Berita Terbaru

Memperbaiki Layar Laptop Yang Mati

Waktu itu saya mendapatkan sebuah service an sebuah laptop. Tumben nih dapet service an laptop, biasanya tv terus yang masuk gara gara sering upload tutorial service tv di channel youtube saya.

Kerusakan dari laptop yang saya terima itu adalah layar nya yang tidak tampil. Pemilik laptop itu sendiri mengatakan kalau layar laptop nya mati tapi kalau menggunakan monitor external tampilan nya akan muncul normal.

Nah kondisi layar laptop yang mati seperti itu tentunya berarti mesin atau motherboard nya tidak bermasalah karena masih mampu menampilkan gambar pada monitor external.

Kerusakan seperti ini biasanya disebabkan oleh 2 kemungkinan. pertama bisa saja memang layar nya yang rusak atau hanya lampu backlight nya yang mati.

Untuk mengetahui kerusakan yang sedang kita hadapi seperti apa, kamu bisa melakukan sedikit tes sederhana pada layar laptop tersebut. Caranya adalah dengan memberikan cahaya pada layar laptop saat kamu menyalakan nya. bisa menggunakan senter atau lampu dari handphone kamu.

Biasanya jika yang rusak adalah backlight maka kamu akan melihat gambar yang nampak samar samar. tapi jika tidak nampak maka kemungkinan layar laptop tersebut sudah rusak secara keseluruhan.

Nah kalau backlight mati bagaimana kita memperbaikinya?

Untuk jenis backlight layar laptop sendiri ada dua jenis yang ada saat ini. yaitu menggunakan led dan juga ada yang masih menggunakan lampu cfl. jika tipe layar laptop kamu adalah LCD maka dipastikan pencahayaan atau lampu nya menggunakan tipe CFL, tapi jika jenis nya LED maka akan ada deretan led didalam layar laptop kamu.

Untuk tipe LCD, alat yang digunakan untuk menyalakan lampu cfl adalah inverter, sedangkan tipe led menggunakan rangkaian yang disebut boost converter.

Perbedaan dari keduanya ini adalah pada tegangan nya, pada layar lcd tegangan out untuk backlight nya adalah tegangan tinggi, sedangkan tipe led jauh lebih rendah.

Tidak menyalanya lampu backlight pada lcd maupun led bisa terletak pada kondisi inverter dan boost yang ada. karena jika rangkaian ini bermasalah maka cahaya pada layar tidak akan menyala sempurna atau bahkan mati total.

Menurut pengalaman saya, pada rangkaian inverter (untuk layar lcd) yang sering membuat matinya rangkaian inverter adalah sebuah capacitor yang short sehingga secara bersamaat akan membuat fuse smd putus. Biasanya dengan mengganti capacitor yang short ini dan menyambung fuse kembali akan memperbaiki masalah matinya inverter ini.

Namun pada rangkaian boost (pada layar led) ada banyak kemungkinan yang ada, seperti tegangan keluar yang tidak sesuai dengan keperluan, tegangan yang tidak stabil atau bahkan tegangan tidak muncul sama sekali walaupun tegangan input normal.

namun kali ini pada kasus yang saya alami malah saya mendapati kasus yang sama pada sebuah display led yang kerusakan nya hampir sama dengan display lcd, yaitu capacitor yang short.

Penanganan yang sama bisa menyelesaikan masalah ini seperti pada video yang sudah saya buat berikut ini.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Membuat kulkas sederhana
views 24395
Kulkas atau nama lain nya adalah lemari pendingin (cool case) adalah sebuah benda yang sejuk di dalam dan keras diluar :D ga nyambung kale. mungkin un...
Rakit Sendiri Jam Digital mu
views 6733
Jam digital merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk penunjuk waktu. Ada banyak jenis jam yang dijual dipasaran dari mulai jam yang digital...
Cara Membuka Casing Charger
views 13741
Charger, sebuah alat yang sangat kita perlukan saat ini, dijaman ini. Fenomena charger sekarang sebenarnya sudah hampir dikalahkan oleh fenomena power...
Memutar File Mp3 Dengan Mikrokontroller
views 1815
Mp3 player atau alat pemutar file mp3 saat ini mungkin sudah merupakan sebuah gadget yang sangat lumrah di pasaran. Atau mungkin alat tersebut sudah m...
Membuat Thermometer Delphi
views 1205
Nah pada kesempatan kali ini mari kita belajar membuat program pada delphi untuk menampilkan suhu di layar monitor dengan aplikasi yang kita akan buat...
Membuat Alarm Maling Sederhana
views 5810
Alarm maling, membuat sebuah alarm maling tidaklah terlalu sulit kalau hanya sekedar mengaktifkan suatu alat saat ada kejadian tertentu. Maling memang...
Mengganti Komponen SMD Mesin TV
views 1440
Cerita tentang service televisi, beda dulu beda dengan sekarang. Dulu itu saya sering kali dapet service an tv tabung dari 14 inch sampai 29 inch. P...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Jumper LCD TV Yang Mati Bergaris

TV LCD yang rusaknya bergaris garis blank, tidak ada gambar tentunya akan dianggap sudah rusak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × two =