Berita Terbaru

Arsip Tag: tugas-akhir

Pengalaman Sidang Tugas Akhir

Hore saya lulus.. Kalau tulisan ini muncul berarti saya udah tamat dan lulus dari kuliah D3 Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Listrik di Politeknik Negeri Bali. Akhirnya saya selesai juga kuliah. Ada banyak pengalaman berbeda saat saya melewati masa masa menyusun dan membuat tugas akhir saya di POLTEK. Berbeda dengan saat saya menyusun skripsi di STIKOM BALI, di poltek semua nya tersusun rapi dan terjadwal oleh kampus itu sendiri sehingga sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak selesai dan tidak rampung dalam pengerjaan tugas akhir tersebut. Karena saat saya menyusun skripsi di STIKOM semuanya serba buru buru dan ngebut, karena …

Lanjut membaca »

Mikrokontroler Sidik Jari SMS

Kembali lagi dengan project mikrokontroler yang ada kaitannya dengan sidik jari. Menyambung dari pembahasan artikel sebelum nya yaitu project mikrokontroler sidik jari sederhana, sekarang ini adalah sedikit pengembangan dari project sebelumnya tersebut. Pada artikel sebelumnya sudah kita praktekkan bagaimana sebuah sensor sidik jari mampu mendeteksi sidik jari yang benar dan mana sidik jari yang salah. Sidik jari yang benar dalam pembahasan tersebut kita gunakan untuk membuka pintu ataupun menyalakan lampu. Sedangkan untuk jari yang salah tidak melakukan apa apa. Nah seperti janji saya pada video yang pertama yaitu menambahkan mode sms yang akan berfungsi untuk memberitaukan pengguna jika ada orang …

Lanjut membaca »

Project Mikrokontroler Sidik Jari Sederhana

Sebenarnya project mikrokontroler sidik jari yang saya tulis disini agak sedikit menjadi kemunduran dari artikel serupa yang pernah saya tulis sebelum nya. Apalagi kalau artikel tentang mikrokontroler sidik jari sebelumnya saya buat lengkap dengan koding siap download. Judul artikel nya SISTEM KEAMANAN PASSWORD SIDIK JARI. Coba deh kamu lihat dan tonton videonya, disana uda dijelaskan project tersebut keren dengan double keamanan yaitu keypad password kombinasi 6 digit angka ditambah dengan verifikasi sidik jari yang sudah direkam sebelumnya. Nah kalau disini saya akan mencoba memecah project sidik jari menjadi beberapa bagian project yang menarik. Salah satunya ya project mikrokontroler sidik jari …

Lanjut membaca »

Sistem Keamanan Password dan Sidik Jari

Security sistem password dan sidik jari kayaknya jadi sebuah project yang sangat menarik kalau diangkat jadi salah satu tugas akhir kamu nih. sebuah sistem keamanan yang kalau kita mau akses harus masukin password dulu, nah kalau udah bener trus diminta konfirmasi sidik jari lagi biar pintu itu terbuka, jadi double keamanan deh. Dalam pembahasan sebelum nya saya pernah membuat juga sistem kemanan yang mirip, hanya saja disana menggunakan satu kali verifikasi keamanan yaitu hanya menggunakan kombinasi password angka saja. Nah kalau sekarang adalah pengembangan dari project yang kemarin itu nih. Link project sebelumnya : Keypad Password Komponen yang diperlukan untuk …

Lanjut membaca »

Membuat Mesin Antrian Sederhana V.1

Mesin antrian, tau kan? mesin yang biasanya dipakai untuk memanggil para pengunjung satu persatu untuk mendatangi operator atau teller biasanya di bank. Kalau biasanya saya sering lihat di denpasar mesin antrian yang dipakai ada yang berupa angka seven segment besar, ada yang pakai TV sebagai display nya, dan ada juga mesin antrian yang bisa nyebutin langsung urutan nomor antrian dengan cara berbicara. Nah tentunya masing masing dari jenis mesin antrian tersebut memiliki kelebihan nya masing masing. Kalau saya lihat seperti mesin antrian yang menggunakan tv atau monitor sebagai display itu biasanya yang merancang hanya perlu membuat aplikasi desktop client dan …

Lanjut membaca »

