Menggunakan RFID pada Sistem Penjualan

Back to Blog

Menggunakan RFID pada Sistem Penjualan

Penjualan tentunya berkaitan dengan proses input dan output data yang terjadi di akhir maupun awal masuk nya barang. Di Supermarket atau minimarket, terjadi prosesinput barang dan output barang yang terjadi di tempat berbeda seperti pada gudang dan kasir.

Pada umunya yang sering digunakan untuk otomatisasi sitem kasir mendeteksi ID barang ke mesin kasir adalah “barcode”. Barcode adalah code batang yang akan dibaca oleh barcode reader sehingga nilainya langusng tercatat di mesin kasir yang juga langsung mencari data ke database penjualan untuk mengetahui keterangan barang, baik itu nama barang dan harga dengan otomatis.

Dengan perkembangan jaman, sekarang (sudah lama sih :)) ada teknologi RFID (Radio Frekwensi Identification). RFID ini ada sebagai Reader dan ada sebagai Tag (yag dibaca) seperti hal nya barcode. Namun RFID memiliki karakteristik yang lebih unik dari barcodjika dilihat dari cara pembacaan nya. RFID dapat dibaca dengan posisi apapun selama dalam jarak baca reader, sedangkan si barcode harus tegak lurus dengan readernya.

Disini saya bersama teman saya berusaha membuat sebuah sistem penjualan berbasis RFID. kenapa kami menggunakan RFID sebagai id unik barang? ya, kami menggunakan RFID karena dengan mengguanakan tag RFID yang setiap tag nya berbeda nilai tentunya untuk keterangan waktu barang masuk. Dengan adanya nilai tag yang berbeda tidak seperti pada barcode yang sama pada setiap produk sejenis, jadi kita dapat mengetahui kapan barang itu masuk per item. Dengan tampilan Delphi XE yang menawan tentunya pengembangan project ini akan menjadi project yang layak untuk dipasarkan.

Dibawah ini adalah design alat yang saya buat dan rancang untuk dapat membaca sebuah tag RFID dan berkomunikasi dengan tampilan Delphi maupun Visual basic.

Baca juga  Baca Jarak Ultrasonic Bersamaan

Project dalam video diatas tentunya sudah terhubung dengan sebuah database yaitu mySql. Kita juga bisa menghubungkan dengan database sQl Server. Mikrokontroller yang digunakan disini adalah ErulDuino. Erulduino merupakan sebuah minimum sistem yang dapat kita gunakan untuk berbagai keperluan.

Menghubungkan Mikrokontroller dengan tampilan delphi maupun visual basic dan terintegrasi ke database sulit? semua itu sangat mudah dengan adanya erulduino yang menggunakan komunikasi serial. banyak judul skripsi yang bisa kita buat dengan adanya erulduino ini. contoh judul skripsi bisa di download disini ataupun langsung search di google dengan konten dewata elektronik.

Galeri foto :

Share this post

Comments (18)

  • Skripsi Mikrokontroller terhubung VB.net | Duwi Arsana . Com Reply

    […] ke tampilan visual basic.net maupun delphi. Seperti pada artikel saya sebelum nya “Menggunakan RFID pada Sistem Penjualan” kita dapat menghubungkan sebuah perangkat mikrokontroller ke tampilan delphi dan database […]

    27 November 2011 at 10.01
  • canal Reply

    Keren tutorialnya bli.. boleh donk ditambah content webnya.. suksma bli..

    26 Januari 2012 at 04.16
    • Duwi Arsana Reply

      PASTi ditambah :) terima kasih sudah berkunjung

      27 Januari 2012 at 11.26
      • canal Reply

        Bli, aq pinjam beberapa tulisan dari web ini ea.. buat tugas sekolah.. suksma bli..

        27 Januari 2012 at 21.22
  • Hargus Dwi Ruzi Reply

    Gan boleh minta coding di delphinya untuk baca RFID nya gan.

    28 Februari 2013 at 01.32
  • ardiyanwira Reply

    Bli saya jg mahasiswa stikom angkatan 2009 ngambil skripsi microcontroler dengan RFID,….bli kox alat saya tdk mau ngebaca kartu tag dr rfidnya….Tp kmarin alatnya mau ngebaca kartu tagnya tp sekarang dia tdk mau ngebaca kartunya,…Mohon pencerahanya

    7 Oktober 2013 at 16.38
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      silahkan coba di program ulang mikrokontrollernya

      7 Oktober 2013 at 20.39
      • zaid Reply

        mas saya mau buat database rfid dengan visual basic untuk parkir, jadi database masuk dan keluar terhubung, mohon bantnnya

        18 November 2015 at 11.26
  • ardiyanwira Reply

    saya tanya dsen micronya jg bilang bgtu,…..bli mungkin bsa bantu saya tdk,..alnya sya bulan ini mau daftar sidang tmen yg bantuin saya ini keluar kota jg,…

    mungkin saya bsa tau alamat bli dmana,….

    Terima kasih jawaban sebelumnya

    8 Oktober 2013 at 08.32
  • ardiyanwira Reply

    Terima Kasih Atas Bantuanya,……:)

    8 Oktober 2013 at 18.25
  • zaki Reply

    mas dwi bisa bantuin tutorial buat bikin RFID reader nya. pingin coba bikin tapi ga tau giamana?

    28 Januari 2014 at 02.48
  • ade eka Reply

    Assalamualaikum.
    master mau tanya kalo sketch nya agar hanya id tertentu yang bisa akses/diijinkan itu gimana yah?

    18 Juni 2014 at 16.45
  • Empi Ardhianta Reply

    kalo mau beli brpa harga nya gan ?

    7 Januari 2015 at 11.49

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog