Berita Terbaru
Beranda » Service » Memperbaiki Layar Monitor Blank Putih

Memperbaiki Layar Monitor Blank Putih

Kalau pada artikel sebelum nya saya membahas kerusakan monitor dengan layar bergaris yang berjudul “Memperbaiki Layar Monitor Bergaris“.

Nah sekarang saya mau membagikan pengalaman saya tentang perbaikan monitor LED yang memiliki kerusakan layar nya tidak mau menampilkan gambar atau bisa kita bilang layar nya blank putih.

Sebelum saya masuk ke pokok pembahasan kerusakan monitor dengan layar blank putih ini, saya ingin menyampaikan bahwa monitor LED untuk komputer berbeda dengan TV LED.

Jika misalnya kalian memperbaiki TV LED dengan kerusakan layar nya blank putih, itu tidak sama cara penanganan nya dengan sebuah monitor LED yang memiliki kerusakan blank putih juga.

Kalau layar LCD TV tidak mendapatkan tegangan, maka layarnya akan menjadi blank hitam. Walaupun lampu backlight nya masih menyala. Sedangkan jika layar LCD monitor (panel LCDnya) tidak mendapatkan tegangan dari mainboard, maka layar nya akan menampilkan blank berwarna putih. Itupun jika backlight nya masih menyala.

Nah berarti jika kalian menemukan monitor komputer baik itu LCD ataupun LED, jika mengalami kerusakan blank putih, kalian bisa curiga bahwa tegangan ke panel LCD nya hilang.

Tegangan yang hilang pada panel LCD monitor tersebut bisa disebabkan karena fuse panel yang putus, rangkaian PCB pada panel LCD yang bermasalah, atau memang mainboard nya yang bermasalah sehingga tidak mampu memberikan tegangan ke layar LCD nya.

Layar LCD Monitor Blank Putih

Pertama kalian tinggal ukur saja jalur VCC menuju panel LCD. ini bisa diketahui pada fuse yang ada di PCB layar LCD nya. Jika disana tidak ada tegangan tapi fuse masih nyambung, kalian bisa curiga terhadap mainboard monitor nya.

Lakukan pengecekan secara berurut dari flat kabel menuju layar yang menyuplai tegangan pada mainboard. Biasanya jalur tersebut akan melalui sebuah komponen yang berbentuk seperti transistor SMD, namun itu adalah sebuah mosfet.

Baca juga  TV LED LG Indikator Kedip

Pada monitor yang saya perbaiki ini ternyata mosfet yang berfungsi sebagai saklar tegangan digital untuk tegangan ke layar LCD nya hangus sehingga tegangan tidak bisa lewat disana.

Posisi mosfet pada mainboard monitor

Nah karena saya tidak punya dan tidak tau seri mosfet apa itu, akhirnya saya berinisiatif untuk menjumper kaki Source dan Drain pada mosfet tersebut. Karena mosfet ini hanya berfungsi sebagai saklar tegangan saja, jadi dengan menjumper kaki source dan drain sama saja dengan menyalakan atau memberikan tegangan terus menerus ke layar lcd walaupun tidak ada signal yang dikirim dari mainboard.

Apakah cara ini tidak apa apa?

Tidak apa apa, tapi perbedaan nya hanya konsumsi listrik yang jadi lebih banyak lagi sedikit. Karena pcb yang ada pada layar LCD akan menyala terus menerus yang sebelum nya nyala nya di kontrol oleh mainboard melalui mosfet yang rusak tadi.

Mosfet yang rusak dilepas, kaki S dan D disambung

Setelah di jumper atau disambung sekarang pastikan tegangan keluar dari mainboard menuju pcb yang ada pada layar LCD. Kalau uda ada, saat dipasang kembali saya yakin layar yang sebelumnya blank putih akan menyala normal kembali.

Monitor sudah menyala setelah mosfet di jumper

Nah, kalau kalian aga bingung dari cerita saya tadi. Kalian juga bisa nonton vlog nya pada video yang sudah saya upload di youtube berikut ini.

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Memperbaiki TV Layar Putih Kena Air

Hari ini saya kedatangan sebuah TV LED yang dibilang lumayan besar yaitu 43″. Yang bawa …

2 komentar

  1. Om bagi firmware lg32LF20FR plisss

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.