Berita Terbaru

Tv Tabung Hanya Muncul Garis Putih

Memperbaiki TV tabung yang rusak nya hanya muncul garis putih ditengah layar, sebenarnya jarang sekali belakangan ini saya mendapatkan service an tv model tabung.

Kerusakan tv tabung yang hanya menampilkan garis putih ditengah itu memang sering kali terjadi pada tv yang memang sudah ber umur tua.

Mungkin kalian sendiri pernah mengalami nya?

Pada sistem tv tabung terdapat sistem defleksi yoke vertikal dan horisontal, dimana komponen ini berfungsi untuk menyebarkan tembakan elektron ke layar kaca baik itu secara vertikal maupun horisontal.

Defleksi yoke ini sendiri berfungsi dengan cara memberikan medan magnet pada leher tabung tv tersebut yang tegangan nya berasal langsung dari driver horisontal serta driver vertikal pada mesin tv.

Untuk driver bagian horisontal biasanya digunakan sebuah transistor horisontal yang letaknya paling dekat dengan flyback, sedangkan driver untuk vertikal nya berada agak jauh dari flyback dan menggunakan ic dengan kaki yang lebih banyak dari driver horisontal. Kedua driver ini memiliki ciri ciri berpendingin plat aluminium pada umumnya.

IC Vertikal sumber : paimosubroto.blogspot.co.id
IC Vertikal sumber : paimosubroto.blogspot.co.id

Untuk ic vertikal yang paling sering dipakai pada mesin tv adalah seperti di foto ini. bentuk nya pada umumnya sama seperti ini hanya saja tipe atau seri nya yang berbeda beda.

Kerusakan pada sebuah driver horisontal dapat menyebabkan tv tidak mau menyala atau mati total, namun pada beberapa kasus tv hanya dapat menyala dengan menunjukkan lampu indikator saja tanpa bisa start up power.

Berbeda dengan driver vertikal yaitu menggunakan ic seperti pada gambar. Jika terjadi kerusakan pada bagian vertikal tv masih bisa menyala hanya saja bagian vertikal pada layar tidak akan muncul yang menyebabkan gambar terlihat seperti menampilkan garis lurus ditengah layar tabung.

Kerusakan seperti ini biasa disebabkan langsung oleh ic itu sendiri, namun tidak jarang juga disebabkan oleh retaknya solderan pada kaki ic vertikal sehingga ic vertikal tidak menyala secara sempurna.

Pada beberapa merk tv seperti salah satunya adalah LG, kerusakan pada bagian vertikal ini dapat menyebabkan tv tidak mau menyala atau istilahnya protect sehingga kerusakan nya hanya bisa kita lihat sebentar diawal penyalaan saja atau bahkan tidak bisa sama sekali.

Jadi jika kamu mendapatkan masalah seperti hanya muncul garis ditengah layar, silahkan cek dulu solderan kaki ic vertikal kemudian pastikan ic vertikal menyala dengan tegangan sumber 24v dan juga pastikan jalur ke defleksi yoke terhubung dengan baik.

Berikan komentar kamu :

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Memutar File Mp3 Dengan Mikrokontroller
views 1153
Mp3 player atau alat pemutar file mp3 saat ini mungkin sudah merupakan sebuah gadget yang sangat lumrah di pasaran. Atau mungkin alat tersebut sudah m...
Similimini Rasa Permen
views 392
Baru aja tadi nyelesaiin sebuah board baru dengan nama "SIMILIMINI" rev. Permen. Kok bisa rev. permen ya? sebenernya cuma iseng aja sih biar unik aj...
Sepatuku akhirnya baru.
views 251
Hampir empat tahun lamanya saya memakai sepatu itu. Warnanya coklat selaras dengan warna debu yang menempel. Sepatu itu saya beli di pasar kreneng den...
Alarm Maling SMS
views 2106
Nah, kembali lagi kita akan membahas tentang alarm maling. Yang sebelum nya pada artikel yang berjudul "Alarm Maling Sederhana" telah berhasil kita bu...
Baca Twitter Pakai Panjerino Net Ngenet
views 111
Baca twitter pakai Panjerino Net - Ngenet? wah kaya gimana tu ya, apanya yang dibaca? Panjerino net ngenet, sebuah arduino yang sudah terdapat etherne...
Cara Mudah membuat PCB
views 2952
PCB, siapa yang tidak kenal PCB bagi yang bergelut di bidang elektronika. PCB atau printed circuit board adalah komponen yang sangat penting dalam me...
Timer Delphi Mikrokontroller
views 296
Timer dengan menggunakan delphi sebagai interface dan juga mikrokontroller sebagai alat pengendali akhir tentunya sudah ada yang pernah membuatnya, na...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

memperbaiki power supply

Memperbaiki Power Supply TV LED

Waktu itu saya menerima┬ásebuah service an power supply sebuah tv led. Tidak dengan tv tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 + 7 =