Membaca Sensor LDR Dengan Arduino

on
Categories: Belajar Arduino

Halo temen temen para pembaca setia duwiarsana.com

Sekarang kita lanjut lagi belajar arduino nya.

Kita akan belajar tentang bagaimana membaca nilai sebuah sensor LDR menggunakan sebuah arduino dan menampilkan nilainya pada layar komputer melalui serial monitor.

Apa itu LDR?

LDR merupakan salah satu komponen elektronika pasif, memiliki nilai hambatan yang dapat berubah tergantung dari intensitas cahaya yang mengenai permukaan LDR.

Kepanjangan dari LDR adalah Light Dependent Resistor yang artinya nilai resistansi atau hambatan berubah tergantung dari nilai cahaya yang diterima.

Nilai hambatan pada LDR akan menurun atau mengecil jika cahaya disekitarnya terang, namun jika cahaya disekitar LDR redup atau gelap maka nilai hambatan pada LDR akan menjadi besar.

LDR merupakan komponen elektronika yang sering digunakan pada rangkaian saklar lampu otomatis, yang akan menghidupkan lampu saat gelap serta akan mematikan lampu saat kondisi sudah terang kembali.

Alat dan Bahan

Beberapa komponen yang diperlukan dalam ujicoba ini diantaranya adalah :

  • Arduino Uno
  • Kabel jumper
  • Breadboard
  • Sensor LDR
  • Resistor 10K

Gambar Rangkaian

Berikut ini adalah gambar rangkaian yang harus kalian rangkai. untuk pemilihan pin yang terhubung dengan LDR pada bagian inputan analog arduino harus disesuaikan juga hardware dan software atau coding arduino. Tapi kali ini kita kan hubungkan pada pin analog 0 arduino.

Coding Arduino

Silahkan upload coding berikut pada arduino menggunakan software arduino IDE, lalu buka Serial Monitor pada arduino IDE. Maka pada serial monitor akan nampak nilai yang berubah ubah sesuai dengan intensitas cahaya yang mengenai sensor LDR.

void setup() {
  Serial.begin(19200);//mengaktifkan fungsi serial
}
void loop() {
  //membaca nilai LDR pada pin analog 0
  int sensorValue = analogRead(A0);
  //mencetak nilai yang terbaca pada serial monitor
  Serial.println(sensorValue);
  delay(1);        //delay untuk memperlambat pembacaan
}

[ads1]

Baca juga  Alarm Sensor Gerak Bersuara SMS

Hasil Output

Kalau kalian perhatikan, awal data yang masuk pada serial monitor nampak nilai nya lebih kecil dari data yang ada dipertengahan. Lalu berikut nya kecil lagi.

Itu karena saya mencoba untuk menghalangi dan tidak menghalangi sensor terhadap cahaya sehingga datanya bisa berubah.

Pengembangan

Dengan didapatnya data nilai berupa angka ini kalian jadi tau batas nilai saat sensor mengenai cahaya dan saat sensor tidak mengenai cahaya. Selanjutnya batas batas nilai terhadap cahaya ini bia kalian buatkan logika agar dapat menyalakan sesuatu berdasarkan cahaya.

Percobaan itu akan kita lakukan pada artikel berikut nya. Ditunggu ya :D