Dari kemaren bahas nya lampu aja terus, apa ga bosen ya 😀 . yang seru nya bukan di lampu sih sebenernya, tapi di sistem kendalinya yang beraneka ragam. Kalau beberapa artikel sebelumnya saya menampilkan kendali nyala listrik berbasiskan android melalui bluetooth sekarang saya menampilkan hal yang sedikit beda. Tanpa tombol dan tanpa perangkat tambahan untuk mengendalikan nya, tapi menggunakan perintah suara untuk menentukan perangkat tersebut menyala atau tidak.

Dengan memanfaatkan modul easyvr ditambah dengan minimum sistem yang saya rancang modul ini dapat menterjemahkan perintah suara kita ke logika logika yang dapat digunakan untuk mengaktifkan relay yang berfungsi sebagai pengganti saklar dalam instalasi listrik.  Dengan memory yang cukup besar untuk dapat menampung banyak perintah suara tentunya tidak hanya digunakan untuk menyalakan lampu berbasis perintah suara, mungkin keren nya seperti voice recognition. kamu juga bisa mengendalikan robot dengan memasangkan modul ini di robot kamu, dengan sederhana pemasangan komunikasi UART kamu sudah bisa menggerakkan robot dengan perintah suara. tentunya seperti program voice recognition pada komputer, pada alat yang saya buat ini juga tentunya harus melalui proses learn untuk mencocokan pola suara dengan tipe perintah yang kita buat.

Masih kembali saat saya kuliah, ada salah satu teman saya pernah juga membuat sistem kendali berbasis suara namun saat menceritakan ke saya, dia bercerita bahwa alatnya dapat digunakan sebagai password dengan mendeteksi suara dari si pemilik rumah. dengan menganalisis gelombang suara. tapi setelah saya membuat ternyata semua orang bisa mengaktifkan nya dengan kata perintah yang sama. dan ternyata yang di periksa sama si alat adalah panjang durasi kata dan logat aksen dari bicara kita yang membentuk pola tertentu. tapi dengan begitu saja kita sudah bisa mengendalikan nyala peralatan listrik dirumah tanpa harus bangun untuk menekan tombol apapun layaknya smart home.

Baca juga  Update LED Matrix Lewat Perintah Suara

dibawah ini adalah minimum sistem yang saya buat untuk mengendalikan nyala listrik. disana terdapat 4 buah relay, yang sebenarnya kamu bisa buat sampai 32 channel keluaran, tergantung keperluan saja. dengan ukuran yang ringkas tentunya kamu bisa menaruhnya pada kemasan yang ringkas pula dan menanamnya pada posisi yang strategis sehingga perintah suara mudah untuk di terjemahkan. untuk kamu yang kepingin tau gimana sih coding kendali nyala lampu berbasis perintah suara ini tinggal download aja file dibawah ini dan buka di program edit text di komputer kamu.

Saksikan video bagaimana alat ini bekerja dan bagaimana mudahnya alat ini menyalakan lampu.

Download coding : menyusul

Menyalakan Lampu dengan Perintah Suara