Saklar Lampu Dengan Android

Back to Blog

Saklar Lampu Dengan Android

Akhirnya setelah lama bikin aplikasinya untuk hp android, baru sekarang bisa bikinin video cara penggunaan nya nih.

Ini adalah sebuah alat yang kamu bisa pakai atau pasang dirumah kamu untuk kamu gunakan sebagai pengganti saklar yang dapat membuat kamu menyalakan peralatan listrik dari jarak jauh dengan menggunakan handphone android. Selain pemasangannya di rumah, biasanya alat saya ini dipesan untuk dipasangkan ke kendaraan bermotor seperti sepeda motr dan juga mobil.

Pemasangan di sepeda motor biasanya digunakan untuk menyalakan mesin motor pada kontes modifikasi motor menggunakan handphone, sedangkan pada pemasangannya di mobil lebih luas lagi seperti digunakan untuk membuka pintu mobil, menyalakan mesin, menyalakan alarm dan sebagainya.

Sebenarnya alat yang ada di video, kalau tanpa aplikasi arduino control dari duwiarsana.com bisa aja bekerja tapi mungkin agak ribet karena kita harus menggunakan terminal dan mengetikkan perintah pada keyboard hp android kita.

Dengan menggunakan aplikasi arduino control kita bisa mengaktifkan lampu atau lebih tepatnya relay kemudian relay menyalakan beban listrik seperti lampu dengan menghubungkan arus listrik seperti layaknya saklar hanya dengan kita menekan gambar lampu di aplikasi arduino control.

Sistem kerja dari alat ini adalah dengan menerima karakter tertentu yang dikirimkan dari handphone android melalui komunikasi bluetooth. tentunya karakter ini telah ditentukan pada aplikasi android yang sudah dibuat. Seperti karakter “a” untuk menghidupkan relay 1 dan juga karakter “b” digunakan untuk mematikan relay 1 juga.

Jadi nanti di aplikasi android tersebut, satu tombol memiliki 2 kondisi yang dikirimkan melalui bluetooth. yaitu kondisi tombol menyala dan juga kondisi tombol mati atau padam.

Aplikasi android ini saya buat menggunakan aplikasi android studio yang bisa kamu instal pada sistem operasi windows, OSX dan juga linux. Penggunaannya tidak terlalu rumit, hanya saja kamu harus lebih memahami tentang sedikit bahasa c adan juga java.

Baca juga  Belajar LED Berkedip Arduino

Sedangkan coding untuk mikrokontroler nya atau hardware nya saya tulis pada software arduino IDE. skematik dan layout saya gambar menggunakan sofware eagle sehingga kamu bisa download file nya dibawah sini dan langsung buka pada software eagle PCB.

Aplikasi android dapat kamu download langsung di play store secara gratis.

[appbox googleplay com.arduino.led]

Untuk skematik dari alat ini kamu bisa cek, hanya menggunakan satu buah mikrokontroler dan sebuah ic siftregister untuk dapat menyalakan 8 buah relay yang terpasang.

[ads1]

[appbox googleplay com.arduino.led]

Ada 8 buah tombol lampu yang kamu bisa lihat di gambar contoh itu. 8 buah tombol lampu itu mewakili dari 8 relay yang terpasang pada alat saklar android yang sudah saya buat seperti pada video. kamu bisa mencobanya dengan arduino biasa tanpa harus merakit seperti di video. Kamu bisa mesimulasikan relay dengan menggunakan led saja terlebih dahulu. Untuk coding arduino nya kamu bisa download pada link dibawah ini. silahkan digunakan dan dimodifikasi sekamu untuk pembelajaran.