Sistem Ticketing Kereta Api Berbasis RFID

Kalau sebelumnya saya dan kawan saya membuat sebuah sistem penjualan berbasis RFID, sedikit berbeda hal nya dengan sekarang yaitu masih menggunakan RFID namun sistem yang dibuat adalah Ticketing kereta api berbasis rfid. Mungkin sedikit basi artikel saya ini karena sistem ticketing kita sekarang baru saja di update menjadi lebih canggih. dan pada kesempatan beberapa hari lalu saya dan teman saya mencoba untuk membuat simulasi sitem ticketing kereta api berbasis RFID. sebuah rfid yang saya gunakan disini adalah yang bentuknya berupa kartu, mungkin kamu sudah mengetahui e-ktp, kartu trans studio, flash bca, dan kartu absensi yang baru. semuanya diproses dengan cara …

Lanjut membaca »

Menyalakan Peralatan Listrik dengan SMS

Menyalakan Peralatan Listrik dengan SMS, mungkin bagi sebagian orang ini sudah biasa. Sistem seperti ini memang sudah lama dipakai sebagai tugas akhir di setiap perguruan tinggi diseluruh indonesia maupun luar negeri. Bakhan mungkin ini sudah ketinggalan jaman kali ya. Tapi taukah kamu, jika kamu gambungkan sistem kendali sms ini dengan beberapa sensor kamu dapat memonitoring keadaan rumah kamu seperti suhu, pintu rumah sudah tertutup apa belum, pergerakan rumah dan lainnya, tentunya akan membuat sistem ini lebih keren lagi kalau setiap sms yang kamu kirimkan akan di respon oleh alat yang kamu buat. Hasil Pencarian :menyalakan lampu dengan smscara menghidupkan lampu …

Lanjut membaca »

Membuat Stop Keran Otomatis

Stop keran otomatis? Mari kita membayangkan sebentar. mungkin sebelumnya kamu pernah melihat ada keran air yang tidak memeiliki knop pemutar untuk pembuka airnya, ya biasanya itu saya sering lihat di hotel hotel mewah. Atau yang paling lumrah disini serings aya lihat di Mcd atau KFC. Keran nya tidak ada tuas pemutar nya, tapi saat kita mendekatkan tangan kita ke mulut keran air begitu saja keluar disana. dan pada saat kita menjauhkan tangan kita airpun juga berhenti mengalir. Mesin serupa yang memanfaatkan ada atau tidak nya tangan itu adalah pengering tangan otomatis yang biasanya juga ada di restoran cepat saji, sistem …

Lanjut membaca »

Membuat Web Server Dengan Panjerino

Apa sih itu web server? saya sendiri baru pas kuliah, baru ngeh apa itu web server. Web server itu ya sebuah hardware atau software yang menyediakan layanan akses ke orang atau si pemakai melalui komunikasi HTTP kayak halaman web gitu, itu disimpen di web server. Jadi kita sebagai pengguna akses suatu web ya masuk ke web server nya gitu. Tentunya fungsi web server sangat beragam tergantung dari siapa yang pakai dan untuk apa pakai nya hehehe. seperti saya misalkan punya domain duwiarsana.com saya simpan file saya di web server. kalo saya buka duwiarsana.com ya ambil file nya ngga di komputer …

Lanjut membaca »

Tutorial Membuat Speech Recognition

Apa sih itu speech recognition? mungkin beberapa dari kamu yang baca artikel ini pernah mencoba sebuah software pada komputer yang dapat kita gunakan untuk mengubah suara kita sebagai perintah perintah bagi komputer yang bertujuan untuk memudahkan kita dalam mengoperasikan perangkat komputer. Apa saja yang bisa dilakukan? tentunya jika pada komputer kita dapat mengoperasikan keseluruhan tampilan maupun tombol yang ada pada komputer bahkan menulis hanya dengan mengucapkan kata kata saja. Tentunya agar dapat si komputer mendengan perkataan kita diperlukan sebuah microphone yang terhubung ke komputer. Tentunya fungsi seperti itu sangat lah unik dan membantu jika kita terapkan pada perangkat rumah tangga …

Lanjut membaca »

Net-Ngenet, Panjerino yang bisa Internetan

Berawal dari skripsi saya yang menggunakan Similikiti Project sebagai alat utama dalam project tersebut, saya kini mencoba untuk membuat board serupa yang dapat difungsikan untuk berbagai hal terkait dengan jaringan internet. Namanya adalah Panjerino Net-Ngenet yaitu masih berbasis panjerino yang dapat terkoneksi ke jaringan internet, dengan board ini kamu ga usah repot lagi membuat papan pcb untuk sistem monitoring berbasisethernet yang begitu rumit dan banyak, karena Panjerino Net-Ngenet ini sudah merupakan minimum sistem berbasis internet yang dapat dihubungkan beberapa sensor dan langsung dapat di laporkan melalui jaringan lokal maupun internet. Ukuran board ini masih serupa dengan si Panjerino, dengan mengusung …

Lanjut membaca »