Skripsi Mikrokontroller terhubung VB.net

Back to Blog

Skripsi Mikrokontroller terhubung VB.net

Ada banyak teman teman yang bingung bagaimana cara menghubungkan sebuah mikrokontroller ke tampilan visual basic.net maupun delphi. Seperti pada artikel saya sebelum nya “Menggunakan RFID pada Sistem Penjualan” kita dapat menghubungkan sebuah perangkat mikrokontroller ke tampilan delphi dan database dengan sangat mudah sekali. Seperti pada contoh video dibawah ini, saya sendiri dengan hanya menuliskan beberapa coding pendek pada visual basic.net dan beberapa juga saya tuliskan di Erulduino saya maka terciptalah sebuah koneksi antara mikrokontroller dan tampilan di komputer.

Banyak teman saya yang di jurusan terkait dengan komputer tak ingin membuat skripsi yang hanya membuat sebuah aplikasi saja, namun banyak yang memiliki ide membuat sebuah aplikasi yang dapat menggerakkan sebuah hardware maupun sebalikknya. Solusi itu dapat dipecahkan dengan menggunakan board minimum sistem dari ErulDuino ini. Dengan sebuah board minimum sistem ini banyak alat yang bisa dibuat, dan tidak hanya dapat bekerja, alat yang dibuatpun dapat langsung berkomunikasi dengan visual basic, delphi, web, hanya dengan koneksi serial RS232. gambar diatas ini salah satu contoh alat yang saya buat dan semua dapat terkoneksi ke interface komputer sekaligus terkoneksi juga dengan database.

Bagaimana kalau kita ingin mengaplikasikan ErulDuino ke lebih banyak fungsi lagi? Tentunya kita harus memodifikasi bentuk dari erulduino agar dapat menghasilkan inputan dan outputan yang sesuai dengan kehendak kita, seperti pada gambar diatas ada beberapa eru yang sudah di modifikasi dengan sensor RFID dan juga ada yang sudah ter integrasi ke relay.

Mau membuat sebuah alat yang membaca suhu ruangan dan ditampilkan ke interface visual basic atau delphi?? itu sangat mudah sekali, dibawah ini adalah hasil layout yang saya buat dan dibawahnya salah satu contoh pengaplikasiannya terhadap delphi.

Baca juga  Modul Belajar Mikrokontroller Panjerino

Untuk Tutorial bagaimana menggunakan delphi atau visual ke mikrokontroller nantikan pada artikel saya berikutnya :).

Share this post

Comments (6)

  • Widhi Sinergy Reply

    lanjutannya dong bang shandy :ngarep: nie.

    2 Juni 2013 at 02.29
  • mara Reply

    mas Duwi arsana mohon pencerahannya tolongdong dikirim ke email saya maraputra@gmail.com Tentang cara mengkoneksikan mikrokontroler At89s52 dengan VB6 trimakasih atas ketersediannya

    17 Januari 2014 at 13.57
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      dikirim apa ya mas? untuk komunikasi mikrokontroller ke komputer apapun itu, mas cuma perlu buatkan komunikasi TX RX nya saja di hardware serial mikrokontroller nya mas, langsung kalau mau hubungin ke komputer agar datanya bisa masuk tinggal pakai bantuan usb to ttl saja mas, begitu. mungkin bisa membantu.

      17 Januari 2014 at 14.20
  • mara Reply

    Maksud saya coding vb6 dan coding bahasa mikrokontroler assembly atau bascom untuk koneksikan vb6 ke at89S52

    23 Januari 2014 at 13.50
  • mara Reply

    Maksud saya coding koneksikan visual basic 6 dengan mikrokontroler at89s52 dengan bahasa assembly atau bahasa bascom terima kasih atas kesediaannya

    24 Januari 2014 at 16.59
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      pakai component Serialport mas. kalau di mikro komunikasi uart nya saja jadi referensi. cara kerja hanya seperti chatting saja mas, maaf kalau basic atau assmbly saya belum pernah belajar mas

      25 Januari 2014 at 13.02

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog