Menyolder? umunya pakai apa sih? pakai solder tentunya yang paling lumrah dan banyak kita pakai. Walaupun sebenarnya ada beberapa kondisi yang mengharuskan kita menggunaka solder jenis lain untuk dapat memasang komponen elektronik.

Seperti tukang service laptop atau hape yang memerlukan solder jenis lain dalam membantu pekerjaan nya. Yaitu solder uap (blower) ada juga solder infrared. Solder jenis ini diperlukan dalam perbaikan laptop komputer dan juga hape untuk melakukan pemasangan dan pelepasan komponen BGA. Itu yang kaki atau pad solder nya ada dibagian bawah permukaan komponen nya, jadi perlu perangkat khusus untuk membuat komponen tersebut dapat menempel.

IC BGA termasuk juga kedalam komponen SMD (surface mount device). ada banyak lagi jenis komponen smd seperti resistor, kapasitor, IC, dan lainnya. Beberapa kali, bahkan sering kali teman teman sms saya menanyakan bagaimana cara memasang komponen smd seperti resistor dan ic SMD menggunakan solder uap (blower), saya jawab ga usah blower, cukup solder biasa dan banyak yang meragukan pernyataan saya 😀

Saya pun dulu juga seperti itu, karena ga nyobain langsung. Saya mengira untuk bisa menyolder komponen smd harus punya alat khusus, ternyata tidak. Alat alat khusus itu hanya untuk komponen khusus juga seperti yang uda saya ceritain tadi.

memasang komponen smd sendiri memang menggunakan bower (uap panas) ada pula langsung dicelupkan kedalam timah cair (di pabrik), kalau dengan uap panas tentunya tools atau bahan pasangan nya yang kamu pakai untuk menyolder adalah timah dalam bentuk pasta. yaitu timah yang bentuk pasta dan akan cair dan menempel saat dipanaskan oleh uap. Tapi kalau pakai timah biasa dengan solder uap gimana? saya uda coba, dan susah banget hehehe. untuk pasta juga saya udah coba dan berhasil.

Baca juga  Modifikasi TV LCD Jadi TV LED

Karena saya ga selalu punya timah pasta disini akan saya share cara saya menyolder komponen smd dengan menggunakan timah dan soldr biasa. bahan tambahan yang akan membantu kita dalam proses penyolderan adalah pasta atau flux solder (bisa lihat di video) dengan menggunakan flux solder akan mempermudah dalam proses penyolderan. timah biasa menjadi cepat cair dan menempel pada kaki komponen. timah yang diperlukan untuk menempelkan kaki IC pun juga tidak perlu terlalu banyak.

[ads1]

Cara Menyolder Komponen SMD Pakai Solder

6 gagasan untuk “Cara Menyolder Komponen SMD Pakai Solder

  • 14 Oktober 2015 pukul 13.48
    Permalink

    bang itu soldernya berapa watt bang?

    Balas
  • 18 Oktober 2015 pukul 15.48
    Permalink

    bang nanya lagi.. hehe.. bang cara nyolder biar rapih gak bulet-bulet kaya bang duwi itu diapain sih?? kan kalo nyolder resistor smd dan sejenisnya itu disolder suka ngelawan terus kalo kelamaan di solder rusak juga kalo jadi hasilnya bulet-bulet gitu.. atasinya gimana?

    Balas
    • 19 Oktober 2015 pukul 00.32
      Permalink

      pakai flux yang bagus saat menyolder jadi dengan timah dikit aja hasilnya akan melengkung, bukan cembung. silahkan dicoba. flux juga berfungsi untuk mempercepat leleh timah

      Balas
  • 23 Maret 2016 pukul 20.27
    Permalink

    itu pasta merek apa bang,

    Balas

Komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.