Berita Terbaru

Similikiti Project

Similikiti Project, apaan sih tu? kok aneh banget namanya. Ya itu adalah salah satu perangkat elektronika yang saya buat sendiri. Similikiti project merupakan sebuah alat monitoring online yang saya buat berbasis panjerino.

Similikiti saya buat untuk dapat mendeteksi tegangan, arus listrik, daya listrik, suhu ruangan, kelembaban ruangan, pemakaian listrik (KWH meter) sampai dengan monitoring keamanan rumah yang berbasis online. Similikiti project melaporkan segala kondisi sesuai dengan sensor yang dipasangkan ke twitter secara langsung tanpa menggunakan perangkat komputer, oleh karenanya similikiti ini harus mendapatkan akses internet langsung melalui port ethernet yang tersedia pada board similikiti ini.

Similikiti dapat melaporkan kenaikan dan penurunan tegangan listrik dengan kriteria tertentu dan juga dapat membaca daya listrik yang digunakan sekaligus melaporkan nya sesuai dengan pengaturan yang ditentukan, sehingga laporan yang dilakukan similikiti ke twitter tidak dilakukan setiap saat dan juga tidak membebani server twitter karena tidak terlalu sering nya similikiti melakukan request ke twitter.

Pada alat ini telah dipasangkan sebuah IC Wiznet5100 yang berfungsi untuk komunikasi similikit ke jaringan internet. Selain itu juga terdapat sebuah IC FTDI yang digunakan untuk alat ini berkomunikasi ke komputer menggunakan kabel usb. Diperlihatkan pada gambar dibawah ini adalah layout dari Similikiti Project yang menggunakan hampir semua adalah komponen SMD.

Dibawah ini adalah penampilan depan dan belakang dari similikiti Project yang menampilkan layout smd dibagian belakang pcb nya. Ukuran yang  sangat kecil untuk fungsi yang banyak membuat similikiti ini sangat powerfull untuk ditelakkan dimanapun dan ukuran yang sangat kecil.

Selain dapat di posting otomatis status ke twitter, Similikiti project ini juga dapat menampilkan semua kondisi dari tegangan listrik, arus listrik, daya listrik yang digunakan, menghitung kwh, suhu ruangan, kelembaban, keamanan ruangan sampai juga intensitas cahaya yang semua itu ditampilkan bergilir pada sebuah LCD. dibawah ini adalah salah satu contoh reporting ke twitter dengan melaporkan otomatis dari similikiti kenaikan dan penurunan tegangan listrik.

Dalam ujicoba pertamanya, similikiti bagu hanya dapat melaporkan peningkatan dan penurunan tegangan listrik, namun kini telah meningkat dengan juga dapat mendeteksi terjadinya peningkatan penggunaan daya listrik berlebih dengan parameter tertentu yang telah di tuliskan pada similikiti. Berikut ini adalah galery dari similikiti project.

 

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Kontroller Jam Sholat P10
views 1352
Yang dijual hanya produk kontroller nya saja. Digunakan untuk modul display p10 sebanyak 2 buah. Jam sholat ini Sudah termasuk dapat menampilkan therm...
Belajar Photography Terbang
views 243
Masalah photography khususnya di bali sekarang lagi rame nih. sampe banyak tiba tiba tukang photo bertebaran dan berkeliaran. dari yang profesional, s...
Cara mendapatkan file Hex dari Arduino
views 6029
Untuk kamu yang bermain dengan mikrokontroller arduino tapi tidak mempunyai arduino tentunya kamu sudah tau kamu dapat membuat rangkaian secara simula...
Project Smart Home Android Arduino
views 5785
Kalau membahas tentang Project Smart Home Android Arduino, sebenarnya alat yang akan saya bahas disini sudah dibuat beberapa bulan lalu.Dan kalau berb...
Membuat Stop Keran Otomatis
views 11376
Stop keran otomatis? Mari kita membayangkan sebentar. mungkin sebelumnya kamu pernah melihat ada keran air yang tidak memeiliki knop pemutar untuk pem...
Membuat Tv dari LCD Laptop
views 16997
Bulan lalu sepulang dari saya kerja dan membeli beberapa komponen kebutuhan di bengkel saya ternyata ada paket bungkusan yang dititipkan di tetangga d...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Tv Tabung Hanya Muncul Garis Putih

Memperbaiki TV tabung yang rusak nya hanya muncul garis putih ditengah layar, sebenarnya jarang sekali …

25 komentar

  1. wuuih,,dah ada d blog…mas solder pake yg brapa watt? listing programnya ada gak mas?

    • Solder pakai 40watt. untuk coding tidak saya share karena menyangkut pembajakan yang sering terjadi. terima kasih.

  2. wah keren bli..
    bisa dikembangkan kemana-mana..
    semangat terus utk berinovasi bli…

  3. Saya mau dong 1…
    Kalo bisa dihubungkan jg dengan pengendali listrik dari komputer maupun internet.
    gimana caranya pesan?
    kasi no telp nya dong…

    • ini sudah ada i channel pengendali listrik dari internet.. produk belum diproduksi massal. masih prototype saja. bisa hubungin 08970869443

  4. sippp bos tambah yahut aja.
    hehehe sukses trus mass.

  5. di jual ngak kalo dijual haganya berapa?

  6. Mas gung… saya mau tanya Power meter similikiti apakah bisa untuk memonitor daya yang terserap di jaringan kabel TM 20kV ? apakah bisa di menggunakan selain server twitter? apakah bisa dihubungkan dengan server dyndns? kalau bisa saya berminat beli, harganya dan ongkos kirim ke semarang berapa?

    • bisa saja mas, untuk tegangan tinggi sama saja sistem nya . karena saya pada pengukuran 220v itu saja melakukan drop tegangan menggunakan step down dan mengambil pehitungan berdasarkan nilai perbandingan trafo, jadi untuk tegangan besar juga hampir serupa.

  7. mantap mas projectnya!!!

    parameter apa saja yang bisa diukur ole si similikiti ini? apakah mampu mengukur nilai cos phi atau power factor?

  8. Mas tolong info harga dan features similikiti, bisakah dipakai sebagai komparasi dengan KWH yg ada. Juga bagaimana pengaruhnya terhadap kwh meter yg ada.

    Adakah daftar lengkap proyek2 yg dibuat berikut harganya.

    Terimakasih

  9. Mantap Project-Projectnya bos.. ingin rasanya belajar elektronik.. :)

  10. tolong postnya di post lagi dong gan
    gambrnya udah ilang semua
    mau dijadiin referensi TA soalnya
    msksih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + eight =