Membuat Kabel USB TO TTL

Back to Blog

Membuat Kabel USB TO TTL

Kabel usb to ttl merupakan salah satu jenis kabel converter yang lumrah kita temui jika bermain di bidang microkontroller dan komunikasi micro ke komputer. Kabel usb to ttl ini memungkinkan pengguna untuk membuat perangkat elektronika mikrokontroller nya dapat berkomunikasi dengan komputer sesuai kehendak.

Seperti halnya sekarang, sedang populernya mikrokontroller di kampus saya untuk dipergunakan sebagai skripsi. tentunya dengan basis yang komputer pada kampus saya, mikrokontroller tidak bisa diterima begitu saja namun harus menambahkan unsur IT nya kedalam skripsi tersebut.

Nah bulan bulan lalu banyak sekali project yang saya buat dengan memanfaatkan beberapa sensor sederhana dan mengirimkan data sensor tersebut ke komputer untuk nantinya diolah maupun langsung disimpan ke database sebagai data logger. untuk mengirimkan data tersebut tentunya diperlukan sebuah sistem komunikasi yang memungkinkan hal tersebut.

Selama satu tahun lalu saya masih menggunakan komunikasi serial untuk dapat berkomunikasi antara komputer dan microcontroller. hal tersebut memaksa saya untuk menanamkan rangkaian konverter pada board yang telah saya buat. rangkaian konverter itu adalah rangkaian yang terdiri dari sebuah ic MAX232 dan beberapa buah kapasitor yang gunanya untuk mengkonversi sinyal RS232 ke TTL sehingga dapat digunakan dan dicerna oleh mikrokontroller yang digunakan.

Namun rangkaian ini saya kira kurang praktis jika digunakan untuk project mikrokontroller dalam skala kecil. karena harga kabel usb to RS232 yang lumayan mahal. Maka dari itu saya berinisiatif untuk membuat sendiri sebuah kabel usb to ttl konverter yang bianya untuk pembuatan nya sangat lah murah.

dibawah ini ada schematic yang bisa diterapkan untuk membuat usb to ttl tersebut. dengan menggunakan sebuah IC dari prolific. dan untuk video tutorial bagaimana cara membuatnya bisa disaksikan dibawah ini.

Baca juga  Cara Membuka Casing Iphone

Dari pedoman schematic tersebut diatas saya memodifikasi sebuah kabel data handphone nokia untuk dijadikan sebuah kabel konverter usb to ttl yang sangat murah seperti video dibawah ini.

Ingin melihat video pengaplikasian yang lainnya? seperti pada Erulduino, kabel inipun berfungsi dan membuat erulduino yang awalnya serial menjadi USB.

CEK DISINI.

Share this post

Comments (6)

  • (@duwiarsana) (@duwiarsana) Reply

    Membuat Kabel USB TO TTL http://t.co/SDBxdZPu

    19 Februari 2012 at 14.45
  • Hengky Saputra Reply

    mas bro,kl buat modul running text rgb brp?trims….dari malang-jatim

    30 Desember 2014 at 14.33
  • Bagus Reply

    Permisi om Duwi, saya Bagus.
    Saya ingin tanya tentang USB to TTL ini om, saya sangat awam dibidang elektronika om, jadi dari artikel ini saya bisa simpulkan jika dari USB PC atau Laptop bisa langsung digunakan untuk memprogram microcontroller tanpa bantuan programmer lain semisal USBASP?
    Saya ingin membuat project dimana antara microcontroller dan PC atau Laptop tidak diperlukan programmer semacam USBASP untuk memprogram microcontrollernya. Karena itu saya searching tentang USB to Serial, namun setelah saya menemukan artikel ini jadi saya punya pikiran ingin membuat sistem dimana didalamnya sudah terdapat USB to TTL yang langsung terhubung dengan microcontrollernya, apakah hal ini bisa om?
    Mohon bantuannya, Terima Kasih

    25 Juni 2015 at 17.40
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      usb ttl digunakan hanya saat ic mikrokontroller sudah di bootloader. yang artinya mikrokontroller dapat diprogram melalui port serial. tapi tetap sebelum itu untuk memasukkan bootloader kedalam ic menggunakan usbasp juga mas.

      5 Juli 2015 at 20.09
  • Anjar Reply

    gan, ane mau tanya nih. kan ane mau buat human movement pake sensor PIR, arduino UNO, webcam. dan image processing. jadi kalo ada gerakan, webcamnya autocapture and upload image ke pc. untuk koneksi upload image dari arduino ke PC perlu USB to TTL gan?

    17 Agustus 2015 at 14.45
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      arduino sudah memiliki usbttl nya sendiri. jadi mas ga usah beli lagi. dia perlu komunikasi serial ke aplikasi desktop saya rasa hanya untuk mentriger aplikasi desktop bahwa ada pergerakan dan melakukan capture gambar yang sebenarnya fitur ini bisa dilakukan langsung dalam software tersebut dengan membandingkan image sekarang dengan image terbaru. jika terjadi perbedaan itu menandakan terjadi pergerakan dan langsung jalankan program capture gambar.

      28 Agustus 2015 at 04.13

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog