Berita Terbaru

Membuat Microscope Dadakan

Semua benda disekitar yang sudah tak terpakai sebenarnya masih bisa kita gunakan untuk berkreasi menjadi benda lain yang lebih berguna atau unik walau tidak berguna :D. Salah satunya seperti membuat sebuah microscope, yaitu sebuah alat yang dari namanya ada kata micro yang artinya kecil sehingga alat itu dapat melihat benda benda kecil. biasanya benda ini dapat kita temui di laboratorium fisika atau ipa saat kita sekolah yang fungsinya untuk melihat bakteri bakteri seperti para dokter.

Tentunya untuk memiliki sebuah microscope asli kita akan keberatan dalam hal harga, karena harganya yang lumayan mahal dan mungkin juga tidak cukup alasan kita untuk membeli sebuah microscope. Dengan memanfaatkan barang barang disekitar yang tentuya lebih murah dan tidak terpakai ataupun masih bisa dipakai sekalipun, kamu sudah bisa menciptakan microscope kamu sendiri yang memiliki kemampuan mendekati microscope standar.

Untuk dapat membuat sebuah microscope dari barang bekas, kamu perlu menyiapkan minimal dua buah web cam. Satu yang masih normal dan bisa digunakan, satunya lagi boleh yang sudah rusak. Salah satu bisa kita gunakan yang sudah rusak karena yang akan kita manfaatkan adalah lensa kamera dari web cam tersebut yang dapat merefleksikan gambar diluar berukuran besar ke bagian sensor yang berukuran kecil. Nah copot lensa tersebut dengan cara diputar biasa saja (biasanya gerak memutar digunakan untuk mengatur focus). Setelah terlepas, posisikan lensa tersebut terbalik dengan webcam satunya lagi yang masih dapat berfungsi. dan sebagai percobaan pertama coba kamu arahkan ke lcd hape kamu, saksikan hasilnya di komputer kamu, maka akan nampak setiap pixel dari lcd hape kamu yang sebelumnya susah untuk kamu ihat sendiri dengan mata kamu.

Baca juga  Design Robot Pencari Api

untuk melihat benda lain kamu bisa custom lensa terbalik tadi dengan webcam jenis lain maka aka didapat hasil pembesaran yang berbeda. tentunya jika kamu ingin melihat bakteri kamu harus menggunakan media kaca yang disinari bagian bawahnya seperti microscope aslinya.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Membuat Mesin Antrian Sederhana V.1
views 9960
Mesin antrian, tau kan? mesin yang biasanya dipakai untuk memanggil para pengunjung satu persatu untuk mendatangi operator atau teller biasanya di ban...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube.
Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Menyalakan Lampu Dengan Gerakan Tangan Part 1

Nah pada sesi belajar arduino kali ini kita akan belajar tentang bagaimana menyalakan lampu dengan …