Tegangan tentunya kita tau untuk yang bergelut di dunia listrik identik juga dengan sebutan beda potensial. Tegangan tinggi yang paling mudah kita saksikan secara langsung adalah kabel 3 pahasa yang melintang bebas di atas tiang listrik tegangan menengah di pinggiran jalan. Tegangan pada saluran tiga phasa tersebut berkisar 20KV, sangat tinggi untuk kita tidak mendekatinya apalagi sampai menyentuhnya tentu akan menyebabkan kematian.

Sebenarnya tegangan tinggi jika kita pergunakan secara baik dan dalam perlindungan yang benar kita tidak akan mendapatkan masalah dalam bermain tegangan tinggi ini. dan sebelum saya melanjutkan cerita nya lebih baik adik adik untuk tidak mencoba nya dirumah dan lebih baik untuk mempelajarinya terlebih dahulu ya.

Ini berawal dari seringnya saya melihat listrik bocor, baik itu di flyback ataupun di jaringan listrik PLN. Flyback adalah sebuah komponen aktif pada perangkat televisi atau monitor yang berfungsi untuk membangkitkan tegangan tinggi menuju tabung televisi atau monitor. Biasanya kalau flybacknya rusak, lebih sering saya lihat dia bocor sih, biasanya akan nampak listrik biru keluar dari kabel flyback itu menuju grounding terdekat di jalur kabel itu. suaranya seperti ular mendesis, kalau kamu mendengar suara ini di tv tabung kamu itu berarti flyback kamu bocor dan harus cepat diganti karena itu bisa bahaya, siapa tau nanti bisa kena kamu nya pas pegang tv. Nah kalau di jalan malem malem biasanya ada listrik bocor juga lebih jelas terlihat kalau malam. Kabel 3 pahasa di pinggir jalan itu biasanya mendesis juga dengan cahaya biru menuju isolator tumpu dari kabel tersebut.

Saya mulai terpikir, keren juga buat sebuah hiasan bengkel yang keluar listrik seperti konslet tapi berulang ulang. Seperti di film film tentang ilmuan yang ada listrik konslet atau loncat dari kawat satu ke kawat lainnya sambil naik terus menerus. Tentunya untuk membuat yang seperti itu kita perlu tegangan tinggi dong. Dari mana kita bisa mendapatkan tegangan tinggi tersebut sedangkan tegangan dirumah kita adalah 220v.

Baca juga  Cara Membobol Kunci Gembok

Pakai flyback untuk menghasilkan tegangan tinggi tersebut? ya memang flyback bisa digunakan untuk menghasilkan tegangan tinggi tersebut, namun dulu saya pernah mencoba membuat dengan rangkaian flyback driver sederhana hasilnya loncatan listrik yang kurang sempurna karena lebih banyak menghasilkan listrik halus berwarna biru pudar bukan nya loncatan api.

Setelah beberapa kali googling akhirnya saya menemukan sebuah generator tegangan tinggi yang mampu menhasilkan tegangan 2KV dan menciptakan loncatan api yang sangat besar. Alat tersebut adalah sebuah Transformer yang ada pada microwave oven. Ya, trafo pada microwave menghasilkan tegangan 2KV pada sisi sekunder nya. Tegangan tersebut digunakan untuk menyalakan magnetron agar bisa menghasilkan gelombang mikro yang dapat menggetarkan molekul secara cepat sehingga terciptalah panas.

Nah transformator microwave ini saya beli online seharga 275rb, harga yang pantas lah untuk sebuah ke ingin tahuan. Awalnya saya agak takut untuk menyalakan nya. Dari pertama datang ada sekitar 2 hari saya ga kutik kutik tuh trafo. Sampai akhirnya saya mencoba untuk menshort kan bagian sekundernya dan menghasilkan api yang sangat besar sekali.

Perlu diketahui, pada bagian sekunder trafo ini salah satu kabel nya sedah terhubung pada bagian body dari trafo jadi kamu jangan sampai menyentuh body trafo ya, dan juga kalau ingin memegang kabel bagian lainnya usahakan menggunakan tongkat yang bersifat isolator.

Dibawah ini adalah video lain yang saya buat seperti effect effect laboratorium di film film namanya jacob’s ladder kalau ga salah.

Generator Tegangan Tinggi

Satu gagasan untuk “Generator Tegangan Tinggi

  • 13 Juli 2015 pukul 10.48
    Permalink

    sy pernah coba mas,loncatan listrik nya sangat keren trimaksh mas Duwi…….Youtube Saya **WAYAN SUYATNA**

    Balas

Komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.