Menyalakan Lampu Menggunakan Android

on
Categories: Mikrokontroller, Produk

Dari judul nya “Menyalakan Lampu dengan Menggunakan Android” mungkin kamu sudah bisa membayangkan kita dapat menyalakan lampu dengan bantuan perangkat android. Kalau kamu yang pernah liat pada artikel saya sebelumnya, mungkin kamu tau perangkat sejenis buatan saya yang bisa melakukan hal itu. Namanya adalah “Panjeroidtooth” namun panjeroid tooth di design hanya untuk 4channel lampu saja.

Saat ini alat serupa yang dapat menyalakan dan mematikan tidak hanya lampu tapi semua peralatan listrik AC maupun DC telah berganti nama menjadi ANDROPOWER KONTROL, dan tentuya memiliki kelebihan. kelebihan nya yakni sudah mampu mengendalikan 8channel keluaran. Alat ini berfungsi layaknya saklar yang dirangkai seri dengan beban dan sumber tegangan, hanya saja alat ini berfungsi tidak dengan menekan benda fisiknya namun menekan tombol pada perangkat android secara wireless melalui bluetooth.

Beberapa bulan lalu masih saya ingat dikampus saya lagi ngetrend nya bikin skripsi dengan judul ber aroma kan android. entah itu hanya menampilkan text saja, gambar, play musik sampai sistem kendali. dan kebanyakan judul skripsi android yang mengarah ke sistem kendali menggunakan bluetooth sebagai media komunikasi terhadap hardware namun tidak sedikit juga yang menggunakan wifi.

Bluetooth banyak dipakai sebagai pilihan utama karena penggunaan nya yang mudah dalam pengaplikasian hardware. komunikasi layaknya serial dan murah menjadikan bluetooth prioritas utama dalam media komunikasi.

ANDROPOWER KONTROL saya design dengan menggunakan software DIPTRACE dan proses pembuatan pcb saya masih lakukan secara manual namun tentunya dengan hasil yang maksimal. silahkan lihat design PCB saya dibawah ini dan hasil jadinya. kamu juga bisa melihat video hasil uji coba dari andropower kontrol dibawah ini.

Baca juga  Membuat Penggaris Digital Arduino

Download Layout Siap Cetak :

[wpdm_file id=21]

Download Coding :

*menyusul