Berita Terbaru

Project Smart Home Android Arduino

Kalau membahas tentang Project Smart Home Android Arduino, sebenarnya alat yang akan saya bahas disini sudah dibuat beberapa bulan lalu.

Dan kalau berbicara tentang project smart home sebenarnya juga dulu pernah bikin hal serupa, hanya saja masih menggunakan perintah sms untuk dapat mengaktifkan dan memantau rumah dalam sistem tersebut.

Barulah beberapa hari belakangan ini saya sempat lagi membuat sebuah aplikasi android yang saya tujukan untuk hardware smart home tersebut.

Aplikasi smart home android ini saya buat menggunakan software android studio, yang memungkinkan kita membuat interface android dengan sangat mudah karena sudah tersedia bebagai macam widget pendukung seperti tombol, kolom text, label, image place bahkan kolom ilkan bisa kita inputkan disana.

Kalau project yang terdahulu kita bisa menyalakan dan mematikan perangkat listrik melalui sms, mengetahui suhu ruangan melalui sms, sekarang sudah dilakukan pengembangan.

Project smart home yang kita buat sekarang ini sudah ditambah fungsi sistem keamanan atau yang keren nya kita sebut dengan security system.

Terdapat dua buah sensor pintu, atau magnetic switch yang mampu mendeteksi tidak hanya pintu, jendela yang terbuka atau tertutup bisa dideteksi oleh kedua sensor ini. Ditambah juga dengan sebuah sensor gerak yang akan mendeteksi jika ada pergerakan dalam suatu ruangan yang ingin di pantau, bahkan pergerakan kucing sekalipun.

Sensor suhu yang dipasang sudah diganti dengan sensor suhu digital yaitu DS18B20 yang memiliki ketelitian lebih tinggi daripada sensor suhu analog sebelum nya.

Sebelum aplikasi smart home ini, saya juga pernah membuat beberapa project atau aplikasi sederhana menggunakan android studio. Diantaranya seperti dibawah ini :

Arduino Controll
Developer: duwiarsana.com
Price: Free

Smart Home
Developer: duwiarsana.com
Price: Free

Na kalau untuk smart home nya, tampilan aplikasi android nya seperti dibawah ini nih. Sangat sederhana sekali tapi kamu bisa gunakan aplikasi ini untuk project arduino kamu.

Nah kalau gambar alat nya sama saja dengan alat yang saya pakai dalam project saklar sms 4ch. hanya ditambahkan bluetooth saja dan coding nya diganti dengan coding smart home. seperti gambar berikut ini.

Jika kalian tertarik dengan project saklar sms 4ch kalian bisa klik gambar produk diatas ini.

Nah untuk skematik project ini juga sudah saya share pada artikel sebelum nya, sedangkan untuk coding smart home sekarang juga akan saya bagikan secara gratis.

Coding nya sangat lah sederhana. hanya diperlukan komunikasi serial saja antara mikrokontroller, menuju bluetooth yang akan diteruskan ke android.

Format pengiriman data suhu, sensor pintu dan sensor pir sebagai berikut :

Kalian harus mengirimkan data #suhu+sensor pintu 1+sensor pintu2+sensor pir+

Nah untuk data suhu data yang dikirimkan bisa berupa bilangan bulat ataupun desimal, sedangkan untuk sensor lainnya data hanyalah angka 1 dan 0, dimana angka 1 artinya menyala atau terdeteksi, sedangkan angka 0 adalah sebaliknya.

Contoh pengiriman data : #27.4+1+0+1+

Data diatas artinya suhu yang terdeteksi adalah 27.4 C dan sensor pintu 1 mendeteksi atau terbuka, sedangkan sensor pintu 2 tertutup dan terakhir adalah sensor pergerakan atau pir mendeteksi adanya pergerakan.

Sedangkan untuk format penerimaan data dari aplikasi yang dibuat hanyalah berupa abjad saja, misal :

karakter a untuk menyalakan relay 1, dan b untuk mematikan relay 1. begitu juga karakter c dan d untuk menyalakan dan mematikan relay selanjutnya.

Jadi kalau kalian ingin membuat sendiri rangkaian nya kalian bisa tetap memakai aplikasi ini dengan menerapkan format format pengiriman data tadi.

Silahkan download coding arduino untuk project smart home ini pada link yang sudah saya sediakan dibawah ini.

download-button

Untuk aplikasi android nya silahkan di download pada link berikut ini yang akan mengarahkan kalian ke playstore.

Smart Home
Developer: duwiarsana.com
Price: Free

Nah untuk demo alat nya dalam bentuk video kalian bisa lihat pada video yang sudah saya buat kemarin nih. Jadi dengan menggunakan handphone android kita mampu untuk memantau sekaligus mengandalikan nyala listrik dari jarak jauh.

Jika ada yang ditanyakan silahkan bertanya pada kolom komentar.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Modifikasi LCD Laptop ke LCD Komputer
views 7683
Modifikasi lcd laptop menjadi lcd monitor, memang sangat langka kita temukan di kenyataan dan memang sangat sulit kita dapatkan ada orang yang berha...
Timer Delphi Mikrokontroller
views 333
Timer dengan menggunakan delphi sebagai interface dan juga mikrokontroller sebagai alat pengendali akhir tentunya sudah ada yang pernah membuatnya, na...
Membuat Remote Bersuara
views 610
Halo.. terima kasih uda mau baca ya. Sekarang artikel saya judulnya membuat remote bersuara. Sebenernya saya bingung ni mau kasi judul apa, remote ber...
Memperbaiki TV LED SONY Gambar Double
views 1949
Memperbaiki TV LED SONY gambar double, ya sekarang kita akan bahas tv led yang memiliki kerusakan gambar double pada merk SONY. Sebenarnya kerusakan ...
Saklar SMS 4CH
views 1440
Alat ini mampu digunakan sebagai sistem keamanan rumah yang mampu mendeteksi terbuka nya pintu atau jendela yang dapat kita pantau melalui sms. Dapat ...
Parade Ogoh Ogoh Desa Panjer
views 177
Baru saja sore nya saya masih berada di daerah peguyangan untuk menyaksikan atraksi ogoh ogoh disana yang mulai lebih awal yaitu sekitar jam enam sore...
Kit Jam digital 6 digit Mini
views 1134
Akhir nya saya menyelesaikan satu buah kit jam digital 6 digit mini kemarin malam. sebelum nya pada artikel yang lalu saya masih hanya mengupload skem...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Memperbaiki TV LED SONY Gambar Double

Memperbaiki TV LED SONY gambar double, ya sekarang kita akan bahas tv led yang memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen + 3 =

info : sms sedang lelet :D