Berita Terbaru

Memperbaiki Charger Laptop

Charger laptop yang rusak pasti aja aga bikin kita kesel, gimana ngga harga nya yang lumayan tinggi buat kita pikir pikir untuk beli yang baru.

Kalau kamu pernah ngalamin nya, dan kamu pernah beli charger laptop yang seharga 150rb kebawah, itu biasanya adalah charger laptop dengan kualitas yang sangat buruk. Saya berani bilang begitu karena saya sering bongkar dan juga mengalami sendiri.

Kenapa charger yang murah itu saya katakan kualitas nya buruk?

Padahal kalau kita ukur tegangan yang digasilkan oleh charger laptop murah itu sama persis. Casing nya juga mantap. Namun ada satu parameter yang tidak bisa kita ukur dengan alat ukur biasa, yaitu kemurnian arus DC yang dihasilkan.

Kebanyakan charger laptop yang murah murah memuliki rangkaian regulator tegangan yang hanya asal asalan saja, ya asal DC saja. Namun saat diberikan beban maka tegangan DC tersebut akan sangat tidak stabil atau akan menghasilkan arus DC yang bergelombang, biasa disebut dengan tegangan ripple.

Tentu saja hal seperti ini tidak bisa kamu ketahui, apalagi yang sangat awam di kelistrikan. Karena tegangan ripple ini hanya bisa kita lihat pada alat yang dinamakan OSCILOSCOPE.

Apakah tegangan DC yang tidak stabil atau tegangan ripple ini berbahaya? tentu saja, tegangan yang ga stabil ini bisa dengan cepat merusak mainboard laptop kamu.

Beberapa minggu lalu saya ada pengalaman membeli sebuah charger ACER murah seharga 80rb online. Rencananya saya gunakan untuk menyalakan monitor LCD saya yang kebetulan tegangan nya sama 19v. Namun setelah dinyalakan ternyata gambar yang dihasilkan pada layar monitor sangat hancur seperti ada yang rusak.

Saya mengira monitornya yang memang rusak, eh tapi pas saya coba nyalakan pakai charger acer yang asli malah gambar nya normal dan mulus. dan setelah saya cek charger murah tadi dengan osciloscope ternyata tegangan nya ga stabil dan itu yang menyebabkan gambar nya aneh.

Tapi apakah charger yang lebih mahal akan menjamin kualitasnya?

Belum tentu :D karena ada juga beberapa kasus charger mahal kulaitas nya buruk. kalo ini sih memang dagang nya yang naikin harga wkwkwk.

Lebih aman memang charger asli kita kalau rusak diperbaiki aja. itu lebih aman.

Kerusakan kerusakan charger sebenarnya tergolong sedikit. Jadi ada beberapa kerusakan charger yang umum sekali dialami oleh temen temen yang memperbaiki charger ke bengkel saya, diantaranya :

  • Charger kabel nya putus
  • Lampu indikator menyala tapi tidak mau mengisi tegangan ke laptop
  • Mati total

Nah dari ketiga masalah itu, masalah pertama dan kedua adalah kerusakan yang sama, hanya saja kerusakan charger yang lampu indikatornya menyala tapi ga mau nge charge itu putus kabel nya di dalem, karena ga kelihatan.

Putus nya kabel charge ini sebagian besar disebabkan oleh salah nya cara kita menggulung kabel charger yang mengakibatkan kabel menjadi patah. Atau memang kabel nya putus terkena benda benda lain.

Kalau mati total biasanya itu disebabkan oleh adanya konslet didalam charger itu sendiri. Kalau bahasa teknisinya, biasanya ada dioda short, mosfet mati, fuse putus dan sebagainya.

Seperti pada video saya dibawah ini memperbaiki charger dengan sangat mudah yang bisa kalian ikuti.

Jadi kalau kita bisa memperbaiki charger laptop sendiri kenapa harus beli yang baru?

Hasil Pencarian :


Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Halo Keypad LCD
views 1700
Keypad, yaitu tombol tombol yang berisi angka angka yang pastinya akan saya pencet. :D keypad banyak sekali fungsi dan kegunaan nya, paling sering say...
Ini cara Copy Mikrokontroller
views 7906
Punya sebuah peralatan mikrokontroller bagi yang senang dengan dunia elektronik mikrokontroller, tentunya menjadi sebuah mainan yang ga akan habisnya ...
Membuat Mp3 Player Sederhana
views 8963
Mp3 player adalah sebuah alat yang biasa kita gunakan untuk memutar sebuah file data yang biasanya lagu atau music dengan format .mp3. Beberapa tahun ...
Cara menyolder LED SMD super kecil
views 9185
Menyolder merukapan hal biasa buat kamu yang memang bergelut dibidang elektronika dan listrik. Saya sendiri hampir tiap hari menyolder dari kaki kompo...
Membuat Game Flappy Bird
views 856
Iseng browsing browsing tentang cara membuat game android, ketemu dengan sebuah blog yang isinya tutorial membuat game flappy bird dari awal sampai se...
Cara Menggunakan Memory Micro SD di Arduino
views 4719
Bagaimana sih menggunakan memory micro SD di arduino? Untuk kamu yang lagi belajar mikrokontroller berbasis arduino tentunya sedang asik asiknya ber e...
Memperbaiki Layar Laptop Yang Mati
views 2762
Waktu itu saya mendapatkan sebuah service an sebuah laptop. Tumben nih dapet service an laptop, biasanya tv terus yang masuk gara gara sering upload t...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Cara Menghilangkan Garis Pada Layar LCD

Yang namanya garis, atau bergaris pada layar sebuah LCD, Mau itu layar laptop, layar TV …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − nine =