Berita Terbaru

Tv Tabung Hanya Muncul Garis Putih

Memperbaiki TV tabung yang rusak nya hanya muncul garis putih ditengah layar, sebenarnya jarang sekali belakangan ini saya mendapatkan service an tv model tabung.

Kerusakan tv tabung yang hanya menampilkan garis putih ditengah itu memang sering kali terjadi pada tv yang memang sudah ber umur tua.

Mungkin kalian sendiri pernah mengalami nya?

Pada sistem tv tabung terdapat sistem defleksi yoke vertikal dan horisontal, dimana komponen ini berfungsi untuk menyebarkan tembakan elektron ke layar kaca baik itu secara vertikal maupun horisontal.

Defleksi yoke ini sendiri berfungsi dengan cara memberikan medan magnet pada leher tabung tv tersebut yang tegangan nya berasal langsung dari driver horisontal serta driver vertikal pada mesin tv.

Untuk driver bagian horisontal biasanya digunakan sebuah transistor horisontal yang letaknya paling dekat dengan flyback, sedangkan driver untuk vertikal nya berada agak jauh dari flyback dan menggunakan ic dengan kaki yang lebih banyak dari driver horisontal. Kedua driver ini memiliki ciri ciri berpendingin plat aluminium pada umumnya.

IC Vertikal sumber : paimosubroto.blogspot.co.id
IC Vertikal sumber : paimosubroto.blogspot.co.id

Untuk ic vertikal yang paling sering dipakai pada mesin tv adalah seperti di foto ini. bentuk nya pada umumnya sama seperti ini hanya saja tipe atau seri nya yang berbeda beda.

Kerusakan pada sebuah driver horisontal dapat menyebabkan tv tidak mau menyala atau mati total, namun pada beberapa kasus tv hanya dapat menyala dengan menunjukkan lampu indikator saja tanpa bisa start up power.

Berbeda dengan driver vertikal yaitu menggunakan ic seperti pada gambar. Jika terjadi kerusakan pada bagian vertikal tv masih bisa menyala hanya saja bagian vertikal pada layar tidak akan muncul yang menyebabkan gambar terlihat seperti menampilkan garis lurus ditengah layar tabung.

Kerusakan seperti ini biasa disebabkan langsung oleh ic itu sendiri, namun tidak jarang juga disebabkan oleh retaknya solderan pada kaki ic vertikal sehingga ic vertikal tidak menyala secara sempurna.

Pada beberapa merk tv seperti salah satunya adalah LG, kerusakan pada bagian vertikal ini dapat menyebabkan tv tidak mau menyala atau istilahnya protect sehingga kerusakan nya hanya bisa kita lihat sebentar diawal penyalaan saja atau bahkan tidak bisa sama sekali.

Jadi jika kamu mendapatkan masalah seperti hanya muncul garis ditengah layar, silahkan cek dulu solderan kaki ic vertikal kemudian pastikan ic vertikal menyala dengan tegangan sumber 24v dan juga pastikan jalur ke defleksi yoke terhubung dengan baik.

Hasil Pencarian :


Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Cara Mudah membuat PCB
views 4380
PCB, siapa yang tidak kenal PCB bagi yang bergelut di bidang elektronika. PCB atau printed circuit board adalah komponen yang sangat penting dalam me...
Panjerino Gratis – Arduino Gratis dari Bali
views 509
Sekarang inovasi semakin berkembang, akhirnya Panjerino (arduino Bali) saya sudah jadi beberapa biji. Jaman dulu sekali sekitar tiga tahun lalu saya s...
Cara merawat baterai Handphone
views 307
Merawat baterai handphone, apakah perlu? ya tentu saja perlu tapi dalam artian bukan yang berlebihan merawat nya hehe seperti kita memelihara hewan pe...
Membuat Thermometer Digital – Multisegment
views 831
Kepingin membuat sesuatu yang nampilin angka? bisa aja volt meter? ampere meter? semua alat ukur? thermometer digital mungkin? Ada banyak alat sebenar...
Membuat Jam Sholat Abadi
views 5469
Yuk kita bikin jam sholat abadi sendiri. membuat jam sholat abadi yang saya maksud disini adalah jam sholat yang tidak perlu lagi kita menginputkan da...
Sensor Suhu dan Kelembaban
views 892
Kelembaban dan suhu merupakan dua elemen yang saling berkaitan. Dalam keseharian kita sering kali mengabaikan untuk ingin mengetahui kedua elemen ters...
Memperbaiki TV LCD LED Warna Pudar SONY
views 245
Pernah ga TV kalian, atau kalian nerima service an sebuah TV LCD atau LED yang kerusakan nya pudar? atau warna tv nya seperti pudar? Nah sekarang say...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Cara Menghilangkan Garis Pada Layar LCD

Yang namanya garis, atau bergaris pada layar sebuah LCD, Mau itu layar laptop, layar TV …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 4 =