Berita Terbaru

TV Plasma Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara

TV layar datar dengan tipe Plasma atau sering disebut dengan TV Plasma, adalah sebuah teknologi tv yang sudah ada lumayan lama. Jadi bisa aja saya bilang tv model ini hampir masuk ke kategori jadul.

Eit, tapi masih ada banyak orang yang salah persepsi dengan tv tipe plasma ini.

Banyak orang mengira, tv plasma itu adalah tv LCD. dan yang lebih parah nya lagi saat saya jalan jalan ke toko elektronik dan lewat ke bagian tv tv an saya ditawari oleh sales nya dengan kata kata mutiara seperti begini : “ayo mas dibeli tv lcd nya, kita lagi promo murah” Padahal pas itu yang ditawarkan adalah sebuah TV Plasma.

Pengalaman lain lagi yang pernah saya alami di situs jual beli barang bekas online, ada seseorang yang menawarkan TV ukuran besar dengan judul “DIJUAL TV LCD RUSAK 43 INCHI” tapi begitu saya perhatikan ternyata yang dijual itu adalah tv Plasma.

Mengetahui itu tv plasma atau lcd apakah penting? tentu saja penting, karena tv yang di situs jual beli tadi saya ceritakan itu ternyata dibeli oleh seseorang dan di service kan ke bengkel saya dengan info bahwa tv LCD nya mati.

Setelah saya cek ternyata itu tv yang sama, yang saya lihat di web jual beli. saya bilang deh kalo itu tv Plasma bukan lcd. Dan apes setelah saya cek sparepart nya ga ada yang jual. Bapak yang beli itu pun merasa tertipu.

Pada waktu yang berbeda datang lagi sebuah service an tv Plasma, kali ini yang punya memang tau kalau tv nya tipe plasma :D Kerusakan nya adalah gambar tidak muncul sama sekali tapi suara nya ada dan normal. kalau di cari di om google dan om youtube ternyata kerusakan seperti itu memang langganan rutin buat tv tipe plasma.

Jika dilihat lihat dari beberapa diskusi forum, bianya servic nya pun lumayan mahal. Mungkin ini yang membuat kebanyakan orang malas memperbaiki tv plasma nya dan lebih baik jual tv nya itu.

Ok tapi sekarang saya bukan mengajak bapak yang mau benerin tv plasma nya itu untuk jual tv :D

Tv nya sudah saya bongkar, sesuai keterangan yang diberikan yaitu terdapat asap keluar saat tv nya mati. Sayapun mulai melihat komponen yang terbakar.

Terdapat sebuah capacitor tegangan tinggi yang hangus, biasanya kapasitor ini berwarna biru mengkilat. Kapasitor ini adalah kapasitor pengaman jika adanya tegangan tinggi yang melintas di jalurnya. Bisa dikatakan sebagai kapasitor snubber.

Karena kapasitor ini sudah terbakar, tentu saja akan mengakibatkan komponen lainnya terganggu. Bisa itu rusak short atau putus. Setelah dicek ternyata ada beberapa IGBT yang short.

Cek IGBT Short
Cek IGBT Short

Saya infokan kepada teman teman pembaca semua, IGBT pada modul YSUS memang sering kali short saat terjadinya loncatan tegangan tinggi. Jika kalian menemukan kejadian tv Plasma tidak ada gambar tapi ada suara atau saat dinyalakan terdengar suara cetek cetek (suara relay) dan tv tidak menyala kalian bisa curiga terhadap IGBT pada modul YSUS.

Setelah saya ganti ada sekitar 3 biji IGBT dan juga mengganti capacitor tegangan tinggi, TV Plasma ini pun langsung menyala dengan normal kembali.

Silahkan untuk lebih lengkap nya bisa dicek pada video dibawah ini.

Hasil Pencarian :


Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Cara Menghilangkan Garis Pada Layar LCD
views 3692
Yang namanya garis, atau bergaris pada layar sebuah LCD, Mau itu layar laptop, layar TV ataupun layar handphone pasti deh bikin kita agak ga nyaman bu...
Mengganti Baterai iPhone
views 1423
Ada rasanya sekitar 1 tahun lalu, saya dan pacar saya beli sebuah handphone, iPhone 5s rekondisi seharga 2.8jt. Handphone iPhone rekondisi itu terlih...
Membuat Jadwal Sholat Otomatis
views 13478
Beberapa bulan lalu saat saya berkunjung ke salah satu rumah temen di deket rumah, ada sebuah jam yang menarik perhatian saya. Jam tersebut banyak ter...
Cara Membuka Casing Iphone
views 5232
Ini artikel saya tulis, tapi kayanya cara buka casing iphone sudah pernah saya posting di blog saya dulu dulu sekali di dewataelektronik.com. Atau mun...
Saklar remote TV + Android
views 2733
Berawal dari malas bangun dari tidur untuk mematikan lampu kamar saya membuat alat ini. Alat yang dapat mematikan peralatan listrik, tidak hanya lampu...
Mengganti Rangkaian Driver Backlight TV LED
views 383
Sebagian besar orang sekarang sudah memiliki TV dengan jenis LED. Selain harganya yang juga sekarang sudah mulai terjangkau, memiliki TV LED di rumah...
Cara Flash Firmware TV
views 1706
Dalam kegiatan saya memperbaiki TV baik itu LCD, LED ataupun TV tabung biasa, kerusakan yang sering terjadi pastilah kita sebagai orang awam mengetahu...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Memperbaiki TV LCD LED Warna Pudar SONY

Pernah ga TV kalian, atau kalian nerima service an sebuah TV LCD atau LED yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − 2 =