Kelembaban dan suhu merupakan dua elemen yang saling berkaitan. Dalam keseharian kita sering kali mengabaikan untuk ingin mengetahui kedua elemen tersebut. Biasanya suhu dan kelembaban ini sangat berperan penting dalam dunia industri dan pabrik. Dengan suhu dan kelembaban yang terjaga di suatu ruangan biasanya pabrik dan industri menghindari adanya jamur pada produksi mereka.
Dalam kasus lain indikator suhu dan kelembaban ini biasanya digunakan sebagai pengendali suhu suatu ruangan server. Ruangan server suatu instansi haruslah memiliki suhu yang terjaga untuk menjaga kinerja server agar tetap stabil. Jika dalam ruangan server tersebut memiliki sebuah pendingin ruangan, tentunya jika terjadi kerusakan dengan pendingin ruangan tersebut akan menyebabkan suhu ruangan meningkat dan juga mengakibatkan server bekerja tidak maksimal. Maka dari itu diperlukannya sebuah AC back-up untuk menjaga bencana seperti itu.
Adanya AC back-up sebagai pendingin cadangan tentunya memerlukan seseorang untuk mengaktifkannya bila AC utama rusak atau tidak dapat mendinginkan secara maksimal. Dengan alat yang saya buat dibawah ini tentunya hal tersebut tidak menjadi masalah lagi.


Dalam board layout yang saya sertakan dibawah ini, sudah terdapat dua buah relay yang dapat dikendalikan berdasarkan suhu yang terbaca pada sensor. Suhu yang dibaca tersebut menjadikan referensi untuk dapat mengaktifkan relay dengan range suhu tertentu.
Alat ini dapat berkomunikasi melalui serial ke komputer sehingga data suhu yang terbaca dapat dibuatkan data loggernya. Data logger tersebut sangat penting untuk ruangan yang memerlukan data suhu yang harus stabil seperti halnya untuk penyemaian bibit tanaman atau ruang server seperti yang tadi dibahas.
Interface untuk alat ini mungkin secara sederhana bisa dibuatkan dengan menggunakan visual basic dan dapat juga dikoneksikan dengan database agar dapat data tersimpan dalam jangka waktu tertentu.
Layout alat sensor suhu dan kelembaban ini dapat kamu download secara gratis dan cetak kedalam PCB dengan tidak menghilangkan identitas yang ada pada layout tersebut. Untuk pembuatan custom atau menambahkan nama kamu pada layout silahka hubungi saya untuk melakukan pesanan.

Baca juga  Membuat Thermometer Digital - Multisegment


Program sensor Suhu dan kelembaban berbasis ATMEGA8 ini saya berikan gratis kepada kalian dan file hex nya dapat di upload langsung ke mikrokontroller tanpa ada masalah pengaturan dan layout sesuai dengan apa yang saya rancang diatas.
Silahkan melakukan regristrasi pada web saya ini untuk mendapatkan password yang dikirimkan ke e-mail sesuai dengan yang kamu daftarkan dan lakukan login untuk mendapatkan link download dibawah ini.

[wpdm_file id=5]

Sensor Suhu dan Kelembaban

14 gagasan untuk “Sensor Suhu dan Kelembaban

  • Pingback:(@duwiarsana) (@duwiarsana)

  • Pingback:(@duwiarsana) (@duwiarsana)

  • 18 Maret 2012 pukul 06.25
    Permalink

    Haii. salam kenal yaaa. Saya sangat tertarik dengan sensor suhu dan kelembaban karena mungkin alat ini diperlukan dalam dunia peternakan juga misalnya peternak ayam boiller yang mana suhu kandang harus selalu terkontrol. nah kalo beli kitnya berapa ? Trus Dwik…tiang dari buleleng barat baru pulang kampung , selama ini tiang tinggal di P. moyo dps. mungkin kita bisa jadi sahabat baik karena sama2 punya hobby elektronika.hehe makasi sebelumnya. oh iya saya pake bascom avr tapi gak bisa download hex. hanya bin saja kenapa yaaaa….

    Balas
    • 19 Maret 2012 pukul 16.39
      Permalink

      kalo untuk bascom saya blum pernah pakai nih.. saya masih pemula.. masih pakai bahasa C aja 🙂 kalo biar jadi hex pake compiler aja bli.

      Balas
  • 17 Mei 2012 pukul 19.31
    Permalink

    salam kenal, saya tertarik dengan humidity dan themperatur sensor, untuk di pasang di rancangan mesin alat penetasa telur saya.
    mohon kirim layout,,,!
    atau kalau yang udah jadi harganya berapa? pesan kemana?
    sebelumnya terima kasih

    Balas
    • 22 Mei 2012 pukul 20.08
      Permalink

      alat ini msih dalam tahap pengembangan saya,. untuk versi lengkapnya mungkin dalam waktu dekat akan saya luncurkan dengan pengatur suhu.

      Balas
  • 4 Juni 2012 pukul 15.19
    Permalink

    aq pakai cvavr tpi bingung mas mslh buat programnya, bisa tlng bantu g?

    Balas
    • 5 Juni 2012 pukul 07.11
      Permalink

      saya masih pemula, juga kurang paham pada struktur pemrograman c pada cvavr. mungkin artikel berikutnya akan saya coba untuk membuat versi cvavr nya.

      Balas
      • 5 Juni 2012 pukul 14.37
        Permalink

        terima kasih mas, saya tunggu..
        kalau boleh tau software buat mrogramx pakai pa mas?

        Balas
        • 5 Juni 2012 pukul 18.17
          Permalink

          Saya masih pakai Arduino IDE mas..

          Balas
          • 6 Juni 2012 pukul 05.07
            Permalink

            oke mas, saya tunggu y postingan yg pakai cvavr..
            sekalian ijin ngikutin blognya.. thanks bgt y..

  • 12 April 2013 pukul 13.35
    Permalink

    bro mow tanya neh,, klo misalnya kita pngen buat perangkat kita bekerja pada setingan kelembapan 80 – 90 % rangkaiannya gmn ya? sebelumnya terima kasih.

    Balas
  • 2 Oktober 2013 pukul 22.59
    Permalink

    Mas kalau layout PCB sama Hex file nya bagaimana caranya?
    Thank’s

    Balas

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.