Perbaikan Monitor Tabung

Back to Blog

Perbaikan Monitor Tabung

Lelah saya sepulang kampus langsung ke witacomputer untuk mengambil service an yang akan saya bawa pulang untuk diperbaiki.

Sebuah monitor tabung dengan kerusakan mati total dan tidak menampilkan apa apa. Biasanya dari pengalaman saya yang terdahulu, kalau mendapat kerusakan seperti ini, biasanya ada yang tidak beres pada blok regulator. Perbaikan monitor seperti ini mengharuskan saya lebih fokus dalam blok regulator.

Namun saat itu baru saja saya buka casing dari monitor tersebut, nampak dua buah kapasitor pada rangkaian regulator yang kembung atau rusak. Kapasitor itu memiliki tegangan maksimum 10volt dan kapasitansi 470uf. Berarti itu adalah kapasitor filter untuk tegangan 5volt.

Langsung saja tanpa basa basi dalam perbaikan monitor kali ini saya mengganti dua buah kapasitor tersebut dan langsung mencoba nya. Hasilnya, monitor menyala dengan normal kembali tanpa ada kerusakan pada gambar nya.

Baca juga  Led Berkedip (BLink)

Share this post

Comments (2)

  • (@duwiarsana) (@duwiarsana) Reply

    Perbaikan Monitor Tabung http://t.co/CGksaOPu

    24 Februari 2012 at 15.37
  • Bielizna Reply

    Hello there, just became alert to your blog through Google, and found that it is truly informative.
    I’m gonna watch out for brussels. I’ll be grateful if you continue this in future. A lot of people will be benefited from your writing. Cheers!

    20 Juni 2012 at 08.29

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog