Berita Terbaru

Service TV LED 3D 50″ Mati

Hari itu saya ga ada niatan sebener nya kemana mana, karena kiriman barang toko sudah beres. Solderan untuk beberapa produk pun juga uda beres.

Tapi iseng tangan buka aplikasi OLX dan cek iklan tv bekas di daerah denpasar, ketemu dengan sebuah iklan tv led.

Awal nya saya mengira tv led yang dijual rusak dengan harga 1.950.000 ini bercanda. Bukan karena terlalu mahal, tapi cukup murah untuk TV ukuran 50 inchi. Ya walaupun rusak tapi harga segitu tergolong sangat murah.

Dalam keterangan pemilik nya, tv tersebut sudah pernah dibawa ke service center dan dikenai biaya sebesar 5 juta rupiah untuk dapat membuat tv tersebut menyala kembali. TV tersebut dalam kondisi mati, hanya bisa menyala dalam waktu satu detik di awal saja. Menurut sepengetahuan pemilik dan laporan dari service center (pada saat saya uda ketemu) katanya layarnya terkena cairan yang membuat mati.

Nah saat saya baca iklan itu kan uda jam 5 sore, saya sms pemilik nya cuma bisa ketemuan jam 7 dirumahnya. Akhirnya saya menyanggupi tapi saya langsung berangkat dan menunggu didepan gang rumahnya. Saya bersama kakak saya naik sepeda motor, nongkrong dulu beberapa meit didepan gang bapak pemilik tv nya sambil makan jagung bakar.

Pas jam setengah 7 saya lihat ada orang yang menunggu juga di depan gang sambil sibuk dengan HP nya, saya bilang ke kakak saya “ini pasti mau nyari tv nya juga”

Jam 7 pas pemilik tv diam di ujung gang berdampingan dengan orang yang nunggu tadi itu juga, tapi yang punya tv itu sms saya duluan kalau uda di gang. akhirnya saya ngebut dan memanggil bapak itu untuk langsung ke rumahnya dan cek tv.

Pas saya cek tv memang benar tv nya hanya menyala 1 detik lalu mati lagi. dan suara masih ada. mengetahui rusaknya sama seperti pada video saya dibawah ini langsung aja saya panik untuk DP. mau bayar via transfer malah mobile banking error akkkk..

beberapa menit akhirnya orang yang juga ikutan nunggu depan gang itu dateng sambil ngomong “ah.. telat saya” saya tambah panik dan ngeluarin uang 200rb sebagai dp dan ngebut ke atm untuk ambl uang sebagai pelunasan.

Singkat cerita sampe deh di bengkel jam setengah 10. (cerita ruwet nya bawa tv 50″ pake motor lewat dah sama bahagianya dapet tv gede murah :D)

Langsung saat itu juga saya bongkar tv nya sendirian, bayangin aja layar lcd atau panel lcd segede 50″ saya pindahin sendiri. gimana ga lengkung layar nya takut pecah.

sampai di bagian backlight, uda ketemu led yang mati, seperti biasa cuam 1 biji (cek video) dan ganti, eh ternyata juga ada bagian flexyble panel yang korosi (berkarat parah disertai putus nya jalur) Saya rasa ini harus dibenerin, akhirnya saya ambil kaca pembesar legenda saya yang dapat melihat benda ukuran sangat kecil dan jernih (bekas comotan lensa handycam :D)

Jalur putus itu ada 2 yang menyebabkan layar bergaris, saya sambung dengan kawat biasa yang sudah dilapisi timah. Penempelan nya juga dilakukan dengan sangat hati hati dengan mengkikis jalur flexyble agar tembaga terlihat namun tidak membuat flexyble putus.

LED sudah diganti baru, jalur putus uda dibenerin, saat dinyalakan TV lansgung menyala dengan sangat normal tanpa ada cacat gambar. :D dan fungsi 3D baru pertama kali saya mencobanya sendiri, bukan di toko tv :D

Akhirnya ada sekitar 2 jam saya membongkar dan memperbaiki TV LED 3D dengan merk LG ukuran 50″ ini. dan akhirnya selesai :)

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Memperbaiki Printer Sablon DTG
views 428
Pas itu toko lagi buka naggung. Dibilang buka tapi gerbang besi nya aga tutup, tapi dibilang tutup ada yang belanja. Mungkin pas aga sore, dateng 2 o...
Cara Membuka Casing Iphone
views 4191
Ini artikel saya tulis, tapi kayanya cara buka casing iphone sudah pernah saya posting di blog saya dulu dulu sekali di dewataelektronik.com. Atau mun...
Pemenang Undian Hadiah LED Kontroler
views 119
Wah, pengumuman undian untuk hadiah LED kontroler nya mundur nih temen temen, maaf ya. Sebenarnya uda diketik dan dibuat saat tanggal 13 malem, cuma p...
TV LED LG Indikator Kedip
views 1288
Tv ini yang punya adalah hotel nirmala di jimbaran. Sebenarnya baru aja tadi paginya ngembaliin tv Sharp yang uda selesai di service, eh sorenya lagi ...
How to Make a Big Seven Segment
views 677
Sevent segment, who doesn’t know this, for you who are hobby or maybe your job is in the field of electronics. For ordinary people, even though they d...
Membuat Led Matrix PanjeRino
views 474
Setelah minggu lalu selesai membuat sebuah cloningan sebuah arduino yang sudah support dengan usb yang memang saya buat untuk menggantikan saudaranya ...
Cara Menggunakan Software Led Matrix
views 2873
Led matrix, sekarang sudah banyak sekali yang pakai untuk display toko. Langsung aja disini saya akan menjelaskan bagaimana mengedit animasi dari awal...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Tv Tabung Hanya Muncul Garis Putih

Memperbaiki TV tabung yang rusak nya hanya muncul garis putih ditengah layar, sebenarnya jarang sekali …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − thirteen =

info : sms sedang lelet :D