Kenapa si alat bisa menyalakan relay sesuai dengan huruf yang diterima? karena ini :

if(Serial.available()>0)
  {
    char in=Serial.read();
    if(in=='c')
    {
       setRegisterPin(0,HIGH);
       writeRegisters();
       Serial.println("c");
    }

Arti dari coding itu adalah si mikrokontroler membaca data serial yang masuk yaitu dari bluetooth, dan ditampung sementara pada variabel “in” jika karakter yang masuk itu berisi huruf “c” maka register pin 0 atau yang pertama pada ic siftregister akan diberi sinyal high dan diaktifkan saat coding memanggil fungsi “writeRegisters();” yang selanjutnya mengirimkan lagi karakter “c” ke android agar status tombol pada aplikasi android berubah.

Selain dapat dinyalakan menggunakan android, alat ini juga dapat dinyalakan menggunakan remote TV, kenapa bisa begitu? coba cek skematiknya, saya juga memasangkan sensor tv disana dan dalam koding juga sudah saya buatkan fungsi untuk membaca data remote tv dan menyalakan relay juga. jadi tunggu apa lagi, ayo download.

Baca juga  Membuat CountDown Timer

Kamu juga bisa beli PCB nya saja di duwiarsana.com.

Download skematik nya dan coding arduino nya pada forum diskusi.

[button color=”orange” size=”medium” link=”https://www.dropbox.com/s/mteotm2hijkih2a/8ch.sch?dl=0″ icon=”” target=”false”]DOWNLOAD_FILE_SKEMATIK_EAGLE[/button]

[button color=”orange” size=”medium” link=”https://duwiarsana.com/forums/topic/coding-android-arduino-control/” icon=”” target=”false”]DOWNLOAD_CODING_ARDUINO[/button]

Share this post

Comments (75)

  • fendy Reply

    address “DOWNLOAD_FILE_SKEMATIK_EAGLE” not valid, please fix it. Thanks.

    2 November 2015 at 17.02
  • Arifin Reply

    Bli, modul yang sudah jadinya ada ggak ?

    2 November 2015 at 20.03
  • rahmat Reply

    bli bgmn caranya pesan? sy minat satu

    3 November 2015 at 02.37
  • amin isnanto Reply

    Bli modul Saklar Lampu Dengan Android, apa bisa digunakan untuk saklar lampu 220 volt rumah?

    3 November 2015 at 18.17
  • saputra Reply

    bli jual juga gak papan pcb bloganjum?

    3 November 2015 at 19.04
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      dijual kok. 55rb

      3 November 2015 at 20.24
      • AGUS Reply

        MAS MAU TANYA NI SAMPAI JARAK BERAPA UNTUK BISA MENGHIDUPKAN LAMPU DEGAN HP ANDROID

        7 Januari 2016 at 23.05
  • Budi Suprianto Reply

    Selamat malam Mas..
    Saya tertarik dengan model kontroler berbasis SMS untuk mengatur suhu ruangan yang saya lihat di youtube…
    Klo boleh tahu..apa punya model kontroler berbasis SMS yang mengatur penyiraman tanaman dengan melihat resistensi tanah pada pot..jadi klo kira-kira kondisi tanah kering maka alat akan memberitahukan dengan cara SMS dan kita cukup menjawab balasan SMS ON atau OK untuk melakukan penyiraman otomatis…
    Mohon infonya…
    Teromakasih.

    Salam

    Budi

    4 November 2015 at 00.02
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      itu bisa dibuat mas, hanya tinggal menggabungkan probe sensor dan mikrokontroller juga modul gsm nya, tinggal mas buatkan logika nya saja agar saat nilai tertentu yang dihasilkan oleh sensor mampu mentrigger koding untuk mengirimkan sms atau membaca sms dari user untuk mengaktifkan sesuatu.

      11 November 2015 at 03.28
  • CHAMIDUN MAJID Reply

    jika beli module lengkap harga berapa? apakah ada panduannya gak gan?

    5 November 2015 at 16.40
  • CHAMIDUN MAJID Reply

    Mau tanya berapa jarak bisa mengontrol lampu rumah?

