Membuat Papan Skor Futsal Sederhana

on
Categories: Mikrokontroller, Tutorial

Papan skor, apa itu papan skor? itu lo papan yang ada angka nya dan menyala yang biasanya menunjukkan angka skor atau poin dalam sebuah pertandingan. yang paling lumrah atau sering kita temui adalah papan skor untuk pertandingan bola, futsal, bulutangkis, voley dan lainnya.

Papan skor sendiri ada yang manual dengan cara mengganti angka nya satu persatu saat salah satu regu mendapatkan poin, ada juga yang digital hanya dengan menekan tombol saja angka pada display berubah sesuai dengan yang diinginkan.

Nah sekarang kita akan mencoba untuk membuat sebuah papan skor futsal sederhana. Kenapa harus futsal? ya karena banyak tempat latihan futsal yang memerlukan display untuk lapangan yang disewakan oleh orang pengelola futsal. Kalau lapangan besar kayaknya jarang, tapi ini juga bisa diterapkan di lapangan besar kok.

Nah apa aja yang harus kita siapkan untuk bisa membuat papan skor futsal sederhana itu? Berikut ini komponen atau sparepart yang harus kamu punya terlebih dahulu.

Nah setelah itu untuk pertama pasang dulu kabel data pada panel led matrix ke konverter panel lalu pasang ke pin arduino seperti pada video. Ingat power supply untuk panel dan arduino juga dipasang karena tanpa power supply nanti alatnya tidak akan bisa menyala :D

Trus download dulu coding atau sketch arduino nya di bawah artikel ini nih. jangan lupa juga library untuk project ini yaitu timerone, Pstring dan dmd dicopy ke folder library pada file instalasi arduino. Tanpa file tersebut pasti deh coding nya akan error saat kamu akan upload ke arduino kamu.

Baca juga  Project IoT ESP8266 ESP12E

[ads1]

Kalau pas kamu compile sudah oke maka langsung aja kamu upload ke arduino. Jika benar maka hal pertama yang akan muncul pada display led adalah tulisan “Scoreboard sederhana” yang muncul dengan bergeser ke kiri, diikuti dengan muncul nya angka “000”

Lalu bagaimana caranya kita untuk menambah dan mengurangi angka pada hitungan led matrix tersebut? Tentunya kamu perlu 2 buah tombol yang akan melakukan hal tersebut. pasang 2 buah tombol pada masing masing pin digitalĀ 0 dan 1. yang memiliki common ke GND. Sehingga seolah olah dengan dua buah tombol tersebut kamu akan menghubungkan GND ke pin digital 0 atau 1. tombol tersebut yang nantinya akan menghitung maju atau mundur seperti pada video dibawah.

dmd.drawMarquee("SCORE BOARD SEDERHANA",21,(32*DISPLAYS_ACROSS)-1,0);
long start=millis();
   long timer=start;
   boolean ret=false;
   while(!ret){
     if ((timer+30) < millis()) {
       ret=dmd.stepMarquee(-1,0);
       timer=millis();
     }
   }

Untuk sketch atau coding yang membuat led matrix ini menampilkan tulisan berjalan sangatlah sederhana seperti codingĀ diatas yang kita hanya perlu menuliskan score board sederhana dan juga menuliskan berapa banyak karakter yang akan ditampilkan pada led matrix, seperti dilihat disamping kalimat tersebut ada angka 21 yang artinya akan menampilkan karakter berjalan sebanyak 21 karakter. sedangkan untuk menampilkan angka yang diam seperti angka “000” maka koding nya adalah :

dmd.drawString(3,1,"000",3,GRAPHICS_NORMAL );

Sangat sederhana :D

Baca juga  Membuat Power Supply Variable

Download coding lengkapnya pada tombol download dibawah dan coba sendiri di arduino kamu tapi dalam prakteknya ini saya bikin sendiri pcb nya untuk mengurangi biaya :)

[sociallocker id=2480]

[button color=”orange” size=”medium” link=”https://www.dropbox.com/s/s6eynuihyvj3fzl/papan_score.ino?dl=0″ icon=”” target=”false”]DOWNLOAD CODING LENGKAP[/button]

[/sociallocker]