Berita Terbaru

Tv Tabung Hanya Muncul Garis Putih

Memperbaiki TV tabung yang rusak nya hanya muncul garis putih ditengah layar, sebenarnya jarang sekali belakangan ini saya mendapatkan service an tv model tabung.

Kerusakan tv tabung yang hanya menampilkan garis putih ditengah itu memang sering kali terjadi pada tv yang memang sudah ber umur tua.

Mungkin kalian sendiri pernah mengalami nya?

Pada sistem tv tabung terdapat sistem defleksi yoke vertikal dan horisontal, dimana komponen ini berfungsi untuk menyebarkan tembakan elektron ke layar kaca baik itu secara vertikal maupun horisontal.

Defleksi yoke ini sendiri berfungsi dengan cara memberikan medan magnet pada leher tabung tv tersebut yang tegangan nya berasal langsung dari driver horisontal serta driver vertikal pada mesin tv.

Untuk driver bagian horisontal biasanya digunakan sebuah transistor horisontal yang letaknya paling dekat dengan flyback, sedangkan driver untuk vertikal nya berada agak jauh dari flyback dan menggunakan ic dengan kaki yang lebih banyak dari driver horisontal. Kedua driver ini memiliki ciri ciri berpendingin plat aluminium pada umumnya.

IC Vertikal sumber : paimosubroto.blogspot.co.id
IC Vertikal sumber : paimosubroto.blogspot.co.id

Untuk ic vertikal yang paling sering dipakai pada mesin tv adalah seperti di foto ini. bentuk nya pada umumnya sama seperti ini hanya saja tipe atau seri nya yang berbeda beda.

Kerusakan pada sebuah driver horisontal dapat menyebabkan tv tidak mau menyala atau mati total, namun pada beberapa kasus tv hanya dapat menyala dengan menunjukkan lampu indikator saja tanpa bisa start up power.

Berbeda dengan driver vertikal yaitu menggunakan ic seperti pada gambar. Jika terjadi kerusakan pada bagian vertikal tv masih bisa menyala hanya saja bagian vertikal pada layar tidak akan muncul yang menyebabkan gambar terlihat seperti menampilkan garis lurus ditengah layar tabung.

Kerusakan seperti ini biasa disebabkan langsung oleh ic itu sendiri, namun tidak jarang juga disebabkan oleh retaknya solderan pada kaki ic vertikal sehingga ic vertikal tidak menyala secara sempurna.

Pada beberapa merk tv seperti salah satunya adalah LG, kerusakan pada bagian vertikal ini dapat menyebabkan tv tidak mau menyala atau istilahnya protect sehingga kerusakan nya hanya bisa kita lihat sebentar diawal penyalaan saja atau bahkan tidak bisa sama sekali.

Jadi jika kamu mendapatkan masalah seperti hanya muncul garis ditengah layar, silahkan cek dulu solderan kaki ic vertikal kemudian pastikan ic vertikal menyala dengan tegangan sumber 24v dan juga pastikan jalur ke defleksi yoke terhubung dengan baik.

Hasil Pencarian :


Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Konverter LED P10 Arduino
views 2130
Kamu mau lihat video pemasangan nya bisa pada link dibawah ini : VIDEO UJICOBA
Sistem Keamanan Password dan Sidik Jari
views 3771
Security sistem password dan sidik jari kayaknya jadi sebuah project yang sangat menarik kalau diangkat jadi salah satu tugas akhir kamu nih. sebuah s...
Switching PSU di Similikiti?
views 555
Akhirnya selesai juga design dari Similikiti project. Project yang sudah saya garap semenjak dua bulan lalu ini akhirnya finish pengerjaan nya dengan ...
Membuat Thermometer Digital – Multisegment
views 886
Kepingin membuat sesuatu yang nampilin angka? bisa aja volt meter? ampere meter? semua alat ukur? thermometer digital mungkin? Ada banyak alat sebenar...
Download Library Panjerino untuk Proteus
views 4092
Proteus adalah salah satu dari banyaknya software elektronika yang membantu kita dalam mendesain suatu perangkat elektronik. Saya suka menggunakan pro...
Cara merawat baterai Handphone
views 318
Merawat baterai handphone, apakah perlu? ya tentu saja perlu tapi dalam artian bukan yang berlebihan merawat nya hehe seperti kita memelihara hewan pe...
RFID RC522 13.56MHz
views 1431
Supported card types: mifare1 S50, mifare1 S70 MIFARE Ultralight, mifare Pro, MIFARE DESFire Mifare RC522 RFID Reader/Writer Module menggunakan Phili...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Jumper LCD TV Yang Mati Bergaris

TV LCD yang rusaknya bergaris garis blank, tidak ada gambar tentunya akan dianggap sudah rusak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four − 1 =