Berita Terbaru

Satelit Buatan Indonesia Mengorbit

Kemarin senin, akhirnya Satelit buatan Indonesia yang disebut LAPAN A2 atau disebut juga LAPAN ORARI, mulai mengorbit diatas Negara Indonesia.

LAPAN A2 atau LAPAN ORARI ini adalah satelit yang sepenuhnya dibuat di Indonesia nih. Kenapa dinamakan LAPAN ORARI ya? menurut info yang saya baca dari LAPAN nya, ternyata di dalam satelit tersebut dipasangkan alat APRS dan radio repeater yang akan merepeat voice radio amatir di Indonesia dengan satelit.

Pengujian perangkat repeater ini sudah dilakukan sejak sebulan lalu oleh Pak Yono (YD0NXX), Pak Djoko (YB1TJ) dan juga bu Jilly (YB1JYL) serta Pak Erdius Zen (YB0QA).

Apa aja sih fungsi satelit baru Negara kita tercinta ini? Tentunya fungsinya akan tidak jauh untuk memantau indonesia dan baik audio dan visual yang pastinya juga akan membantu menjaga kedaulatan wilayah negara kita secara tidak langsung.

Sekarang satelit tersebut sudah mengorbit diatas kita mengelilingi garis katulistiwa dengan ketinggian 650km diatas permukaan laut. dengan kecepatan 7.5km/detik.

Apa sih yang menentukan sebuah satelit itu harus mengorbit di ketinggian berapa? ada yang tau?

Ketinggian orbit dari suatu benda angkasa sangat berpengaruh terhadap kecepatan orbit dan juga gaya gravitasi object yang sedang di orbit kannya. Sama seperti halnya sebuah ember berisi air yang kita putarkan disekeliling kita dengan kuat maka air tersebut tidak tumpah melainkan menekan ke pinggir atau keluar, dan seandainya ember tersebut kita lepas saat kecepatan tinggi tentu saja ember beserta air nya akan jatuh menjauhi kita karena gaya dorong akibat putaran tadi.

Pada satelit pun juga begitu, dengan nilai gravitasi bumi dan massa benda yang akan diorbitkan tentu saja jika kecepatan orbit nya terlalu besar dan tidak sesuai dengan gravitasi dan massanya, bisa saja si satelit malah menjauh dari bumi dan bukannya mengelilingi bumi. Tapi kalau terlalu lambat? kalau terlalu lambat dengan gaya gravitasi bumi entar satelit nya malah ketarik kebumi dan akhirnya jatuh deh hehehe. makanya di satelit ada pengaturnya untuk menjaga orbit nya yang tetap.

Hebat nya lagi kamera yang terpasang pada satelit kita ini mampu memantau benda dengan menghasilkan gambar dengan resolusi 5 meter. Bih, object kecil kayak kita ni bisa dilihat dengan jelas dong :D. Satelit kita ini akan melewati Indonesia sebanyak 14 kali dalam sehari nih, jadi cukup lah untuk memantau wilayah negara kita.

Untuk kamu yang mau tau lebih detail masalah orbit atau bagaimana satelit itu mengorbit, yuk kita simak penjelasan om kita ini.

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
DJI Mavic Pro -Bukan Sekedar Drone
views 1092
Baru aja lusa lalu saya lihat temen share tentang adanya drone baru buatan DJI yang katanya bisa ngalahin drone nya si GOPRO. Drone gopro aja ga abis...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 + fifteen =