Berita Terbaru
Beranda » Produk » Design Robot Pencari Api

Design Robot Pencari Api

Beberapa hari lalu saya terbayang untuk mendesign sebuah robot yang dapat mencari dimana letak api dan sekaligus memadam atau mematikan nya. Robot yang dibuat dapat mencari api dengan melewati lorong lorong menuju beberapa ruangan yang kemungkinan ada sumber api. Tipe robot  seperti ini biasanya sering dilombakan tiap tahunnya. Dalam lomba KRCI (kontes robot cerdas indonesia) baik divisi beroda maupun berkaki biasanya dilombakan robot yang dapat mecari lokasi sumber api dan memadamkan nya menggunakan cairan maupun kipas. biasanya alat yang digunakan memadamkan api adalah kipas angin karena teknik ini sangat mudah diterapkan dan hemat energi.

Robot yang saya design adalah robot yang sangat mungil dengan memanfaatkan PCB control nya langsung sebagai chasis (body) dari robot tersebut. Robot ini di design dengan menggunakan dua buah roda sebagai penggerak dan enam buah sensor sebagai alat bantu navigasi robot.

Adapun sensor yang saya pakai dalam robot ini adalah :

  • dua buah sensor garis yang berfusngsi sebagai pembaca kondisi jalur seperti adanya perempatan (blok putih), home base, dan sekat pemisah ruangan dan lorong.
  • tiga buah sensor infrared, berfungsi sebagai nafigasi saat robot sedang berjalan, sebagai pengganti sensor ultrasonic yang harganya dua kali lipat lebih mahal.
  • sebuah sensor ultrasonic sebagai mata jarak jauh. sensor ultrasonic yang saya pasang mambu membaca jarak hingga 5 meter.

berikut design PCB dan sekaligus chasis yang telah saya buat.

 

Baca juga  Membuat Penyiram Tanaman Otomatis

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Maestro Ogoh Ogoh, Kedux dan Marmar

Hari itu Senin tanggal 24 Februari Tahun 2020, di gedung Dharmanegara Alaya Lumintang. Saya bersama …

10 komentar

  1. Untuk sound activation , artikel nya ditunggu yaa..

  2. Wow.. Karya yg brilian, bisa dibeli ama pemadam kebakaran neh.. Lanjutkan gan!

  3. mas artikel sound aktivasion nya belum di sher ya?

  4. mas Duwi, bisa minta design dan daftar komponen yang diperlukan untuk membuat robotnya mas? beserta coding programnya,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.