk tulisan atau font yang disediakan oleh library tersebut masih standar yaitu bentuk arial dan juga font 5×7 dot yang tentu kurang pas jika kita gabungkan atau kombinasikan sesuai keinginan kita.

Makanya saya kemarin bikin sendiri font khusus untuk display jam digital yang saya buat. Awal nya saya aga kesulitan membuat sendiri font yang saya inginkan tapi setelah membaca artikel pada blog mikrokontrolerat89s52.wordpress.com saya menjadi lebih paham bagaimana membuat sebuah file header yang didalamnya berisikan data font yang kita inginkan.

Seperti gambar yang saya ambil dari blog mikrokontrolerat89s52 itu menjelaskan dengan sangat jelas bagaimana sebuah font dibentuk dari gambar lalu diubah menjadi bilangan hexa agar dapat dibaca dan digunakan oleh mikrokontroler untuk diteruskan ke display led.

Awalnya sangat bingung tapi dengan bantuan kalkulator di komputer yang bisa menerjemahkan biner ke hexa dengan mudah, jadi saya mengerti sekarang :)

Akhirnya font pun sudah saya buat, satunya berukuran tinggi 9 dot sedangkan satunya saya buat font dengan ukuran tinggi 6 dot. Nah dengan adanya dua font berukuran 9 dan 6 ini akan dapat kita tampilkan secara bersamaan dalam satu display dengan satu baris sebagai pemisah antar karakter.

Untuk IC waktunya saya menggunakan IC RTC DS1307 yang sudah merupakan modul jadi. dengan sebuah arduino dan beberapa kabel saja saya sudah mampu menciptakan sebuah jam digital lengkap dengan kalender dan dapat pula menampilkan hari dibawah jam itu sendiri.

Nah dibawah ini adalah skematik dari jam yang saya buat. saya gambar menggunakan software eagle pcb berikut juga dengan layout pcb nya.

Pcb ini sedang dicetak. Nanti setelah selesai kalian bisa beli paket nyolder sendiri atau yang sudah jadinya di duwiarsana.com.

Jadi kalian juga bisa bikin sendiri nanti jam digital led matrix nya. Selain untuk membuat jam digital led matrix, alat ini juga nantinya dapat diprogram untuk menjadi sebuah jam sholat digital yang waktunya dapat menyesuaikan sesuai dengan nilai lintang dan bujur yang kamu inputkan.

Untuk Sementara tampilan jam nya seperti pada Foto dibawah ini.

Jam yang saya foto itu menggunakan kontras atau kecerahan yang paling rendah sehingga nampak kurang terang namun masih bisa dilihat dalam ruangan yang terang sekalipun.

Dalam pembelian paket jam digital ini nanti kalian akan dapat :

  • Arduino uno
  • Modul RTC
  • kabel jumper
  • Konverter led matrix
  • kabel led matrix
  • Display Led matrix 16×32

Harga dari paket jam led matrix ini adalah Rp. 290.000

Untuk video ujicoba nya kalian bisa simak video yang sudah saya buat di youtube ini.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Sistem Keamanan Password dan Sidik Jari
views 2862
Security sistem password dan sidik jari kayaknya jadi sebuah project yang sangat menarik kalau diangkat jadi salah satu tugas akhir kamu nih. sebuah s...
Panjerino – Arduino dari Bali
views 882
Sebelum membahas tentang si Panjerino mari kita bercerita ke beberapa bulan lalu. Sebelun adanya Panjerino sebenarnya ada nama lain yang sudah banyak ...
Rangkaian Monitoring Suhu Lewat SMS
views 2904
Membuat alat atau rangkaian monitoring suhu lewat sms ini sebenarnya sudah beberapa tahun lalu saya buat. Alat tersebut dapat menginformasikan suhu ya...
Build a ticketing machine by Arduino
views 501
Creating queuing ticketing machine. What is a ticket? Yup, a ticket, I call it a ticket. It was a paper that we took or given usually used for parking...
Membuat Power Supply Variable
views 4980
Membuat power supply variable saat ini bukan karena saya ingin membuat tutorial, tapi kebetulan karena ada sedikit masalah dengan power supply yang la...
Jam Digital Thermostat
views 509
Ini adalah salah satu produk design dari duwi arsana yaitu "Jam Digital + Thermostat". Judul nya yang sederhana bukan berarti alat yang dihadirkan dis...
Rangkaian Saklar SMS dan Android Baru
views 1641
Halo temen temen, dah lama sekali ga update berita tentang perkembangan project saklar sms nih. Sebelum sebelum nya saya udah pernah buat sebuah proj...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Membuat Power Supply Variable

Membuat power supply variable saat ini bukan karena saya ingin membuat tutorial, tapi kebetulan karena …

2 komentar

  1. gan bisa share coding arduino ny gag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 5 =

info : sms sedang lelet :D