Berawal dari skripsi saya yang menggunakan Similikiti Project sebagai alat utama dalam project tersebut, saya kini mencoba untuk membuat board serupa yang dapat difungsikan untuk berbagai hal terkait dengan jaringan internet. Namanya adalah Panjerino Net-Ngenet yaitu masih berbasis panjerino yang dapat terkoneksi ke jaringan internet, dengan board ini kamu ga usah repot lagi membuat papan pcb untuk sistem monitoring berbasisethernet yang begitu rumit dan banyak, karena Panjerino Net-Ngenet ini sudah merupakan minimum sistem berbasis internet yang dapat dihubungkan beberapa sensor dan langsung dapat di laporkan melalui jaringan lokal maupun internet.

Ukuran board ini masih serupa dengan si Panjerino, dengan mengusung arduino compatible kamu dapat juga memasang beberapa shield lain ke dalam panjerino Netngenet karena susunan header nya yang serupa dengan perangkat arduino.

Untuk ethernet controller nya disini saya menggunakan sebuah IC dari Wiznet yaitu tipe W5100 yang serupa juga saya terapkan pada board Similikiti. Sampai sekarang masih berjalan dengan normal :D. dan juga mikrokontroller yang saya gunakan disini adalah atmega328 duemilanove compatible sehingga pada saat kamu memprogram Net ngenet ini pada program arduino kamu tinggal pilih board duemilanove.

Sistem yang kamu dapat buat dengan Panjerino Net-Ngenet ini seperti :

  • Membaca twitter & menulis status twitter langsung.
  • Membaca RSS feed dari beberapa situs.
  • Membuat Client Server Chatting.
  • Membuat Web Server mini.
  • dan masih banyak lagi.

untuk kamu yang tertarik dengan board ini kamu bisa menunggu beberapa minggu lagi, semoga saja cepat rampung dan cepat saya pasarkan yaa 😀

Net-Ngenet, Panjerino yang bisa Internetan
Baca juga  Download Project Kontroler Jadwal Sholat