Berita Terbaru

Modul Belajar Mikrokontroller Panjerino

Kamu mau belajar mikrokontroller tapi bingung harus mulai dari mana? mungkin bingung juga apa yang harus dibeli? Saat saya masih SMK, saya juga pernah punya perasaan ingin sekali belajar tentang mikrokontroller. Tapi perasaan itu rasanya terhendi dengan perasaan lainnya yang menghantui dan bergelayut di kepala saya. “apa pertama yang harus dilakukan” itu mungkin kata kata yang sama yang kamu rasakan pas mau belajar mikrokontroller.

Ga tau harus berbuat ada dan apa yang dibeli, sampai sampai banyak saya mendownload rangkaian yang bagus bagus di internet tanpa tau itu bisa menyala apa engga. Tentunya kalau kita tau, pastilah rangkaian mikrokontroller itu tidak bisa menyala kalau tidak di program. Akhirnya saya membeli buku pemrograman mikrokontroller dan saya baca baca.

Untuk kamu yang pernah membeli buku pemrograman mikrokontroller mungkin pernah mengalami hal yang sama seperti saya, yaitu masalah dengan pembuatan hardwarenya. Ya, saya dulu karena bingung membuat hardwarenya akhirnya malas melanjutkan karena selalu gagal.

Mungkin saya bisa menyarankan kepada kamu yang ingin belajar tentang mikrokontroller, sebenarnya yang harus dimiliki itu adalah sebuah minimum sistem mikrokontroller. ya, saya sarankan beli yang sudah jadi saja. kenapa demikian? ya dengan adanya modul yang kamu bisa coba langsung tentunya untuk pembuatan hardwarenya sendiri lambat laun kamu akan mengerti dengan sendirinya. Berbeda dengan misalnya kamu terus gagal di pembuatan hardware saja hingga akhirnya stress dan berhenti melanjutkan.

Saya pun dulu begitu, saya beli sebuah minimum sistem dan saya belajar, lalu sampai sekarang saya bisa membuat modul belajar mikrokontroller sendiri. Coba deh kamu perhatikan gambar modul belajar mikrokontroller saya dibawah ini yang berbasiskan panjerino.

Modul belajar yang saya buat diatas tersebut sudah terdapat :

  • LCD 16X2
  • SEVEN SEGMENT 2 DIGIT
  • DOT MATRIX 5X7
  • BUZZER
  • RTC UNTUK JAM DIGITAL DAN KALENDER
  • 8 BUAH TOMBOL
  • 8 BUAH LED INDIKATOR
  • TRIMPOT
  • SENSOR SUHU LM35
  • SENSOR CAHAYA LDR
  • KONVERTER TTL KE RS232
  • DAN JUGA SOCKET EXTERNAL UNTUK SENSOR LAIN

Dengan banyaknya sensor maupun keluaran yang ada di modul saya ini tentunya kamu bisa membuat percobaan dengan sistem yang lebih bervariasi. Selebihnya lagi kamu juga bisa menggabungkan lansgung beberapa sistem tersebut menjadi satu dalam satu modul. Beberapa project yang mungkin bisa dilakukan antara lain :

  • Membuat jam digital
  • Counter up atau down
  • Thermometer,
  • SMS Gateway (modem terpisah)
  • Display angka seven segment
  • Led matrix
  • Kontroll sistem
  • Alarm
  • dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan.

Tidak terlambat untuk memulai sekarang, belajar mikrokontroller bukanlah sebuah pelajaran yang rumit. Ini sangat menyenangkan karena sistem tersebut dapat berinteraksi dengan kita dan dapat berfungsi sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Untuk kamu yang ingin memiliki modul belajar ini, sementara pemesanan dilakukan dengan pre order terlebih dahulu, barulah saya kan mencetak modul belajar ini. maklum ya temen temen kantong saya masih kecil hehee.. salam solder dari Bali.

Hasil Pencarian :


Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Membuat Drone Quadcopter Murah
views 20789
Sekarang banyak sekali teman teman yang mainan kapal kapalan, atau pesawat pesawatan. Kapal atau yang biasa disebut dengan nama drone, quadcopter, hel...
Timbangan Digital
views 2297
Timbangan mungkin sepintas bagi beberapa orang akan dianggap sepele karena hanya digunakan sebagai alat untuk mengukur berat suatu benda. Sebenarnya t...
Modul Jam Led Matrix Suhu
views 864
Tampilan dari kontroler jam digital led matrix suhu ini adalah :   Jam digital besar Jam dan juga kalender Thermometer Jam dan H...
Download gratis Software Led matrix
views 17626
Banyak yang masih bingung dan bertanya dimana dan bagaimana cara download software untuk membuat led matrix. Karena saya malas mengedit pada artikel s...
Seven Segment Panjerino
views 413
Seven segment adalah display angka yang tersusun dari tujuh buah segmen led dan sebuah dot yang dicetak dalam sebuah packing berbentuk kotak. Seven se...
Membuat Tv dari LCD Laptop
views 16984
Bulan lalu sepulang dari saya kerja dan membeli beberapa komponen kebutuhan di bengkel saya ternyata ada paket bungkusan yang dititipkan di tetangga d...
Source Code Android Smart Home
views 2647
Spesifikasi : Android studio base Lengkap gambar dan file audio komunikasi bluetooth Admob template   https://www.youtube.com...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Tv Tabung Hanya Muncul Garis Putih

Memperbaiki TV tabung yang rusak nya hanya muncul garis putih ditengah layar, sebenarnya jarang sekali …

21 komentar

  1. Cara PEsan Gimana? Brapa Harga?

    Salam

  2. brpa harga modul belajar yg ini, mas? reply to afwanzikri@gmail.com

  3. mas sya slah 1 penggemar panjenengan (anda). hhe
    sya pngen bgd mnimba smua ilmu elektro dr mas duwi arsana..
    pokok nya mas duwi mantap dah ah..!! hhe
    kan ni sya msh awam bgd soal microcontroller, dl sya pngen kliah di microcontroller cuman ggal krna biaya, hhe..
    sya pngen tnya dl, yg dimaksud PANJERINO it apa mas?? mhon pnjelasanya, maturswun…

  4. apakah membuat led matrix itu juga melibatkan si panjerino mas>??

  5. hhe udh donk mas!! udh dr kmren hhe,,
    dr kmaren sya ampe ber xx buka internet berhrap d.bls tp gk d.bls2,
    akirnya skrng d.bls jg, hhe…

  6. jd intinya bikin led matrix itu kita harus buat alat untuk pengendali led (horisontal & verticalnya) shngga bsa jd formasi hruf/animasi..??
    trus bikin alatnya itu qt butuh chip/ic yg nantinya qt masuki program/perintah dengan menggunakan panjerino itu mas??

  7. bener gk tuh mas?? hehe

  8. sipp..
    trus klo sya pngen psen panjerino nya gmna mas??
    cara order nya gmna mas??

  9. saya mau beli modulnya sekalian tutornya untuk pemula kira2 mudah dipahami mas……

  10. gung wik kalo beli kit modul panjerino tu dah dpet tutorialnya gax??

  11. Salam kenal , Saya pengin sekali memiliki modul ini untuk belajar mikrokontroller, tapi berapa harganya atu agung duwi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × one =