Berita Terbaru

Membuat Mp3 Player Sederhana

Mp3 player adalah sebuah alat yang biasa kita gunakan untuk memutar sebuah file data yang biasanya lagu atau music dengan format .mp3. Beberapa tahun lalu saya pernah juga merakit sebuah mp3 player yang bisa kita gunakan iseng iseng. Mp3 player yang saya buat tersebut selain dapat memutar file mp3 juga dapat memutar suara dari radio, selain itu Mp3 player yang saya buat dulu itu juga bisa saya fungsikan sebagai remote tv yang bisa di pakai untuk semua merk tv seperti pada video dibawah ini. mp3 player tersebut saya buat dengan casing dan pcb yang menjadi satu mengapit sebuah battery 1000mAh yang pada waktu itu sanggup menyala hingga 2 hari penuh tanpa harus mengisi ulang battery. :D siapa yang mau dengerin lagu selama 2 hari ya hehehehe

Di youtube kamu bisa lihat beberapa video saya yang menampilkan bentuk bentuk mp3 player yang saya pernah buat. tinggal ketik mp3 player duwiarsana. Atau langsung aja berlangganan channel youtube duwiarsana, nanti kamu akan dapat info video video terbaru dari saya.

Nah membuat mp3 player sederhana bukan berarti mp3 player yang akan kita buat ini terdiri dari komponen yang sangat sederhana, tetap menggunakan komponen yang kelihatannya rumit namun terbilang sederhana untuk dapat kita rakit sendiri. Dibutuhkan skill solder menegah dan pemrograman yang masih pemula pun dapat membuat project ini. Perlu juga diperhatikan pada coding yang saya share dibawah ini kamu harus mendefinisikan pin mana saja yang akan dihubungkan dari mp3 dekoder ke mikrokontroller.

Project mp3 player sederhana ini akan kita buat dengan 2 buah mikrokontroller. yaitu :

  • Atmega328p
  • VS1053 (mp3 dekoder)

Layout

Layout

Schematic

Schematic

Coding Arduino

Coding Arduino

Karena saya disini dalam pengolahan data mp3 nya menggunakan bantuan dari library adafruit kamu bisa download langsung library arduino untuk mp3 player tersebut disini :

Download Library.

Nah dengan dua ic utama itu kita nanti sudah bisa membaca file mp3 dari sebuah memory micro sd yang terhubung ke mp3 dekoder melalui level converter ic 4050. Sesuai skematik saya diatas tadi kamu bisa membuat ulang layout dari mp3 player sederhana saya ini. Menambahkan tombol kontrol mungkin dan juga terintegrasi dengan amplifier bila kamu ingin.

Dalam penerapan coding diatas tadi, sesuai dengan baris coding  :

maka file yang akan diputar hanyalah file dengan nama track001 pada memory micro SD yang dipasang. untuk dapat memainkan file lainnya kamu bisa bermain dengan nama file tersebut atau buatkan tombol count up dan down untuk dapat mengubah file name yang akan dicari. Akan sangat efisien jika dalam pengembangan project ini seluruh file mp3 yang ada pada memory terlebih dahulu di list atau di daftar dlu sehingga kita dapat memilihnya satu persatu, dan tentunya hal tersebut harus dibantu dengan display seperti sebuah LCD.

Untuk dapat mengeluarkan suara yang cukup keras, pada jalur speadker kamu bisa menghubungkannya ke sebuah rangkaian penguat (amplifier audio) sehingga pada speaker akan terdengar suara yang lebih keras dari sebelumnya.

Layout yang saya tampilkan pada video ini adalah seperti digambar atas. IC mikrokontrollernya saya pakai tipe DIP sedangkan mp3 dekodernya saya pakai yang SMD. Nah kalau pada project ini hanya bisa memutar file mp3 saja, kamu juga bisa sebenarnya membuat yang bisa memainkan radio dengan menambahkan modul radio pada project ini tentunya.

Hasil Pencarian :


Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Cara Cepat Cetak Layout PCB
views 6561
Goyang geyong goyang geyong..... mungkin kalau ga banyak bicara saya bisa mencetak layout pada papan PCB kurang dari dua menit tanpa cacat jalur terpu...
Turn On Lamp by Arduino, Bluetooth and Android Pho...
views 1170
After long time of making its application for android mobile phone, finally the video on how to use it could be produce.This is a device that can be u...
Cara Unlock iCloud iPhone
views 239900
iPhone, siapa sih sekarang yang ga tau. Hape dengan logo apel digigit yang mahal. Harga 1 iphone bisa sampe 1 harga motor bebek. Design nya menarik me...
Cara Membuka Casing Iphone
views 5232
Ini artikel saya tulis, tapi kayanya cara buka casing iphone sudah pernah saya posting di blog saya dulu dulu sekali di dewataelektronik.com. Atau mun...
Modul Belajar Mikrokontroller Panjerino
views 1362
Kamu mau belajar mikrokontroller tapi bingung harus mulai dari mana? mungkin bingung juga apa yang harus dibeli? Saat saya masih SMK, saya juga pernah...
Display LED Portable
views 1665
Untuk video demo nya silahkan cek dibawah ini : https://www.youtube.com/watch?v=4xPPwPX5kb0
Cara mendapatkan file Hex dari Arduino
views 6015
Untuk kamu yang bermain dengan mikrokontroller arduino tapi tidak mempunyai arduino tentunya kamu sudah tau kamu dapat membuat rangkaian secara simula...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Cara Menghilangkan Garis Pada Layar LCD

Yang namanya garis, atau bergaris pada layar sebuah LCD, Mau itu layar laptop, layar TV …

13 komentar

  1. kk, bisa pake selain arduino gak niehh?

  2. bisa yang penting tau komunikasi nya aja

  3. om mo nanya utk library setelah didownload diapain, apakah dijadiin satu dengan coding arduino ??, trus klo kita pakai keypad utk bunyi music yg berbeda bisa ga om, mohon pencerahannya

  4. saya mo bikin ta, pakai keypad, tiap tombol music berbeda, dan menggunaka lcd graphic utk tampliannya.

  5. mas klo untuk buat remotnya mas yang multi bisa share codingnya ato ada linknya?

  6. wah ngawur ente ngerjain di kfc. hahahahay.

  7. Mas apakah bisa pesan modul mp3 yang menggunakan mikrokontroler arduino nano/pro mini .?

  8. Adhi bintang jambi

    Mas Dwi, minta nomer contactnya wa/hp/pin bbm ya…trims

  9. Saya tertarik dengan remote yg ada di KFC itu, apa boleh dibeli bli Duwi ??
    klo boleh berapaan ya?
    makasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 7 =