Punya kamera canggih canggih, tapi untuk apa ya? cuma buat foto aja mungkin ya? Kalau kamu punya kamera canggih kamu mungkin tertarik untuk maianan video recording dengan sedikit tambahan effect ataupun animasi. Saya sendiri punya sebuah kamera pocket sony  yang biasa saya pakai untuk foto dan membuat video klip. Ya kamera mungil itu beberapa tahun lalu sering saya pakai untuk membuat video klip yang saya upload di youtube. Di youtube beberapa video yang saya upload ada yang menampilkan saya kembar dua hingga tiga. mungkin kalian semua ada yang melihat trik itu di film sinetron indonesia sekarang.

Pernahkah kamu berpikir bagaimana caranya? kalau kamu pernah melihat beberapa iklan ada yang menampilkan green screen atau layar hijau. yaitu lembaran kain hijau yang digunakan sebagai latar suatu object yang nanti nya bertujuan untuk mempermudah si editor mengambil ombject dalam green screen itu untuk diolah, entah itu di ganti background nya atau mengcloning nya.

Tapi disini saya akan menerangkan kepada kamu semua cara membuat animasi atau effect orang kembar atau cara mengkloning orang tanpa menggunakan green screen, melainkan hanya menggunakan pen tool pada software after effect.

yang kamu lakukan hanyalah menumpuk dua buah file yang memiliki aktor dengan posisi yang beda namun dengan background yang sama (agar terkesan di satu lokasi bersaaan) lalu kamu hanya tinggal menyeleksi video pada posisi atas dengan menggunakan pen tool. yang diseleksi adalah bagian aktor yang penting. maka otomatis yang tidak diseleksi akan menjadi hilang dan digantikan dengan aktor yang sama pada file video tumpukan paling bawah.

Coba kamu bandingkan beberapa video buatan saya jaman dulu yang menggunakan green screen dan tidak dibawah ini. saksikan juga bagaimana caranya membuat seperti itu.

Baca juga  Cara Sederhana Membersihkan Ujung Solder

 


Pakai green Screen :

 

 

Membuat Animasi Orang Kembar Sederhana