Modul suara kerap sekali diperlukan untuk project elektronika yang memerlukan suara sebagai output dari hasil prosesnya. Seperti modul mp3 misalkan, modul mp3 player sering kali dapat kita temukan di mesin antrian yang ada suara nya “Nomor antrian, dua, puluh, tiga,” seperti itu, mungkin kita dengar seperti terpatah patah. Terdengar seperti itu karena setiap segment itu file suaranya disimpan secara terpisah. tapi coba kalau kamu perhatikan gerobak dagang es dijalan yang selalu bersuara keras dan ada musik nya, atau dagang burger yang selalu bersuara orang yang teriak “Burger!!” dari mana mereka menghasilkan suara itu? dengan pemutar mp3? kaset tape? dvd player? tentunya tidak serumit itu mereka membuatnya dapat bersuara.

Ada modu terbaru saya yaitu modul suara ngandika. modul yang dapat merekam suara selama beberapa detik dan dapat memutarnya berulang ulang tanpa harus takut suaranya berubah ubah. modul suara ngandika ini saya buat berbasiskan IC ISD yang mampu merekam maksimum 20 detik lamanya. dengan merekam suara melalui mic kamu dapat memutar suara kamu kapanpun kamu inginkan. atau kamu rekam suara tertentu dari komputer untuk kamu gunakan sebagai iklan pada rombong dagangmu? itu bisa saja.

Kamu lihat deh pcb yang saya buat disamping ini, dengan ukuran yang sangat kecil kamu sudah bisa merekam suara dan memutar nya ulang kapanpun kamu mau dan berapa kalipun kamu mau. apa saja sih penerapan modul ini? tentunya kamu ingin tau penerapan nya yang atraktif dengan ukuran yang sangat kecil. Bayangkan saya kalo rombong es lilin semua nya pakai ini. mungkin pembeli akan penasaran, atau coba saja bayangkan jadi memo digital, saat orang ketok kamar kos kamu langsung mentrigger alat ini dan berbicara “mau minta uang kos ya, besok aja ya” wkwkwk 😀 . Penerapan modul suara ngandika buatan duwi arsana ini seperti :

  • Tong sampah yang bersuara saat kamu membuang sampah.
  • informasi suara kalau ada yang masuk ke toko mu.
  • iklan suara yang berulang ulang.
  • alarm maling.
  • memo digital
  • dam masih banyak lagi.
Baca juga  Mencegah korosi pada layout PCB

Harga : Rp 85.000

Tentunya kamu ingin mengetahui skematik dari alat ini bukan? silahkan dilihat skematik dibawah ini, kamu juga dapat mengurangi komponen yang ada sesuai dengan keperluan kamu.

untuk video nya kamu bisa saksikan dibawah ini, sangat asik walau hanya untuk digunakan main main, apalagi kalau diterapkan sebagai aplikasi yang inovatif.

Modul Suara Ngandika