Membuat Mp3 Player   Duwi Arsana | Duwi Arsana

Membuat Mp3 Player

Oktober 2nd, 2012 31 Suara

Dulu sekali, saya ingat saat masih duduk di bangku sekolah dasar saya dan teman teman sekelas bertamasya ke kebun raya di Bedugul. Disana kami bertamasya menikmati pemandangan alam yang sangat indah dengan pakaian dan gaya terbaik kami masing masing kala itu. Berpenampilan sekeren mungkin dan menenteng sebuah walkman tape kemana mana untuk mendengar lagu dari band pujaan. Dengan gaya yang sekeren  itu, padahal proses perjalanan di bis hingga sampai ke lokasi itu membuat beberapa dari kami uring uringan dan muntah muntah di dalam bis. :D tapi tetep menjaga ke-kerenan dengan menenteng walkman melewati pada siswi perempuan dan menawarkan untuk mendengarkan bersama. bermodalkan batterai segepok dikantong untuk cadangan sehari full itu sudah cukup, cukup berat dan merepotkan diri sendiri hehehe. Walkman di waktu itu sangatlah populer, banyak orang yang berusaha untuk memilikinya dan memakainya setiap saat dengan menghabiskan beberapa butir batterai. Wah ga efisien banget ya. Dengan ukuran nya yang juga lumayan besar tentunya jika dibandingkan dengan jaman sekarang sangatlah tidak efisien. Tentunya dengan ada nya mp3 player yang mampu menampung ribuan lagu dalam sebuah kotak kecil sangatlah berbeda jauh dengan walkman yang hanya dapat memutar beberapa lagu dan hanya beberapa jam saja.

Iseng iseng saya membongkar sebuah mp3 player yang berisikan radio fm. didalam nya terlihat terdapat beberapa buah ic yag saya ketahui salah satunya adalah ic fm receiver (karna pernah lihat di sparkfun).  dan ada juga beberapa ic yang tipe nya ga kelihatan.

Hobi punya hobi mencari barang bekas di loakan, akhirnya saya menemukan sebuah mp3 player dengan IC yang terlihat tipe nya. Timbul ide untuk membuatkan pcb baru untuk mp3 player loakan tersebut. Mencari datasheet lalu menggambar layout akhirnya jadi. Namun memang nasib sial ternyata ic tersebut ga nyala atau memang rangkaian yang dibuat salah.

Libur satu minggu dengan proyek mp3 player akhirnya saya lanjutkan lagi mencari mp3 murah meriah lainnya yang dapet harga 25ribu. ternyata ic nya ga isi tulisan lagi, tapi susunan kakinya sama persis dan komponen nya ada beberapa yang mirip. akhirnya saya pasangkan dan …..

saya harus bilang WOOOW GITU? (iklan di tv)

ya menyala, dan langsung saja saya buatin pcb barunya seperti dibawah ini.

Ya sesuai dengan slogan blog saya. make n mod, walaupun ga nemu ic mp3 decoder (karna harganya mahal banget, nemu 350rbu) akhirnya nyomot disana sini akhirnya jadi seperti dibawah ini

Dan setelah jadi langsung saya ujicoba di sound sistem saya, headset pun bisa bertahan memutar lagu selama 4 jam tanpa henti.

Share Button

Incoming search terms:

Rp 120.000 USBASP 2840P MURAH

Berikan komentar disini:


tiga × 5 =

Owner

Anak Agung Duwi Arsana


Sms : 08970869443


Peta Duwiarsana.com

Produk Laris

USBASP MINI

Transfer Pembayaran :

BCA MANDIRI BNI BII OCBC NISP
Menarik untuk dibacaclose