Berita Terbaru

TV LED LG Indikator Kedip

Tv ini yang punya adalah hotel nirmala di jimbaran. Sebenarnya baru aja tadi paginya ngembaliin tv Sharp yang uda selesai di service, eh sorenya lagi dikasi service an tv led LG yang keluhannya di catatan adalah mati total.

Hampir semua video logger saya di youtube yang menangani service tv merk LG keluhan dari konsumen selalu mati total :D ada sedikit juga tambahan seperti ga ada gambar tapi suara ada. dan sebagainya.

Nah kalau sekarang ini pas saya nyalain pertama kali eh ternyata idup kok. Indikator led nya nyala kedip kedip merah, tapi layar ga mau tampil, suara juga ga ada sama sekali.

Pas bongkar trus cek tegangan. Yang harus kamu lakukan adalah melepas dulu mesin tv nya dari power supply biar bisa cek tanpa beban tegangan out nya. Yang kamu bisa cek tegangan nya adalah tegangan standby yaitu 3.5v. kamu bisa cek dengan volt meter biasa. Biasanya terjadi drop tegangan hingga 3.4v, ini wajar asal jangan tegangan nya drop hingga dibawah 3.3v.

Nah kalau tegangan stabil, kamu bisa langsung coba nyalakan dan ukur tegangan standby saat power supply terpasang dengan mesin tv nya. disini kamu akan lihat hasilnya apakah mesin tv ini bermasalah atau tidak.

Saat saya mengukur tegangan dengan kondisi mesin terpasang, tegangan menjadi drop 3.3v. dan hal ini sangat tidak wajar dimana saya pernah mengukur tegangan standby saat dipasang mesin adalah paling rendah 3.4v.

Langsung aja deh saya curiga dengan mesin tv ini. kalau ada yang ga beres sama mesin tv ni.

Sebelum melepas atau mengganti komponen biasanya kita harus cek lagi regulator yang ada pada mesin tv ini. biasanya ada regulator tegangan 1.8v dan cek juga komponen aktif lainnya untuk menyakinkan tidak ada komponen rusak penyebab tegangan drop tersebut.

Karena tegangan standby mengarah ke ic utama dari mesin LG ini saya ga pikir panjang. langsung ic utama tersebut saya ganti dengan yang baru.

IC saya cabut dengan cara di blower dan ditambahkan sedikit flux pada saat proses pencabutan. Penambahan flux ini bertujuan untuk mempermudah terlepasnya kaki ic pada pcb karena timah lebih mudah cair dengan adanya flux.

Setelah mengganti ic dengan yang baru, begitu saya nyalakan tv lansgung bisa menyala dengan normal tanpa adanya cacat sedikitpun.

Akhirnya besoknya tv uda bisa dikirim kembali ke hotel nirmala :)

tips dan trik dalam service kali ini adalah, kalian harus bisa skill solder minimal solder biasa yang rapi karena walaupun nanti lepas dan pasang menggunakan solder uap, tapi kita tetap harus finising dengan menggunakan solder biasa untuk membersihkan sisa timah yang berlebihan.

Kalau kalian suka dengan video atau artikel ini boleh kok klik like :) atau bagikan ke teman teman kalian.


Hasil Pencarian :


Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Kontroller led matrix Gratis
views 533
Bulan ini adalah bulan desember dan merupakan akhir dari tahun 2013, sudah mau tahun baru lho.. Nah sekarang atau dari beberapa bulan lalu led matrix ...
Cara Membuat Seven Segment Besar
views 10171
Seven segment, siapa sih yang ga kenal bagi kamu yang memang hobi atau kerjaannya dibidang elektronika. Untuk orang awam pun walau tidak mengetahui na...
Jumper LCD TV Yang Mati Bergaris
views 5277
TV LCD yang rusaknya bergaris garis blank, tidak ada gambar tentunya akan dianggap sudah rusak parah bagi sebagian orang. Ada juga yang menyarankan un...
Belajar LED Berkedip Arduino
views 467
Halo pengunjung duwiarsana.com Kita belajar arduino mulai dari yang sederhana yuk? Sekarang kita akan belajar bagaimana membuat sebuah program dan r...
Jual Panel Led Matrix Berwarna
views 2369
Panel led matrix yang akan saya jual sekarang ini adalah panel led matrix berwarna dengan 2 warna pada sebuah panel. Warna yang terdapat pada satu pan...
Rangkaian Arduino Flasher Polisi
views 670
Sekarang kita akan belajar membuat rangkaian dan program sederhana untuk sebuah flasher polisi. Kalian tentu tau flasher polisi kan? Biasanya selai...
Download Project Jam Digital Led Matrix
views 4332
Akhirnya project elektronika mikrokontroller buatan duwiarsana.com selesai juga. Dan sudah saya posting juga di http://duwiarsana.com/toko/ Silahkan d...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Belajar LED Berkedip Arduino

Halo pengunjung duwiarsana.com Kita belajar arduino mulai dari yang sederhana yuk? Sekarang kita akan belajar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 − 8 =