Berita Terbaru

Tv Tabung Hanya Muncul Garis Putih

Memperbaiki TV tabung yang rusak nya hanya muncul garis putih ditengah layar, sebenarnya jarang sekali belakangan ini saya mendapatkan service an tv model tabung.

Kerusakan tv tabung yang hanya menampilkan garis putih ditengah itu memang sering kali terjadi pada tv yang memang sudah ber umur tua.

Mungkin kalian sendiri pernah mengalami nya?

Pada sistem tv tabung terdapat sistem defleksi yoke vertikal dan horisontal, dimana komponen ini berfungsi untuk menyebarkan tembakan elektron ke layar kaca baik itu secara vertikal maupun horisontal.

Defleksi yoke ini sendiri berfungsi dengan cara memberikan medan magnet pada leher tabung tv tersebut yang tegangan nya berasal langsung dari driver horisontal serta driver vertikal pada mesin tv.

Untuk driver bagian horisontal biasanya digunakan sebuah transistor horisontal yang letaknya paling dekat dengan flyback, sedangkan driver untuk vertikal nya berada agak jauh dari flyback dan menggunakan ic dengan kaki yang lebih banyak dari driver horisontal. Kedua driver ini memiliki ciri ciri berpendingin plat aluminium pada umumnya.

IC Vertikal sumber : paimosubroto.blogspot.co.id
IC Vertikal sumber : paimosubroto.blogspot.co.id

Untuk ic vertikal yang paling sering dipakai pada mesin tv adalah seperti di foto ini. bentuk nya pada umumnya sama seperti ini hanya saja tipe atau seri nya yang berbeda beda.

Kerusakan pada sebuah driver horisontal dapat menyebabkan tv tidak mau menyala atau mati total, namun pada beberapa kasus tv hanya dapat menyala dengan menunjukkan lampu indikator saja tanpa bisa start up power.

Berbeda dengan driver vertikal yaitu menggunakan ic seperti pada gambar. Jika terjadi kerusakan pada bagian vertikal tv masih bisa menyala hanya saja bagian vertikal pada layar tidak akan muncul yang menyebabkan gambar terlihat seperti menampilkan garis lurus ditengah layar tabung.

Kerusakan seperti ini biasa disebabkan langsung oleh ic itu sendiri, namun tidak jarang juga disebabkan oleh retaknya solderan pada kaki ic vertikal sehingga ic vertikal tidak menyala secara sempurna.

Pada beberapa merk tv seperti salah satunya adalah LG, kerusakan pada bagian vertikal ini dapat menyebabkan tv tidak mau menyala atau istilahnya protect sehingga kerusakan nya hanya bisa kita lihat sebentar diawal penyalaan saja atau bahkan tidak bisa sama sekali.

Jadi jika kamu mendapatkan masalah seperti hanya muncul garis ditengah layar, silahkan cek dulu solderan kaki ic vertikal kemudian pastikan ic vertikal menyala dengan tegangan sumber 24v dan juga pastikan jalur ke defleksi yoke terhubung dengan baik.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Memperbaiki TV LCD Rusak Pudar
views 9632
Sebulan lalu saya dapet sebuah tv LCD service an dengan ukuran 32". Rusak tv nya itu adalah warna nya nge blur atau burem. Pas tak nyalain suara norma...
Membuat Tv dari LCD Laptop
views 13694
Bulan lalu sepulang dari saya kerja dan membeli beberapa komponen kebutuhan di bengkel saya ternyata ada paket bungkusan yang dititipkan di tetangga d...
Modem WaveCom Sms mikrokontroller
views 948
Modem wavecom, pertama kali saya mengenal alat tersebut adalah sebagai alat yang digunakan untuk sms gateway pengiriman sms massal ataupun untuk alat ...
Kontroller Jam Sholat P10
views 318
Yang dijual hanya produk kontroller nya saja. Digunakan untuk modul display p10 sebanyak 2 buah. Jam sholat ini Sudah termasuk dapat menampilkan therm...
Similikiti Project
views 1266
Similikiti Project, apaan sih tu? kok aneh banget namanya. Ya itu adalah salah satu perangkat elektronika yang saya buat sendiri. Similikiti project m...
Led Berkedip (BLink)
views 446
Nah ini adalah salah satu contoh sketch atau source code arduino yang akan menampilkan led berkedip sesuai dengan timing delay yang kita atur. Sourc...
Baca Jarak Ultrasonic Bersamaan
views 567
Dalam dunia robotika tentunya sensor merupakan salah satu komponen terpenting dalam menentukan navigasi dari robot yang akan kita buat. Baik dari sens...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Memperbaiki TV LED SONY Gambar Double

Memperbaiki TV LED SONY gambar double, ya sekarang kita akan bahas tv led yang memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 − 1 =

info : sms sedang lelet :D