Berita Terbaru

Modifikasi LCD Laptop ke LCD Komputer

Modifikasi lcd laptop menjadi lcd monitor, memang sangat langka kita temukan di kenyataan dan memang sangat sulit kita dapatkan ada orang yang berhasil. Untuk kamu yang bekerja sebagai service laptop, biasanya jika mendapatkan kerusakan pada motherboard laptop dan memang benar benar tidak bisa diperbaiki, tentunya panel lcd pada laptop tersebut biasanya menjadi bahan kanibal untuk laptop lainnya sehingga ada nilai jual nya.

Namun bagaimana jika laptop yang kamu punya dan rusak motherboard tersebut adalah laptop jadul yang tidak akan mungkin LCDnya dijual untuk bahan kanibalan laptop lain? tentunya lcd panel laptop tersebut akan nongkrong begitu aja di ruang service kamu.

Sama seperti hal nya saya, saya saat ini memiliki dua buah lcd panel laptop yang nganggur di bengkel saya. sampai suatu saat ada seabrek service an lcd monitor dirumah dan kesemuanya saya bongkar sekaligus. Saya perhatikan secara seksama semua mainboard controll yang digunakan, semua nya hampir sama dan hanya ukuran nya saja yang berbeda.

dari sana saya berfikir untuk menyamakan lcd panel laptop dengan lcd panel monitor PC. jika kita lihat pada lcd panel apapun, banyak terdapat kabel yang menghubungkan antara mainboard controll dan lcd panel. sebenarnya lcd panel hanya memerlukan beberapa buah kabel saja rx + dan -, mengapa bisa?

pada lcd panel transfer data yang dilakukan antara mainboard controll dan panel memakai sistem low voltage differential signaling yang memungkinkan data terkirim melalui kabel tembaga yang dililit berpasangan dengan kecepatan yang sangat tinggi.

nah saat ini project modifikasi tersebut sedang saya lakukan dan semuga dalam beberapa hari lagi artikel nya sudah mengudara di blog saya ini. Mohon ditunggu update nya.

UPDATE!! 25 MEI

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Akhirnya Kami Mengambil Skripsi
views 109
Kuliah kami sudah hampir empat tahun di STIKOM - BALI yang terletak di jalan NITI Mandala Renon Denpasar. Dengan menempuh perjalanan kuliah yang begit...
Sensor Suhu dan Kelembaban
views 978
Kelembaban dan suhu merupakan dua elemen yang saling berkaitan. Dalam keseharian kita sering kali mengabaikan untuk ingin mengetahui kedua elemen ters...
Similikiti Project
views 1560
Similikiti Project, apaan sih tu? kok aneh banget namanya. Ya itu adalah salah satu perangkat elektronika yang saya buat sendiri. Similikiti project m...
Merakit LED MATRIX
views 2573
Led matrix (led yang tersusun matrix) atau sering disebut running text banyak sekali sudah digunakan untuk keperluan promosi dan iklan. Ada berbagai u...
Terbang Melawan Angin Di Lapangan Renon Denpasar
views 2059
Jam terbang saya mulai tidak padat akhir akhir ini karena jam solder saya lebih padat :D. Beberapa minggu lalu mungkin kamera yang terpasang di quadco...
Memperbaiki TV LCD Rusak Bergaris
views 152718
Lusa lalu teman saya si mely kerumah bawain tv LCD nya yang rusak, malem malem nih si mely bawainnya ke rumah. Pas tak idupin ternyata layarnya ga isi...
Led Matrix Berwarna tampilkan Foto
views 1307
Sudah saatnya beralih ke iklan digital pinggiran jalan. ya, itu si led matrix yang bersinar terang dengan warnanya yang beraneka ragam. Beberapa bula...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Cara Menghilangkan Garis Pada Layar LCD

Yang namanya garis, atau bergaris pada layar sebuah LCD, Mau itu layar laptop, layar TV …

45 komentar

  1. ditunggu updatenya masbro.

  2. ditunggu tutorialnya……………

  3. Daniel Ari Wicaksono

    semua menanti updatetannya kk…
    jika kk membagi ilmu ini saya jamin hidup kk tidak akan kesusahan karna kk telah membagi ilmu yang sangat berguna…

  4. ditunggu update nya mas, saya tertarik pengen coba juga. kebetulan ada laptop rusak nganggur

  5. mas,
    beli lcd controllernya dimana?
    thank you

  6. kok sampe sekarang blm ad kelanjutannya mas

  7. info bagus mas, alat apa aja yg diperlukan? bisa dipos ato kirim email tutornya gak? makasih banget.

  8. Bli, kalau cara menyambungkan laptop ke monitor komputer langsung dari inverter bisa nggak ya ?

    Trims

    • arti langsung dari inverter itu bagai mana? kalau laptop memang sudah ada vga out nya untuk ke monitor external

  9. salam kenal mas,bbrp waktu nyari yg kaya gini baru ketemu disini.ikutan nunggu tutornya mas.terimakasih

  10. kang, biar inverter jadi port vga gmana caranya?
    tlong krimin ke email saya y ..
    trims ..

    • inverter tegangan tinggi maksudnya? itu input nya hanya tegangan saja. untuk LVDS baru terdapat inputan VGA

  11. Muhammad Ayyub

    Mas, lengkapnya ada gak mas? cara nyambung inverter n ke port vgax gmn mas?

    Thanks.

    • lengkapnya belum bikin nih.. yang penting data + dan – nya tidak terbalik saja mas. sesuai warna kabel, yang ada guratan biasanya data –

  12. mas, input inverternya diberi tegangan brp aja biar inverternya bisa nyala ????
    ada gk mas skemanya ??????

    • bisa pakai 9volt minimal, yang terpenting pin on off nya dipasang ke main board nya. kalau tidak dipasang tidak akan menyala walau sudah diberi power supply

  13. klo lcd x baru kan…..lampuxa g da inventerx jdi gmn gan.???

  14. itu cara bikin main boar buat sambungan ke pc nya gimana ya mas.

  15. mas, aku punya netbook acer aspire one yg mati total tinggal LCDnya yg msh bisa digunakan.aku juga punya tv tuner, bisa g ya digabungin biar jd tv gt, trims infonya

  16. di mana beli main board lvds nya mas, (converter nya).

  17. mas, sy punya lcd laptop compaq cq 41 mau sy jadikn tv.
    tp masih bingung cara hubungkan lcd dg mainbord lvds dan pwer suplay.nya..
    trus apakh smua jnis tv tunner bisa d gunakan ( tv tuner sy punya untuk monitor tabung)..
    terimah kasih

  18. mas, alatnya buat jadiin lcd laptop jadi monitor pc di jual gk mas? saya tertarik tapi tidak bisa membuatnya.

  19. Bos detailnya donk…

  20. bli, sya punya lcd bekas laptop , tapi dulu pas dinyalain sama laptopnya hasilnya tampilan gulung-gulung, kira-kira masih bisa dimanfaatin ga ya ?

  21. asalamualaikum, mantap jga tuh bos gimana toturialnya udah keluar belum??

  22. Duwi Arsana modal berapa mas??

  23. Saya ada axioo neon bne nanggur mas, caranya gimana ubah lcdnya jadi monitor???

  24. Mas,,, Kabel2 di hubungin kemana ya? kok saya kurang jelas… mungkin ada linkny yng lain?

  25. bro Agung saya mau tanya nh klo LCD AXIOO PICO M111O bisa gak di jadikan monitor n caranya gimana,trim

  26. maas kalo lcd notebooknya rusak, kalau membuat kabel ke lcd laptopnya menjadi colokan vga bisa ndak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + eighteen =