Iseng browsing browsing tentang cara membuat game android, ketemu dengan sebuah blog yang isinya tutorial membuat game flappy bird dari awal sampai selsai. Blog itu punya nya mbak caiss cubidubibuloaloa, saya bingung baca nya hehehe tapi kamu bisa kunjungi blog nya disini.

Sepintas saya baca sangat menarik tutorial yang dibuat sama mbak dari kampus Gunadarma ini. Oiya kalau dilihat dari FB nya nama mbak ini Salis Uswatun Khasanah. Dia menjelaskan secara detail bagaimana membuat game flappy bird dari menyiapkan gambar gambar nya sampai game tersebut bergerak saat di ujicoba. Dalam membuat game flappy bird disini menggunakan aplikasi unity 3d dan saya pun baru pertama kali mendengarnya.

Langsung saya download aplikasi versi gratis dari unity ini sekitar 1,3GB dan mengikuti tutorial membuat game flappy bird tersebut.

Untuk gambar gambar dan suara ternyata tidak susah mendapatkannya, tinggal ketik flappy bird di google, semua gambar pun muncul dan siap kita edit untuk dimasukkan ke game yang akan dibuat.

Dalam membuat game ini perlu dimiliki skill programming bahasa C# setidaknya pernah lah ketik ketik coding bahasa C. dan juga skill dalam photoshop untuk bagian gambar nya, karena saya melihat dalam pembuatan game menggunakan unity atau bahkan mungkin aplikasi lainnya, itu mirip sekali dengan after effect nya adobe. karena kita disini bermain layer layer gambar yang kita gerakkan dengan coding. Di after effect pun begitu. Ada beberapa kondisi dimana kalau kita ingin menambahkan effect tertentu pada layer video di after effect kita perlu menyisipkan script khusus.

Hal pertama yang agak bikin lama saat membuat game ini adalah mengatasi grafitasi, atau membuat coding grafitasi yang membuat si burung itu jatuh saat tidak ditekan dan melambung saat layar kita tekan. Menentukan nilai nilai dalam rumus itu agak kewalahan karena kadang loncatannya terlalu tinggi, grafitasinya terlalu berat sehingga burungnya terlalu cepat jatuh dan sebagainya.

Baca juga  Membuat Jadwal Sholat Otomatis

Untuk menambahkan effect suara atau audio pada aplikasi unity ini ternyata tidak serumit seperti pada aplikasi android studio. disini kita hanya perlu ketik koding dikit aja, trus pakai beberapa library dan import asset. dites langsung suara deh. dimana suara nya mau diputar, coding play suaranya disana disisipkan. Misalnya saya mau suara angin saat burung terbang, maka coding play suara angin ditaruh pada coding mendeteksi tombol atau layar ditekan. Coding play audionya juga sederhana seperti dibawah ini nih.

GetComponent().PlayOneShot(suaraterbang);

Oiya hebatnya bikin game di unity ini sekali kita ngoding bisa dijadiin berbagai macam platform seperti android, windows bahkan juga iOS lho. saya uda coba.

nah kalau kamu mau coba hasil game buatan saya langsung aja download di play store ya. mainin langsung. Tapi maaf game nya ga bisa save poin yang kamu dapet hehehe. Langsung download dibawah ini untuk pengguna android.

[button color=”red” size=”medium” link=”https://drive.google.com/file/d/0B_ChWI_LhH8_anhuUWVLU0d0MlE/view?usp=sharing” icon=”” target=”true”]Download FlappyBird[/button]

Loading

Membuat Game Flappy Bird

2 gagasan untuk “Membuat Game Flappy Bird

  • 15 September 2015 pukul 20.54
    Permalink

    Saya mau bertanya jika saya pesan untuk dibuatkan website apakah bisa??

    Balas

Komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.