Berita Terbaru

Modul Belajar Mikrokontroller Panjerino

Kamu mau belajar mikrokontroller tapi bingung harus mulai dari mana? mungkin bingung juga apa yang harus dibeli? Saat saya masih SMK, saya juga pernah punya perasaan ingin sekali belajar tentang mikrokontroller. Tapi perasaan itu rasanya terhendi dengan perasaan lainnya yang menghantui dan bergelayut di kepala saya. “apa pertama yang harus dilakukan” itu mungkin kata kata yang sama yang kamu rasakan pas mau belajar mikrokontroller.

Ga tau harus berbuat ada dan apa yang dibeli, sampai sampai banyak saya mendownload rangkaian yang bagus bagus di internet tanpa tau itu bisa menyala apa engga. Tentunya kalau kita tau, pastilah rangkaian mikrokontroller itu tidak bisa menyala kalau tidak di program. Akhirnya saya membeli buku pemrograman mikrokontroller dan saya baca baca.

Untuk kamu yang pernah membeli buku pemrograman mikrokontroller mungkin pernah mengalami hal yang sama seperti saya, yaitu masalah dengan pembuatan hardwarenya. Ya, saya dulu karena bingung membuat hardwarenya akhirnya malas melanjutkan karena selalu gagal.

Mungkin saya bisa menyarankan kepada kamu yang ingin belajar tentang mikrokontroller, sebenarnya yang harus dimiliki itu adalah sebuah minimum sistem mikrokontroller. ya, saya sarankan beli yang sudah jadi saja. kenapa demikian? ya dengan adanya modul yang kamu bisa coba langsung tentunya untuk pembuatan hardwarenya sendiri lambat laun kamu akan mengerti dengan sendirinya. Berbeda dengan misalnya kamu terus gagal di pembuatan hardware saja hingga akhirnya stress dan berhenti melanjutkan.

Saya pun dulu begitu, saya beli sebuah minimum sistem dan saya belajar, lalu sampai sekarang saya bisa membuat modul belajar mikrokontroller sendiri. Coba deh kamu perhatikan gambar modul belajar mikrokontroller saya dibawah ini yang berbasiskan panjerino.

Modul belajar yang saya buat diatas tersebut sudah terdapat :

  • LCD 16X2
  • SEVEN SEGMENT 2 DIGIT
  • DOT MATRIX 5X7
  • BUZZER
  • RTC UNTUK JAM DIGITAL DAN KALENDER
  • 8 BUAH TOMBOL
  • 8 BUAH LED INDIKATOR
  • TRIMPOT
  • SENSOR SUHU LM35
  • SENSOR CAHAYA LDR
  • KONVERTER TTL KE RS232
  • DAN JUGA SOCKET EXTERNAL UNTUK SENSOR LAIN

Dengan banyaknya sensor maupun keluaran yang ada di modul saya ini tentunya kamu bisa membuat percobaan dengan sistem yang lebih bervariasi. Selebihnya lagi kamu juga bisa menggabungkan lansgung beberapa sistem tersebut menjadi satu dalam satu modul. Beberapa project yang mungkin bisa dilakukan antara lain :

  • Membuat jam digital
  • Counter up atau down
  • Thermometer,
  • SMS Gateway (modem terpisah)
  • Display angka seven segment
  • Led matrix
  • Kontroll sistem
  • Alarm
  • dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan.

Tidak terlambat untuk memulai sekarang, belajar mikrokontroller bukanlah sebuah pelajaran yang rumit. Ini sangat menyenangkan karena sistem tersebut dapat berinteraksi dengan kita dan dapat berfungsi sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Untuk kamu yang ingin memiliki modul belajar ini, sementara pemesanan dilakukan dengan pre order terlebih dahulu, barulah saya kan mencetak modul belajar ini. maklum ya temen temen kantong saya masih kecil hehee.. salam solder dari Bali.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Saklar SMS 4CH
views 2117
Alat ini mampu digunakan sebagai sistem keamanan rumah yang mampu mendeteksi terbuka nya pintu atau jendela yang dapat kita pantau melalui sms. Dapat ...
Download usb downloader v2
views 935
Terima kasih untuk pembaca setia di duwiarsana.com nih uda sempat mampir di blog mungil ini. pada artikel sebelumnya tentang downloader juga saya pern...
Memperbaiki Power Supply TV LED
views 6216
Waktu itu saya menerima sebuah service an power supply sebuah tv led. Tidak dengan tv tidak juga dengan mesin tv nya, hanya sebuah power supply saja ...
Persiapan Pengrupukan Denpasar
views 95
Jalanan sudah mulai sepi, dengan hanya beberapa kendaraan yang lalu lalang. Banyak toko dan warung warung yang sudah mulai tutup, baik karena upacara ...
Panel Led Matrix Gratis
views 671
Mau Panel led matrix gratis? saya kasi deh gratis 1 panel led matrix. Menyambut ulang tahun web duwiarsana.com yang ke 2 nanti di tanggal 14 Agustus, ...
Monitoring Suhu lewat SMS
views 2256
Monitoring suhu ruangan lewat sms? ya, project ini menggunakan mikrokontroller. Ini adalah salah satu project sederhana yang pernah saya buat hampir s...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Download Coding Jam Sholat Led Matrix

Kemarin baru aja saya upload video tentang jam sholat led matrix yang otomatis menghitung waktu …

21 komentar

  1. Cara PEsan Gimana? Brapa Harga?

    Salam

  2. brpa harga modul belajar yg ini, mas? reply to afwanzikri@gmail.com

  3. mas sya slah 1 penggemar panjenengan (anda). hhe
    sya pngen bgd mnimba smua ilmu elektro dr mas duwi arsana..
    pokok nya mas duwi mantap dah ah..!! hhe
    kan ni sya msh awam bgd soal microcontroller, dl sya pngen kliah di microcontroller cuman ggal krna biaya, hhe..
    sya pngen tnya dl, yg dimaksud PANJERINO it apa mas?? mhon pnjelasanya, maturswun…

  4. apakah membuat led matrix itu juga melibatkan si panjerino mas>??

  5. hhe udh donk mas!! udh dr kmren hhe,,
    dr kmaren sya ampe ber xx buka internet berhrap d.bls tp gk d.bls2,
    akirnya skrng d.bls jg, hhe…

  6. jd intinya bikin led matrix itu kita harus buat alat untuk pengendali led (horisontal & verticalnya) shngga bsa jd formasi hruf/animasi..??
    trus bikin alatnya itu qt butuh chip/ic yg nantinya qt masuki program/perintah dengan menggunakan panjerino itu mas??

  7. bener gk tuh mas?? hehe

  8. sipp..
    trus klo sya pngen psen panjerino nya gmna mas??
    cara order nya gmna mas??

  9. saya mau beli modulnya sekalian tutornya untuk pemula kira2 mudah dipahami mas……

  10. gung wik kalo beli kit modul panjerino tu dah dpet tutorialnya gax??

  11. Salam kenal , Saya pengin sekali memiliki modul ini untuk belajar mikrokontroller, tapi berapa harganya atu agung duwi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 5 =