Kendali sms 8 Channel

Back to Blog

Kendali sms 8 Channel

Kendali sms atau sistem monitoring sms, dari kemarin artikel saya masih terlalu lama di seputaran itu saja. ya karena saat itu saya masih bermain di gsm shield. hanya saja design pcb yang saya perbarui. Kali ini ada yang sedikit berbeda dengan kendali sms yang saya buat sebelumnya.

Pada artikel sebelum nya, ada sistem smart house atau rumah pintar yang berbasis sms juga. di sana saya menggunakan sebuah modul belajar panjerino, pada modul tersebut sudah terdapat 8 buah led yang dapat kita hubungkan langsung dengan menggunakan kabel jumper ke board arduino. artinya dari arduino akan langsung digunakan untuk menyalakan led tersebut. Tentunya jika kamu ingin menambahkan lebih banyak lampu lagi misalkan 16 lampu? 32 lampu atau bahkan lebih? tentunya panjerino tidak akan sanggup untuk menyalakannya karena keterbatasan pin output pada panjerino.

Nah pada design sistem kontrol yang baru ini saya sudah menggunakan sebuah sistem register dengan tipe ic 74595 dimana ic ini dapat kita sambung sambung untuk memperbanyak jumlah output lampu dengan hanya 3 sinyal input. selain itu sistem ini saya pilih karena akan mengurangi beban dari mikrokontroller yang kita pakai. saya ga terlalu mengerti beginian, tapi ini yang saya buat. gambar layout dan design coba lihat dibawah ini.

Gambar layout dan tata letak tersebut saya gambar dengan menggunakan software diptrace, kembali lagi saya menggunakan diptrace karena saya rasa sangat cepat mendesign layout tanpa harus membuat skematik terlebih dahulu. Masalah solder menyolder saya masih menggunakan sistem sederhana solder biasa dan timah biasa, namun dengan hasil yang super bersih. Mau tau bagaimana hasilnya? coba lihat gambar dibawah ini.

Baca juga  Menyalakan Peralatan Listrik dengan SMS

 

Kamu mau tau cara menyolder agar bisa bersih dan mengkilap seperti gambar diatas? nantikan saja artikel nya di duwiarsana.com dan dibawah ini adalah video demonstrasi dari kendali sms 8 channel dari saya.

Download Coding

Share this post

Back to Blog