Mengganti Rangkaian Driver Backlight TV LED

Back to Blog

Mengganti Rangkaian Driver Backlight TV LED

Sebagian besar orang sekarang sudah memiliki TV dengan jenis LED.

Selain harganya yang juga sekarang sudah mulai terjangkau, memiliki TV LED di rumah memiliki kepuasan sensiri karena adanya TV LED dirumah menambah kesan mewah pada sebuah rumah.

Bentuk nya yang tipis membuat TV LED dapat dengan mudah diletakkan dimana saja, baik itu diatas meja maupun di tempel pada tembok.

TV LED juga kadang memiliki beberapa masalah kerusakan sama seperti semua jenis TV. Karena semua barang elektronika pasti saja bisa rusak.

Berbeda dengan TV tabung yang komponen nya masih besar besar, TV LED sekarang memiliki komponen yang “terlihat” lebih sedikit, bahkan sangat sedikit. Itu karena semua komponen sudah menyusut ukuran nya dan bahkan ada beberapa blok fungsi menjadi satu komponen seperti sebuah IC.

Beberapa Kerusakan TV LED

Beberapa kerusakan yang paling sering saya dapati pada sebuah TV LED adalah :

  • Gambar tidak ada, sedangkan suara normal.
  • Gambar bergaris
  • Gambar berubah warna.
  • Tidak mau menyala karena mati total
  • Tidak mau menyala karena standby
  • dan masih banyak lagi.

Kerusakan yang saya tulis paling pertama adalah yang paling sering rusak. Yaitu suaranya normal, sedangkan gambar nya tidak muncul atau tidak menyala sama sekali.

Sebenarnya kerusakan seperti ini tergolong dalam kerusakan yang paling mudah diperbaiki. Sebelum kita membahas tentang bagaimana mengatasi atau memperbaiki masalah ini perlu diketahui bahwa kerusakan TV yang layar nya tidak menyala tapi suaranya normal tersebut diakibatkan oleh matinya lampu latar atau sering disebut backlight.

Kenapa bisa mati? apakah kualitas TV nya buruk?

Tidak.

Biasanya kita setelah beli TV pasti langsung pakai tanpa harus mengubah setingan apa apa yang diberikan dari toko. Dari toko biasanya agar TV tersebut terlihat bagus warna nya, setingan akan dibuat maksimal termasuk maksimal dalam cahaya lampu latar atau background. Nah sebenarnya pengaturan inilah yang membuat umur backlight menjadi pendek. Ini bisa kita ketahui dengan melihat nilai setingan lampu latar atau backlight pada TV, biasanya akan diset 100%, saran saya ubah nilai ini menjadi 70% dan hasilnya tidak akan terlalu terlihat perbedaan dari segi kecerahan.

Baca juga  Memperbaiki TV LCD Rusak Bergaris

Cara Memperbaiki

Jika TV kalian mengalami masalah layar nya mati tapi ada suara, beberapa hal yang harus kalian lakukan adalah :

  1. Cek apakah tegangan dari konektor supply backlight menuju LED backlight ada tegangan saat TV dinyalakan.
  2. Jika ternyata ada, tapi lampu led backlight tidak menyala itu artinya ada salah satu atau beberapa led yang putus.

LED backlight yang digunakan pada sebuah TV LED menggunakan rangkaian seri untuk semua LED nya (pada umumnya). Hal ini akan menyebabkan keseluruhan LED yang ada akan mati jika salah satu led putus atau mati. Kalian bisa mengetes nya satu persatu seperti yang dilakukan pada video berikut ini.

Nah kalau masalah nya ternyata tegangan menuju LED tidak ada walaupun TV sudah menyala, itu biasanya rangkaian driver backlight LED ada masalah atau biasanya hanya mati pada bagian mosfet nya.

Tapi jika kalian bingung untuk cara memperbaikinya, kalian bisa mengganti rangkaian driver tersebut dengan rangkaian step up tegangan yang harganya cukup murah. Rangkaian ini bergungsi untuk menyediakan tegangan yang lebih tinggi dimana tegangan input yang diberikan lebih rendah dari tegangan yang diperlukan.

[ads1]

Untuk Bentuk dan pemasangan alat tersebut ada pada video berikut.

 

Share this post

Comments (2)

  • hadi suyanto Reply

    mas.. nmer hpnya kok gak ada yg bsa di hubungi.. nasib pesenan sya gimana kok g ada kbar dan respon.. saya uda transfer lho.. gmna mas…

    19 Juli 2017 at 11.37

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog