Modifikasi Hardisk Laptop ke PC

on
Categories: Service, Tips & Trik, Tutorial

Pernahkan kamu berpikir untuk memodifikasi hardisk laptop kamu untuk dipasang pada PC? atau sebaliknya hardisk PC yang ukuran 3.5″ kamu pasang di laptop kamu?

Dalam percobaan saya lama beberapa tahun lalu, di awal awal saya kuliah, saya pernah membeli sebuah laptop pentium3 yang hancur lebur dan hanya tersisa motherboard dan lcd nya saja. Pada saat itu saya membelinya dengan harga 105.000 dari seorang bos pengiriman barang di daerah teuku umar.

Pulang dari sana saya berpikir untuk menyalakan laptop tersebut kembali dan membuatkannya casing baru, namun dengan tau nya harga hardisk laptop yang begitu mahal saat itu, dan laptop yang akan saya oprek tersebut adalah pentium 3, jadi saya berinisiatif untuk memasang sebuah hardisk pc berukuran 3.5 inchi pada laptop saya tersebut. dengan sedikit oprek pada bagian regulator untuk mengakali tegangan 12 volt pada hardisk akhirnya laptop tersebut menyala dengan windows xp dan casing acrylic buatan saya. namun sayang saat itu saya masih belum memiliki kamera untuk mengabadikan nya.

beberapa waktu ini saya kembali ingin membuat hal seperti dulu lagi pada laptop toshiba saya yang masih baru karena harga hardisk yang melambung tinggi bulan lalu, berbekalkan kabel sata dan power external akhirnya sama persis berhasil. Namun saya kasihan pada laptop toshiba saya karena masih baru akhirnya saya bulatkan tekad untuk membelikan hardisk baru seharga 700ribu.

Nah sekarang saya punya lagi sebuah motherboard pentium 3 yang rencananya akan saya gunakan untuk alat pemrogram ic saja (supaya tidap pakai laptop) lewat port parrarel nya. dan lagi lagi terbentur harga hardisk yang lumayan mahal. teringat beberapa waktu lalu saya mendapatkan hibah hardisk laptop ata versi 40gb lumayan lah untuk diterapkan di motherboard pc pentium 3 saya. akhirnya dengan bermodalkan datasheet pinout ide saya jumper saya ke 40 kabel dari hardisk ke pc, dan 4 sisa nya lagi adalah supply 5volt dan ground.

Baca juga  Membuat Animasi Orang Kembar Sederhana

sekali lagi berhasil, namun, tetap ada namunnya, akibat usia motherboard yang terlalu tua dan beberapa elco yang pada melendung, si pc sering kali menampilkan bluescreen dan hingga tulisan ini diturunkan pc saya tersebut masih diperbaiki :).

Hardisk PC ke laptop :

Hardisk laptop ke PC :