    5 November 2015 at 19.58
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      alat ini sama saja seperti saklar mas, pemasangan nya sama seperti pemasangan saklar lampu dengan rumah dan listrik. tidak ada bedanya, jadi bisa dipasangkan di lampu rumah.

      6 November 2015 at 14.00
  • sabrie Reply

    mas, cra menghubungkannya dri perangkat pcb bluetooth ke peralatan elektronik gmn mas ???

    6 November 2015 at 15.44
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      oh setiap terminal di alat itu sama saja seperti saklar, jadi pemasangan nya sama seperti mas pasang saklar ke lampu untuk menyalakan lampu dengan saklar. alat ini sebagai pengganti saklar. bukan sebagai pemberi tegangan lampu

      6 November 2015 at 22.50
      • achmad rizki nasrulloh Reply

        mas saya mau pesan modul perekam suara mas… mohoon di balas smsnya 085231619997

        7 November 2015 at 09.20
      • Joe Reply

        Mas berarti tidak ngaruh ke beban apa pun walau itu teg 220, kan si relay ny sndr teg 12 v dc

        8 November 2015 at 21.40
        • Anak Agung Duwi Arsana Reply

          iya benar relay 12v (coil) anak kontak berfungsi seperti saklar biasa jadi tidak ada hubungan kalau coil relay 12v dengan menjalankan beban 220v karena itu bagian yang memang terpisah di dalam relay.

          11 November 2015 at 03.22
          • sonny

            untuk relay nya sendiri max di ampere berapa Mas…?

            21 November 2015 at 20.58
          • Anak Agung Duwi Arsana

            5 ampere

            22 November 2015 at 12.44
  • Burhanuddin Rabbani Reply

    Mas, mau nanya, kebetulan saya juga anak Elektro tapi arus kuat, sedang tertarik mempelajari arus lemah juga karena mau belajar mengkombinasikan keduanya ditambah sistem android yg kebetulan saya juga sedang mempelajari pake android studio. Itu kalau di video mikrokontrolernya bukan dari arduino ya? tapi mikrokontroler yang di downloadin program lewat downloader ya? atau arduino itu termasuk jenis downloader? yg ICnya bisa dilepas-lepas?

    7 November 2015 at 21.08
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      untuk pembuatan coding nya saya buat di arduino IDE. dan penerapan nya kita tidak mesti harus menggunakan board arduino mas. upload coding juga saya menggunakan usbasp bukan board arduino. itu tergantung selera saja.

      11 November 2015 at 03.25
      • bhima ariki Reply

        mas kalau pesan pengatur suhu penetas telur berapa???

        12 November 2015 at 18.38
  • andii Reply

    Bli, saya mw beli modul yg remote tv+mp 3 itu apa masih ada ??? :)
    berapa harganya bli ?
    makasi…

    15 November 2015 at 02.42
  • edwin Reply

    bli saya butuh saklar dengan sms. tegangan input 12 atau 24 volt. bisa di buatkan dan perkiraan biaya berapa?

    17 November 2015 at 21.24
  • deny purnama Reply

    bli kebetulan q lagi ada proyek serupa utk kontrol kontaktor panel tapi butuh pake remote gak pake hape android,,,kira kira ni modul bisa diaplikasiin ke situ gak ? mohon bantuannya. thx

    22 November 2015 at 15.50
  • wahyu Reply

    mas, kalau mau beli Bluetooth HC-05 dan PCB Android Arduino Control , untuk saklar lampu dengan android , itu udah sekalian ada tutorial pemasangan nya gak ?
    saya masih bingung cara menyambungkan bluetooth hc-05 ke PCB Android Arduino Control nya

    Trimakasih

    23 November 2015 at 01.07
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      cara pasang cuma tnggal di solder di pad bluetooth nya. tidak ada yang spesial mas.

      23 November 2015 at 21.32
  • bagus Reply

    bli mau tanya “itu bluetooth hc-05, jarak jangkauannya berapa ?

