Halo Keypad LCD

Back to Blog

Halo Keypad LCD

Keypad, yaitu tombol tombol yang berisi angka angka yang pastinya akan saya pencet. :D keypad banyak sekali fungsi dan kegunaan nya, paling sering saya liat penggunaan keypad ada di telepon maupun hape. di telepon aja ada keypad, di hape ada keypad, di telpon umum, di brankas tempat nyimpan password juga ada, dimana mana ada. Keypad saya bilang sangat praktis, kenapa praktis? kalau kamu yang pernah mainan sama tombol, tentunya untuk setiap tombol memerlukan satu jalur yang perlu dihubungkan ke peralatan atau yang sering dipakai adalah mikrokontroller. tapi coba lihat di televisi, tombol panel nya banyak, tapi cuma ada dua jalur saja, kok bisa gitu ya? ya, di tivi menggunakan perbedaan nilai hambatan di tiap tombol yang ditekan. karena ada resistor yang terpasang di setiap tombolnya.

Kalau keyad praktis apanya? ya keypad tersusun secara matrix yaitu silang antara baris dan kolom setiap tombolnya sehingga dengan adanya sejumlah tombol yang dipakai kita tidak usah menggunakan sejumlah kabel yang sama dengan jumlah tombol yang ada karena sudah tersusun matrix. coba liat gambar ini.

Pada mikrokontroller sering sekali saya lihat keypad dipakai untuk security sistem yaitu password untuk dapat membuka sesuatu. seperti hal nya brankas. belajar tentang keypad saya menggunakan arduino untuk belajar, tapi kemudian saya malas :D akhirnya karena malas solder solder dan colok colok saya buat simulasinya pakai software simulator proteus. disana saya mencoba untuk mensimulasikan pemakaian keypad dan menampilkan karakter yang di tekan pada lcd ukuran 16×2.

Program sederhana ini bisa kamu kembangkan untuk membuat sistem keamanan berbasis keypad dengan menggunakan arduino. tinggal kamu membuat program agar bisa menyimpan password dan membacanya kembali. coba lihat simulasinya.

Baca juga  Memperbaiki TV LED SONY Gambar Double

Contoh Coding :

//----Belajar Keypad LCD Arduino----//
//                                  //
//      https://duwiarsana.com       //
//                                  //
//**********************************//
#include <LiquidCrystal.h>
#include <Keypad.h>
LiquidCrystal lcd(9, 10, 11, 12, 13, 14);
const byte ROWS = 4; 
const byte COLS = 3;
int buz = 15;
char keys[ROWS][COLS] = {
  {'1','2','3'},
  {'4','5','6'},
  {'7','8','9'},
  {'*','0','#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {2, 3, 4, 5}; 
byte colPins[COLS] = {6, 7, 8}; 

Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );

void setup(){
  lcd.begin(16, 2);
  pinMode(buz,OUTPUT);
  lcd.clear();
  lcd.print("Contoh LCD");
  delay(2000);
  lcd.clear();
}

void loop(){
  char key = keypad.getKey();

  if (key){
    digitalWrite(buz,HIGH);
    delay(1);
    digitalWrite(buz,LOW);
    lcd.print(key);
  }
}

Download simulasinya disini :

[wpdm_file id=18]

Download File Hex :

[wpdm_file id=19]

Share this post

Back to Blog