Berita Terbaru

Membuat Power Supply Variable

Membuat power supply variable saat ini bukan karena saya ingin membuat tutorial, tapi kebetulan karena ada sedikit masalah dengan power supply yang lama saya hehehe.

Beberapa minggu lalu saya mengalami musibah. Power supply variable yang saya buat sebelum nya, ga sengaja positif dan negatif outnya terhubung jadi satu sehingga bikin power supply nya hangus terbakar.

Semenjak itu ada sekitar 2 minggu saya kesulitan untuk melakukan service elektronika, karena sumber tegangan yang bisa diatu atur sudah ga ada.

Karena dalam service TV misalnya, untuk dapat mengecek LED backlight pada tv led saja kita perlu tegangan 3v, 6v, atau lebih.

Tegangan 3v sendiri kita akan sulit untuk mendapatkan sumber tegangan 3v dari sebuah adaptor biasa kecuali menggunakan adaptor atau power supply variable yang saya buat sebelum nya.

Jika kalian ingin tau apa maksud saya mengecek led pada backlight tv led silahkan cek pada video yang sudah saya buat di link dibawah ini.

Nah kalau sebelum nya saya menggunakan casing dari sebuah solder station untuk membuat power supply variable, sekarang saya menggunakan sebuah adaptor laptop langsung sebagai power supply variable itu sendiri.

Adapun barang barang yang diperlukan adalah :

  • Power supply laptop bekas
  • Regulator switching variable
  • Digital display volt ampere
  • konektor
  • Lem dan perekat double tape

Nah pemasangan nya sendiri sangat lah sederhana, karena saya hanya perlu mengikuti petunjuk perkabelan yang ada untuk digital display nya saja.

Tegangan keluar dari adaptor laptop itu masuk ke input regulator switching dulu, yang kemudian barulah tegangan nya di display masuk ke volt ampere. pemasangan kabel out menuju beban juga perlu diperhatikan agar arus dapat terbaca dengan benar.

Selain menggunakan power supply laptop kalian juga bisa menggunakan power supply atau adaptor apapun sehingga tegangan maksimum yang dihasilkan akan mengikuti dari adaptor yang kalian pakai. seperti saya, menggunakan adaptor laptop 19v maka tegangan maksimum yang didapat berkisar 18.5v.

Berikan komentar kamu :

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Kipas Tulisan LED
views 101
Display led dalam bentuk kipas yang tulisan nya dapat kita ubah menggunakan software khusus seperti pada video dibawah ini. https://www.youtube.com...
Membuat Papan Skor Futsal Sederhana
views 5243
Papan skor, apa itu papan skor? itu lo papan yang ada angka nya dan menyala yang biasanya menunjukkan angka skor atau poin dalam sebuah pertandingan. ...
Skematik ESR Meter
views 3483
Esr Meter, Beberapa minggu lalu duwiarsana.com pernah mengeluarkan sebuah alat yang bernama komponen tester pada artikel disini. Komponen tester terse...
Memperbaiki Power Supply TV LED
views 848
Waktu itu saya menerima sebuah service an power supply sebuah tv led. Tidak dengan tv tidak juga dengan mesin tv nya, hanya sebuah power supply saja ...
Apa itu E-Ink E-paper?
views 324
Kamu pernah dengar ga istilah e-ink? atau mungkin sebelum kesana tentunya kamu sudah pernah dengar dong yang namanya e-book?, ya itu adalah istilah un...
Timer Delphi Mikrokontroller
views 296
Timer dengan menggunakan delphi sebagai interface dan juga mikrokontroller sebagai alat pengendali akhir tentunya sudah ada yang pernah membuatnya, na...
Menyalakan Lampu dengan Android
views 1945
Menyalakan lampu dengan android? berarti kita dapat mengendalikan seluruh kelistrikan rumah juga, yang berbeda hanyalah beban nya saja. Pada artikel s...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

unggul

Project Smart Home Android Arduino

Kalau membahas tentang Project Smart Home Android Arduino, sebenarnya alat yang akan saya bahas disini …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one + 10 =