    24 November 2015 at 21.19
  • prayikna Reply

    jangkauan bluetooth nya itu brapa meter? , bisa ngga kalo diganti dengan bluetooth yang jangkauannya lebih luas?

    24 November 2015 at 23.29
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      saya baca datasheet 20meter, diganti bisa aja mas soalnya komunikasi cuma serial aja kok.

      25 November 2015 at 00.14
      • hanafi Reply

        saya sudah sms tapi tidak di follow up, apa sibuk ya

        25 November 2015 at 23.07
  • Ari Reply

    Bli bolh minta source code aplikasi android nya nggak?

    27 November 2015 at 14.50
  • Beruan9ktb Reply

    bli .. kalo pake bluetooth kan jaraknya terbatas. ada gak arduino yang bisa buat jarak jauh tapi menggunakan aplikasi android ? bukan menggunakan sms. Dan bisa gak bukan cuma menyalakan lampu tapi misalkan bisa menyalakan pompa air , kipas angin , dan mesin penggerak lainnya ?

    3 Desember 2015 at 01.49
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      pakai wifi bisa pakai wifi extender atau satu jaringan lokal atau internet dengan satu IP PUBLIC

      3 Desember 2015 at 16.05
    • KenXsie Reply

      iya bli…. saya juga setuju sm Beruan9ktb apa bisa pakai internet wifi dirumah ada spedy jd bisa menyalakan mematikan lampu kipas dll dengan android, ada tapinya sih kalo spedy gangguan yg percuma tetap ada sms nya juga bli heheheh

      3 Desember 2015 at 20.25
      • Anak Agung Duwi Arsana Reply

        bisa saja. tapi sudah pasti bukan ini alatnya. karena bluetooth secara teknis tidak bisa sambung ke wifi. silahkan cek artikel yang pakai wifi di youtube saya.

        6 Desember 2015 at 00.34
        • hanafi Reply

          Bli kalo Saklar Lampu Dengan Android nya diprogram ulang bisa ga, 2 tombol untuk fungsi push button dan yg lainnya saklar biasa bisa ga dan bisa pesan juga ga…terimakasih

          22 Desember 2015 at 15.37
          • Anak Agung Duwi Arsana

            bisa aja, tapi mungkin nunggu waktu dulu, soalnya saya masih pindahan sekarang. nanti kalau sudah di modifikasi akan di posting

            26 Desember 2015 at 03.29
          • hanafi

            Ok bli, ditunggu infonya
            Thank’s

            27 Desember 2015 at 12.42
          • hanafi

            Sudah bisa pesan belum bli

            4 Januari 2016 at 12.26
          • Anak Agung Duwi Arsana

            udah bisa mas . daftar barang ada di web toko

            5 Januari 2016 at 18.00
  • emika Reply

    mas duwi ini saya ada problem sudah connected tp tidak bisa kirim data.. https://www.youtube.com/watch?v=6wPL7Laq2HI

    2 Januari 2016 at 22.55
  • Rizky Kurniawan Reply

    kalau beli module jadinya berapa?kalau ditambah dengan sensor geraknya jadi berapa?

    11 Maret 2016 at 14.41
  • vicky hendra Reply

    mas klo pesen yg 2 Realy untu on contak motor&aktifin alarem.bisakah?

    22 Maret 2016 at 15.40
  • sabriz0925 Reply

    mas kalo pesan “Saklar Lampu Dengan Android” harganya berapaan..?

    6 Juli 2016 at 01.51
  • Alex Reply

    mas numpang nanya, itu cetak pcbnya dimana y mas ? hasilnya sangat baik.

    30 Juli 2016 at 00.58
  • marwajih* Reply

    Bpk. Agung Saya Pesan Saklar Matikan Lewat Hp dan Remot Bisa dikirim Minta No Hp

    30 Juli 2016 at 15.39
  • Rosyidi Reply

    Bapak Agung … kalau misal cuman 2 titik (2 saklar) berapa ya harganya ?

    12 Agustus 2016 at 17.39

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog