Membuat Tv dari LCD Laptop | Duwi Arsana

Membuat Tv dari LCD Laptop

Juli 27th, 2012 19 Comments

Bulan lalu sepulang dari saya kerja dan membeli beberapa komponen kebutuhan di bengkel saya ternyata ada paket bungkusan yang dititipkan di tetangga dan diperuntukkan untuk saya. Katanya titipan dari pak rudy nusa dua. Setelah saya lihat ternyata didalam nya berisikan beberapa mainboard bekas dan juga panel lcd laptop dengan merk zyrex.

Setelah saya konfirmasi ke pak rudy ternyata memang benar telah menitipkan ke tetangga saya yang di berikan kepada saya. melihat adanya lcd panel saya ingat dengan project saya beberapa tahun lalu yang mengganti backlight dengan led dan juga mengubah lcd laptop menjadi lcd monitor. langsung saja saya mengambil mainboard lvds bekas yang saya miliki tinggal satu dan merencanakan tata letak komponen tersebut pada lcd laptop yang saya dapat tersebut.

karena lcd laptop juga memerlukan sumber tegangan baik itu panel nya maupun untuk inverter backlight nya maka saya putuskan untuk menggunakan power supply dvd player dengan alasan tegangan keluar ada 2 yaitu 5 volt dan 12 v yang cocok sekali untuk project tv lcd laptop ini. selain itu juga dengan alasan murah, saya membeli power supply dvd player ini seharga 25ribu di denpasar bali.

Hal pertama yang saya lakukan dalam mengerjakan project ini adalah membongkar lcd tersebut untuk memisahkan kabel kabel yang tidak perlu.

Setelah itu perhatikan pin pin terbuka yang ada didekat konektor kabel flexyble. itu merupakan kabel inti yang akan digunakan biasanya terdiri dari 8 pin dan positif negatif tetap kita berikan.

lalu saya mencoba untuk menghubungkan panel lcd tersebut ke board lvds yang saya miliki.

Dibawah ini adalah posisi dari semua board yang saya gunakan dalam pembuatan project ini. dan kabel yang telah saya jumper berada pada bagian bawah board lvds.

Nah untuk lebih jelas nya hasil dari oprekan yang saya lakukan silakan lihat video dibawah ini bahwa bukti project ini sukses :)

Share Button

Incoming search terms:

 

19 Comments to “Membuat Tv dari LCD Laptop”

  1. Muhammad Ayyub mengatakan:

    Keren nih mas…bisa minta dikirim detailnya ga mas,,,mulai dr hubunginnya mesti ke pin mana,,,trus tu boardx lvds macam apa tu mas? pokok e detailnya smua mas,,,mw ngisi liburan,,, alnya aku punya 3 lcd laptop nganggur mas…

    thanks sblumnya mas…

    salam sukses…

  2. Danil mengatakan:

    wah… Keren bgt tu mas. Sgt inovatif, membuka wawasan kalau barang elektronik rusak belum tentu jadi sampah.
    Buktinya bisa dimanfaatkan.

    Btw ni mas, kit lvds itu apa sih mas?
    kebetulan ni saya ada laptop nganggur yg rusak.
    Skalian nanya jg mas, kalau motherboard laptop, tepatnya salah satu ic”sepertinya ic northbrige” yang rusak, bisa dicari dmn ya mas?

  3. Mus Bae mengatakan:

    mantappp buanget masss, tapi beli bord LVDSnya dmn y, biasanya bord tersebut digunakan untuk ap sj mas

  4. Anadrep Aygoy mengatakan:

    Bli Duwi Arsana, itu LVDS nya yg dpakai, bekas LCD monitor apa ya ???

  5. Anonymous mengatakan:

    Mas gambarnya koq gak keluar/tampil sich, untuk koneksi2 kabelnya…?

  6. Andha Chazym mengatakan:

    wah iya mas board lvds tu apa bis apake lvds sembarang aja ya n , bisa gak kita buat pake mikrokontroler , banyak lcd laptop nganggur nih mas , dan kebetulan saya punya pc tapi gak punya monitor hiksssssss

  7. Akmaludin Agustian mengatakan:

    maaf mas, saya masih gk mudeng. kalo bisa lebih mendetail lagi. terima kasih :)

  8. Kanak Pacu mengatakan:

    mas. pakek tv combo nyambungx atau pkek mesin tv…?

  9. mubaroki mengatakan:

    gan, ane tertarik banget nih dengan experiment agan. Itu alat yang dibutuhkan apa aja namanya? ane kurang jelas ketika melihat videonya?
    Atau agan juga jual alatnya itu ya? kalau ada boleh gak ane dirangkain nanti ane ganti harga perangkaian dan ongkos kirim ketempat ane, ane nanti dirumah tinggal colokin ke LCD bekas acer 4730z ane. Terima kasih gan, kalau bisa balas via email ane ya.

Berikan komentar disini:


sembilan + = 15

Owner

Anak Agung Duwi Arsana


Sms : 08970869443


Menarik untuk dibacaclose