Monitor yang akan diperbaiki sekarang adalah sebuah monitor LED IPS borderless, bukan monitor LED biasa nih 😀

Saya katakan bukan monitor biasa karena memang harga nya juga lumayan. Monitor ini selain mempunyai tampilan gambar yang sangat tajam, juga memiliki design yang rapi banget. Dilengkapi dengan speaker, jadi kalau beli monitor ini kita ga usah beli speaker komputer lagi nih. Speaker internal nya aja sudah keras banget suara nya.

Tipe monitor nya adalah LG 24MP88HM, dan harganya berkisar di 2.4 juta sampai dengan 2.6 juta rupiah. Saya sendiri pakai 4 monitor ini di komputer saya.

Monitor ini saya terima dengan keadaan rusak mati total, tidak ada indikator power yang menyala sama sekali. Biasanya monitor yang tidak muncul gambar atau seperti mati total, kadang lampu indikator nya nyala walaupun tidak normal. Tapi disini tidak ada indikator sama sekali, yang menandakan bahwa tidak adanya tegangan yang masuk ke mainboard monitor nya.

Langkah langkah perbaikan :

Langkah perbaikan yang harus kita lakukan dari awal adalah tentu memastikan sumber tegangan nya ada atau tidak.

Untungnya monitor tipe ini menggunakan adaptor sebagai sumber tegangan nya, jadi saya tidak harus membongkar casing monitor untuk mengecek apakah power supply nya atau adaptor nya mengeluarkan tegangan atau tidak.

Setelah di ukur tegangan adaptor nya ternyata ada tegangan sebesar 19V dan stabil keluar dari adaptor nya. Ini menandakan bahwa ada masalah pada mainboard monitor nya. Selanjutnya kita harus membongkar casing nya dan mengukur langsung di mainboard monitor nya.

Mengukur tegangan di titik keluaran adaptor pada mainboard

Setelah diukur ternyata tidak ada muncul tegangan di jalur keluaran adaptor nya pada mainboard. Ini aga aneh karena sebelum dipasangkan ke mainboard nya, tegangan adaptor nya ada dan normal.

Baca juga  Memperbaiki TV LED SONY Gambar Double

Ternyata setelah di ukur menggunakan mode ohm dan dioda, jalur tegangan di mainboard nya konslet. Pantesan aja tegangan nya langsung hilang, karena pada adaptor monitor LG ini ada mode protek nya. Ketika arus berlebih maka adaptor nya otomatis memutus arus menuju ke rangkaian mainboard nya,

Pengukuran tanpa terpasang adaptor menunjukkan angka mendekati nol (artinya ada konslet)

Karena saya sudah tau kalau mainboard ini konslet, dan itu penyebab monitor nya tidak mau menyala. Maka sekarang saya tinggal mencari tau apa yang menyebabkan konslet nya itu.

Seperti cara cara yang sudah pernah saya lakukan sebelum nya, yaitu menembak rangkaian short atau konslet dengan tegangan. Kali ini saya juga akan menembak tegangan di titik yang sama dengan jalur adaptor nya tapi dengan menggunakan adaptor yang memiliki ampere besar dan tidak ada mode protek nya.

Kalian bisa menggunakan modul power supply MBR atau sejenis nya. Untuk yang mau menggunakan MBR buatan saya bisa beli pada link dibawah ini.

https://www.bukalapak.com/p/elektronik/elektronik-lainnya/47msc2g-jual-mbr-penghancur-short-15a

Kalau saya disini menggunakan power supply yang aga mahalan dikit hehehe karena kebetulan produk sendiri waktu itu lagi kosong.

Nah setelah di tembak tegangan ternyata ada satu komponen yang mengeluarkan asap. Sedangkan komponen lainnya aman aman saja.

Kapasitor non polar mengeluarkan asap

Komponen yang mengeluarkan asap itu adalah kapasitor, dan langsung saja saya copot kapasitor tersebut lalu melakukan pengukuran ulang tanpa ada nya kapasitor tadi.

Benar saja, rangkaian mainboard nya sudah tidak short lagi setelah kapasitor tersebut dicabut. Setelah itu saya pasangkan kapasitor baru dengan nilai 100nF di tempat kapasitor yang rusak tadi.

Banyak dari teman teman yang bertanya, bagaimana kita bisa tau nilai dari kapasitor yang ada disana, padahal tidak ada tulisan nilai nya. Sebenarnya saya hanya menebak saja, karena rangkaian dari kapasitor yang rusak itu terangkai pada sebuah rangkaian regulator switching, jadi saya simpulkan itu adalah filter kapasitor yang biasanya saya menggunakan nilai 100nF dalam prakteknya.

Baca juga  Merakit Running Text Sederhana

Setelah diganti dan uji pasang ulang adaptor aslinya, monitor pun langsung bisa menyala dengan normal lagi.

Monitor sudah menyala normal

Jadi kesimpulannya, yang menyebabkan monitor ini mati total memang benar karena tidak adanya tegangan yang masuk ke rangkaian mainboard nya yang diakibatkan oleh konslet nya kapasitor. Sehingga adaptor menjadi protek dan tidak mengeluarkan tegangan.

Untuk lebih lengkap nya kalian bisa menonton video lengkap nya dibawah ini

 47,832 total views

Perbaikan Monitor Komputer Mati Total
Tag pada:        

Komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.