Belajar Robot Hexapod

Back to Blog

Belajar Robot Hexapod

Sedang asik menonton tv bersama shandy di kamar saya yang sempit ini tiba tiba saja si ngurah datang membawa sebuah kotak besar yang berisikan sebuah robot laba laba (hexapod) yang dibawanya karena akan digunakan untuk sesi foto foto robot di kampus.

Ngurah bilang nya sama saya robot nya sudah di program dan hanya bisa berjalan biasa dan berdiri. Saya dan shandy pun penasaran ingin melihat langsung gerakan robot tersebut dengan langsung memberikan nya tegangan sumber. Namun apa yang saya harapkan tidak ada hasilnya. Minimum sistem yang ada pada robot tersebut hanya berkedip kedip seperti rangkaian berkedip biasa.

Beneran sudah di program rah? saya tanya tuh sama ngurah, ngurah jawab nya sudah. Mantep uda mau berdiri pake servo baru. Namun berbeda dengan apa yang kami terima saat itu. Shandy kecewa dan saya pun biasa saja.

Kekecewaan si shandy bukan tanpa alasan, ya itu karena dia bakalan pamerin tu robot yang ga bisa gerak sama sekali. Kami bertiga tidak tahu menau masalah robot hexapod. Saya sendiri bingung melihat banyaknya kabel yang ada.

Setelah shandy pulang dan si ngurah juga pulang, iseng saja saya bongkar robot hexapod yang diam tersebut. ternyata mesin yang digunakan sebagai kendali adalah SSC-32 yaitu driver motor standar yang digunakan dalam humanoid maupun hexapod.

Langsung saja saya program sederhana saya lancarkan ke dalam perangkat sederhana tersebut. Program sederhana itu adalah program untuk berusaha berdiri dan mengukur kekuatan semua servo dengan berusaha mengangkat naik dan turun badan nya sendiri.

Kesemua program itu saya jalankantanpa beban battery robot yang sangat berat. dapat dilihat dari video, tanpa beban battery saja robot itu sudah tumbang, apalagi jika diberi beban battery nya walau servo nya sudah metal gear.

Baca juga  Rangkaian Saklar Bluetooth 2 Relay

Karena itu bukan robot saya dan bukan design saya  ya saya hanya main main dengan program saja, tidak berani untuk mengutik hardwarenya.

untuk jalan tanpa battery hanya dalam hitungan menit robot sudah tumbang akibat beban berlebih dan kalkulasi daya yang digunakan tidak tepat.

Dan tiba akhirnya saya mengantuk lalu tidur karena kecapean.. :D

UPDATE !!

 

 

Share this post

Comments (6)

  • 5 star Reply

    5 star…

    […]Belajar Robot Hexapod » Duwi Arsana[…]…

    9 Juni 2012 at 06.34
  • online-courses Reply

    Tired of comment spam…

    “Akismet is the best automated spam killer that actually gets better as it learns….

    7 Juli 2012 at 00.40
  • Artistic Designer Reply

    Fantastic Sites…

    […]this is absolutely fantastic, added your site to my list[…]…

    14 Juli 2012 at 05.49
  • Rian Wahyudi Reply

    mas.untuk koding program arduino nya sendiri gimna mas?
    satu lgi mas.jenis servo yang di gunakan apa mas.

    24 Juni 2013 at 03.49
  • Farhan Fazlurrahman Reply

    tolong bikin artikel soal ssc32nya dong mas hehehe.

    16 Juli 2013 at 10.59
  • Erick Fernando Reply

    MAs bisa meminta koding program hexapod nya… kalau bisa .. tolong kirimkan ke email saya mas erick.fernando_88@yahoo.com .. terima kasih

    27 Oktober 2014 at 04.12

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog