Berita Terbaru

Membuat Power Supply Variable

Membuat power supply variable saat ini bukan karena saya ingin membuat tutorial, tapi kebetulan karena ada sedikit masalah dengan power supply yang lama saya hehehe.

Beberapa minggu lalu saya mengalami musibah. Power supply variable yang saya buat sebelum nya, ga sengaja positif dan negatif outnya terhubung jadi satu sehingga bikin power supply nya hangus terbakar.

Semenjak itu ada sekitar 2 minggu saya kesulitan untuk melakukan service elektronika, karena sumber tegangan yang bisa diatu atur sudah ga ada.

Karena dalam service TV misalnya, untuk dapat mengecek LED backlight pada tv led saja kita perlu tegangan 3v, 6v, atau lebih.

Tegangan 3v sendiri kita akan sulit untuk mendapatkan sumber tegangan 3v dari sebuah adaptor biasa kecuali menggunakan adaptor atau power supply variable yang saya buat sebelum nya.

Jika kalian ingin tau apa maksud saya mengecek led pada backlight tv led silahkan cek pada video yang sudah saya buat di link dibawah ini.

Nah kalau sebelum nya saya menggunakan casing dari sebuah solder station untuk membuat power supply variable, sekarang saya menggunakan sebuah adaptor laptop langsung sebagai power supply variable itu sendiri.

Adapun barang barang yang diperlukan adalah :

  • Power supply laptop bekas
  • Regulator switching variable
  • Digital display volt ampere
  • konektor
  • Lem dan perekat double tape

Nah pemasangan nya sendiri sangat lah sederhana, karena saya hanya perlu mengikuti petunjuk perkabelan yang ada untuk digital display nya saja.

Tegangan keluar dari adaptor laptop itu masuk ke input regulator switching dulu, yang kemudian barulah tegangan nya di display masuk ke volt ampere. pemasangan kabel out menuju beban juga perlu diperhatikan agar arus dapat terbaca dengan benar.

Selain menggunakan power supply laptop kalian juga bisa menggunakan power supply atau adaptor apapun sehingga tegangan maksimum yang dihasilkan akan mengikuti dari adaptor yang kalian pakai. seperti saya, menggunakan adaptor laptop 19v maka tegangan maksimum yang didapat berkisar 18.5v.

Hasil Pencarian :


Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Jam digital Gratis
views 552
Jam digital gratis ini boleh untuk siapa saja. Bulan november sudah mau habis di tahun ini, dan saat nya duwiarsana.com akan membagikan Jam digital 6 ...
Membuat Tv Ukuran Super Mini
views 23324
Televisi atau tv sudah merupakan barang primer tentunya dikalangan kita semua. tentunya setiap rumah sekarang sudah hampir dipastikan memeiliki tv, wa...
Thermostat Digital Mesin Penetas Telur
views 9794
Apa itu thermostat? Thermostat itu alat yang dipakai untuk menjaga kestabilan suhu suatu ruangan atau benda, atau apapun yang suhunya ingin dijaga tet...
Mesin TV LCD LED Universal
views 2386
Paket yang ada dalam pembelian produk ini adalah : Remote Mainboard universal Untuk dapat membuat sebuah tv dengan mainboard tv universal ini k...
Memperbaiki Layar Laptop Yang Mati
views 3147
Waktu itu saya mendapatkan sebuah service an sebuah laptop. Tumben nih dapet service an laptop, biasanya tv terus yang masuk gara gara sering upload t...
Cara mendapatkan file Hex dari Arduino
views 6015
Untuk kamu yang bermain dengan mikrokontroller arduino tapi tidak mempunyai arduino tentunya kamu sudah tau kamu dapat membuat rangkaian secara simula...
How to Make a Big Seven Segment
views 756
Sevent segment, who doesn’t know this, for you who are hobby or maybe your job is in the field of electronics. For ordinary people, even though they d...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Membuat Display Mata Uang Asing Update Otomatis

Kamu tau kan display mata uang yang sekarang mulai sering kita lihat, baik itu dipinggir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 2 =