Pengalaman Sidang Tugas Akhir

Back to Blog

Pengalaman Sidang Tugas Akhir

Hore saya lulus..

Kalau tulisan ini muncul berarti saya udah tamat dan lulus dari kuliah D3 Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Listrik di Politeknik Negeri Bali. Akhirnya saya selesai juga kuliah.

Ada banyak pengalaman berbeda saat saya melewati masa masa menyusun dan membuat tugas akhir saya di POLTEK. Berbeda dengan saat saya menyusun skripsi di STIKOM BALI, di poltek semua nya tersusun rapi dan terjadwal oleh kampus itu sendiri sehingga sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak selesai dan tidak rampung dalam pengerjaan tugas akhir tersebut. Karena saat saya menyusun skripsi di STIKOM semuanya serba buru buru dan ngebut, karena jadwal nyusun skripsi yang terserah mahasiswa lah, ngebut ngebutan berebut waktu bimbingan yang hanya boleh di kampus saja (di poltek boleh kerumah dosen). Jadinya kita di stikom harus ngurus diri kita sendiri tuh pas itu. Kalau ngga, bisa aja skripsi yang harusnya satu semester malah bisa dikerjain jadi 4 tahun (kisah nyata nih temen saya dan baru sekarang lulus). Kenapa bisa begitu lama? ya seperti yang saya katakan, semua nya mahasiswa yang atur, mau malas kamu terlambat, mau rajin kamu duluan tamat :D.

Di poltek saya merasakan hal yang benar benar berbeda. Saat pengajuan proposal alat sudah jadi tinggal nyusun laporan aja, disana kita harus menunggu sesuai jadwal untuk bisa bimbingan dan sidang sehingga waktu yang diperlukan sekitar 6 bulan untuk bisa sidang tugas akhir. kalau sebelumnya di skripsi saya kita bisa ngebut jadinya skripsi saya selesaikan dalam waktu 3 bulan dengan sedikit bolos bolos saat kuliah di poltek untuk menyusun skripsi di stikom. yang menarik disini adalah, adanya fenomena mahasiswa yang “ah waktu masih banyak” sehingga keliatannya antara malas atau nunggu yang lain untuk mengerjakan tugas akhirnya. ada juga mahasiswa yang sudah was was dan menggarap tugas akhirnya langsung setelah sidang proposal.

Baca juga  Pemenang Arduino Gratis

Disalah satu sisi ada mahasiswa rajin yang selalu gagal dengan percobaan nya sehingga mengerti. disisi lain ada tipe mahasiswa 1 minggu akan sidang tugas akhir baru “berencana” untuk membuat tugas akhirnya. Tentunya ujung nya sudah ketahuan, percobaan pertama kedua pastilah gagal. ending nya sudah ketebak dan akhirnya begadang ga tidur di H-3 sampai hari H.  :D yah itulah pengalaman menarik saya.

Senang bisa berkenalan dengan banyak teman banyak karakter, hidup jadi terasa lebih berasa garam.

Sidang itu apa sih? bikin jantung mau copot aja. Dulu pas pertama sidang pas skripsi di stikom saya uda lemes ga karuan karena ga tau apa yang bakalan di tanya sama dosen penguji. pikiran uda kacau. setelah lewat, wah ternyata kalau kita yang bikin semua berasa lancar. hanya ditanya coding dan sistem kerja dijelaskan secara terperinci.

Saat sidang tugas akhirpun saya tentunya sudah lebih tenang dari sidang skripsi. saya uda pasang wajah senyum untuk menyambut pertanyaan dosen yang mungkin bisa dibilang menusuk hati :D. dan.. itu pun terbukti. hehehe.. sayang saya ga bikin rekaman suara nya saat itu. kata kata yang terlontar dari penguji yang membuat saya merasa muda lagi adalah “apa kamu buat ini? ini namanya prakarya, bukan tugas akhir untuk mahasiswa D3. Anak SMP aja bisa bikin” Seketika saat itu saya merasa lebih muda lagi beberapa tahun. :D hore saya ternyata masih SMP. Senyum senyum aja deh pas itu. karena uda ketebak.

Apa sih yang saya buat? sebenarnya sesuai dengan latarbelakang laporan waktu itu memberikan solusi untuk pengiriman data. tp ternyata saya salah, anak SMP ada yang buat ternyata. :( memang saya uda ngerasa sih wkwkwk. kenapa gitu? jauh sebelum proposal sebenarnya udah bikin alat dari tugas akhir saya. uda jadi, ukuran nya kecil sekitar 3x6cm. Pas itu ngerasa masak kayak gini tugas akhir. :D akhirnya saya sengaja bikin alat yang kecil itu di besar besarin. hehehe. kalo pak dosen baca tulisan saya, mohon maaf ya pak.

Baca juga  Monitoring Nyala Lampu

[button color=”red” size=”medium” link=”https://www.youtube.com/watch?v=wx6N_WTzgks” icon=”” target=”false”]Ini_Tes_Pertama_Alat_Saya[/button]

Alat saya terintegrasi dengan database wordpress blog saya dengan update otomatis langsung dari hardware yang terpasang pada rumah konsumen.

Setelah sidang selesai seperti biasa menunggu untuk yudisium dan wisuda deh. dan kata kata menarik yang biasanya dibilang adalah “sudah tamat mau kerja apa?” atau “tamat jadi calon pengangguran” wkwkwk. Tapi keliatan, beberapa teman saya yang memang niat belajar saat tugas akhir dan perkuliahan diterima bekerja dengan baik seperti di PLN dan kantor ternama lainnya.

Saya sarankan buat adik adik yang mungkin masih SMP atau SMA, belum telat untuk berkreasi sebelum dikekang. Kalau kamu punya kemampuan untuk melihat suatu yang unik yang bisa kamu kembangkan menjadi besar, satu kata kata dari saya. Jadilah inovator, pengusaha, wiraswasta, technopreneur. Jangan mau jadi pegawai, walaupun memang kita harus cari modal. boleh lah bekerja sebentar aja. tapi jangan sekali kali mengatakan modal sebagai alasan yang menghalangi kamu untuk berkreasi. (cuma saran :) hehehe )

Ngomong apaaaa

yah intinya tugas akhir saya sangat berkesan dan kata kata pak penguji asik banget buat motivasi saya. makasi pak :)

Share this post

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog