Skripsi Mikrokontroller terhubung VB.net

on
Categories: Produk, Software, Tutorial

Ada banyak teman teman yang bingung bagaimana cara menghubungkan sebuah mikrokontroller ke tampilan visual basic.net maupun delphi. Seperti pada artikel saya sebelum nya “Menggunakan RFID pada Sistem Penjualan” kita dapat menghubungkan sebuah perangkat mikrokontroller ke tampilan delphi dan database dengan sangat mudah sekali. Seperti pada contoh video dibawah ini, saya sendiri dengan hanya menuliskan beberapa coding pendek pada visual basic.net dan beberapa juga saya tuliskan di Erulduino saya maka terciptalah sebuah koneksi antara mikrokontroller dan tampilan di komputer.

Banyak teman saya yang di jurusan terkait dengan komputer tak ingin membuat skripsi yang hanya membuat sebuah aplikasi saja, namun banyak yang memiliki ide membuat sebuah aplikasi yang dapat menggerakkan sebuah hardware maupun sebalikknya. Solusi itu dapat dipecahkan dengan menggunakan board minimum sistem dari ErulDuino ini. Dengan sebuah board minimum sistem ini banyak alat yang bisa dibuat, dan tidak hanya dapat bekerja, alat yang dibuatpun dapat langsung berkomunikasi dengan visual basic, delphi, web, hanya dengan koneksi serial RS232. gambar diatas ini salah satu contoh alat yang saya buat dan semua dapat terkoneksi ke interface komputer sekaligus terkoneksi juga dengan database.

Bagaimana kalau kita ingin mengaplikasikan ErulDuino ke lebih banyak fungsi lagi? Tentunya kita harus memodifikasi bentuk dari erulduino agar dapat menghasilkan inputan dan outputan yang sesuai dengan kehendak kita, seperti pada gambar diatas ada beberapa eru yang sudah di modifikasi dengan sensor RFID dan juga ada yang sudah ter integrasi ke relay.

Mau membuat sebuah alat yang membaca suhu ruangan dan ditampilkan ke interface visual basic atau delphi?? itu sangat mudah sekali, dibawah ini adalah hasil layout yang saya buat dan dibawahnya salah satu contoh pengaplikasiannya terhadap delphi.

Baca juga  Membuat Jam dengan RTC (real time clock)

Untuk Tutorial bagaimana menggunakan delphi atau visual ke mikrokontroller nantikan pada artikel saya berikutnya :).